Foodies Guide To F&B Industry

7 Burung Goreng di Jakarta Super Gurih Ini Harus Kamu Cobain!

April 13, 20174 min readTips & Tricks

Bosan makan Ayam Goreng atau Bebek Goreng? Sesekali kamu bisa mencicipi Burung Goreng di Jakarta. Walaupun ukurannya kecil, gurihnya Burung Goreng tidak perlu diragukan lagi. Apalagi setelah diolah dengan beragam bumbu yang lezat, satu ekor pasti tidak akan cukup untuk memuaskanmu. Tapi terkadang, cukup sulit menemukan restoran yang menyajikan Burung Goreng di Jakarta. Tapi, kita sudah bikin list destinasi paling top di Jakarta untuk menyantap menu tersebut!

1. Warung Sangrai

burung-goreng-di-jakarta-02

Photo source: @jktfoodbang

Umumnya Burung Goreng di Jakarta menggunakan jenis Burung Dara untuk menarik perhatian pecinta kuliner. Namun kalau kamu mau coba yang beda, kamu bisa mampir di Warung Sangrai, pelopornya olahan Burung Puyuh di Jakarta. Selain rasanya enak, kamu juga akan mendapatkan banyak manfaat positif dengan mengonsumsi daging Burung Puyuh. Salah satu bisa menyembuhkan anemia. Tidak seperti telur puyuh, daging puyuh itu rendah lemak, kalori, dan kolestrol. Asiknya lagi, di Warung Sangrai ini kamu akan dimanjakan dengan menu Burung Puyuh goreng yang diberi berbagai macam bumbu. Ada yang disajikan dengan cabe ijo, digeprek, dan disajikan dengan sambal matah. Kalau nggak suka makanan pedas, bisa pesan Puyuh Kremes yang garing dan mantap banget!

Lokasi:

Warung Sangrai

Rukan Emerald, Blok A No. 2, Jl. Raya Pantai Indah Kapuk, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Telp. 0822-1070-1171.

2. Eka Ria Restoran

burung-goreng-di-jakarta-03

Photo source: @ncyatm

Eka Ria Restoran menghadirkan masakan Chinese autentik yang menggunakan bahan-bahan segar dan racikan bumbu yang pas di lidah. Restoran yang sudah berdiri dari tahun 1980-an ini dikenal dengan menu Burung Goreng di Jakarta yang rasanya enak banget. Burung Dara Goreng di sini beneran terasa lezat sekali. Rasanya tidak terlalu manis seperti Burung Dara di restoran lain. Kulitnya garing, dagingnya lembut, dan makin sedap dengan siraman saus mentega. Meski harganya cukup mahal, tapi rasanya worth every penny!

Lokasi:

Eka Ria Restoran

Jl. KH Zainul Arifin, Ketapang, Gajah Mada, Jakarta. Telp. (021) 63857777.

3. Medan Baru

burung-goreng-di-jakarta-04

Photo source: @coolinary

Menu paling terkenal dari restoran Medan yang satu ini adalah Burung Punai Goreng. Rasa Burung Goreng di Jakarta ini enaknya minta ampun. Tekstur dagingnya lembut, lebih lembut dari daging ayam. Rasanya pun lebih manis dari daging ayam. Kamu bakal makin puas saat menyantapnya dengan cocolan sambal ganja atau sambal ijo mereka yang sangat legendaris. Gulai Kepala Ikan di Medan baru juga layak dinobatkan menjadi salah satu Gulai terenak di Jakarta. Porsinya super gede dan kenikmatannya itu bisa bikin nafsu makan meningkat!

Lokasi:

Medan Baru

Jl. Krekot Bunder Raya No. 65, Pasar Baru, Jakarta. Telp. (021) 3844273.

4. Lumpang Emas

burung-goreng-di-jakarta-05

Photo source: @lumpang_emas

Kalau ngomongin Burung Goreng di Jakarta, jangan pernah melupakan Lumpang Emas di Panglima Polim. Ada Nasi Burung Punai Tangkap yang rasanya jempolan banget. Kamu bisa memilih mau pakai Nasi Putih atau Nasi Daun Jeruk alias Nasi Umara saat memesan menu ini. Burung Punainya sendiri digoreng kering dan enaknya nggak ada duanya! Kalau ke sini, kamu juga harus pesan Es Libo yang sangat menyegarkan dengan campuran jeruk nipis dan timun yang sangat sempurna!

Lokasi:

Lumpang Emas

Jl. Panglima Polim 9 No. 22, Melawai, Jakarta. Telp. 0812-1925-0649.

5. Resto Mandala

burung-goreng-di-jakarta-06

Photo source: @enowido

Resto Mandala di Woltermonginsidi juga punya Burung Goreng di Jakarta yang sangat tersohor kelezatannya. Kamu bisa mencoba Burung Dara Goreng Mentega yang bisa bikin kamu tidak berhenti mengunyah. Bumbunya itu meresap sekali sampai ke dalam daging, garingnya kulit dan gurihnya menu ini akan membuat kamu ketagihan. Selain Burung Goreng, kamu juga bisa mencicipi aneka masakan Chinese  di Resto Mandala yang tidak kalah nikmatnya.

Lokasi:

Resto Mandala

Jl. Wolter Monginsidi No. 80, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 7398537.

6. Jun Njan

burung-goreng-di-jakarta-07

Photo source: @mybitejournal

Kalau ke Jun Njan kamu wajib mencoba Burung Dara Goreng yang dihidangkan dengan Saus Jun Njan super spesial. Dari tampilannya aja akan membuat kamu ngiler, saat dicoba, rasanya memang enak. Pas banget dimakan dengan nasi hangat dan sayuran tumis kesukaan kamu. Pecinta seafood juga tidak boleh melewatkan Fried Squid dengan Jun Njan Sauce saat mampir ke restoran Chinese ini. Cuminya lembut dan empuk banget, seasoningnya juga sangat tasty!

Lokasi:

Jun Njan

Grand Indonesia Mall, Lantai 3A, West Mall, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 23580647.

7. Restoran Trio

burung-goreng-di-jakarta-08

Photo source: Damaran

Restoran legendaris yang lokasinya di Menteng ini juga menyajikan Burung Goreng di Jakarta yang rasanya enak banget. Di sini kamu akan ditemani dengan suasana klasik yang nyaman sambil menyantap Burung Dara Gorang Mentega. Hati-hati kalap saat makan di sini, aneka makanan Chinese di Restoran Trio hampir semuanya enak. Mulai dari Babi Panggang, Lidah Sapi Masak Ham, hingga Lumpia Udang.

Lokasi:

Restoran Trio

Jl. R.P. Soeroso, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 31936295.

Ternyata banyak juga ya rekomendasi Burung Goreng di Jakarta yang enak-enak. Kalau kamu mau cari menu Burung Goreng yang nggak kalah enak dari yang sudah kita bahas, kamu bisa cari di Nibble. Klik di sini untuk informasi lengkap tentang Nibble.

Cover photo source: @jktfoodbang

Related Articles

Connect with Nibble