Foodies Guide To F&B Industry

7 Cafe Vintage di Jakarta Ini Akan Membawamu Ke Tempo Dulu

September 14, 20164 min readFoodie Trends

Suasana tempo dulu yang klasik dan elegan selalu bikin orang berdecak kagum. Apalagi jika suasana tersebut dihadirkan dalam sebuah restoran, pasti banyak orang yang makin penasaran. Tema historikal dan zaman kolonial, lengkap dengan ornamen-ornamen antik yang dipajang di dalam restoran menciptakan atmosfer yang romantis dan misterius. Buat kamu pencinta sejarah, kita punya deretan cafe vintage di Jakarta yang bisa bikin kamu nostalgia ke tempo dulu. Simak yuk list nya!

1. Cafe Batavia

Photo source: @cafe_batavia

Lokasinya yang berada di Taman Fatahillah dan menempati bangunan kolonial membuat Cafe Batavia makin terasa klasik dan vintage. Restoran tua ini juga punya koleksi foto-foto jadul yang terpajang rapi di dindingnya. Nggak hanya menjual tema, makanan yang disajikan pun bikin lidah berdecak. Dari masakan Western sampai dim sum nya, semua enak. Kamu harus coba Sop Buntut Fatahillah di sini. Daging di menu sop buntut ini empuk sekali dan rasa kuahnya sangat gurih.

Lokasi:

Cafe Batavia

Taman Fatahillah, Jl. Pintu Besar Utara No. 14, Kota, Jakarta. Telp. (021) 6915531.

2. Huize Trivelli Heritage Resto & Pattisier

Photo source: @huizetrivelli_108

Lokasinya yang cukup tersembunyi membuat Huize Trivelli Heritage Resto & Pattisier seperti hidden gem di tengah kawasan Cideng yang ramai. Dekorasinya unik dan antik banget lho, sampai-sampai menciptakan kesan creepy saat malam tiba. Nggak cuma itu, di cafe vintage ini kamu akan ditemani pula dengan lagu-lagu jadul Belanda dan Indonesia kuno. Di sini kamu bisa menemukan makanan Belanda dan Indonesia dengan cita rasa jaman dulu. Trivelli Chicken Steak Njonja Ooet salah satu menu yang jadi andalan. Porsinya gede banget dan rasa sausnya sangat meresap ke dalam daging.

Lokasi:

Huize Trivelli Heritage Resto & Pattisier

Jl. Ciujung No. 36, Kawasan Cideng Barat, Tanah Abang, Jakarta. Telp. (021) 3865803, 3510467.

3. Sriwijaya

cafe-vintage-jakarta-04

Photo source: @buildgram

Restoran unik ini menyajikan masakan Indonesia yang presentasinya ditata seperti masakan Perancis. Dekorasi restorannya elegan dan Palembang banget, benar-benar menggambarkan namanya. Ayam Goreng Renyah Pedas di Sriwijaya enak banget lho. Suwiran daging ayam di menu masakan Indonesia ini digoreng dua kali sehingga menciptakan tekstur yang crispy dan makin terasa pula spicy nya.

Lokasi:

Sriwijaya

The Dharmawangsa, Jl. Brawijaya Raya No. 26, Dharmawangsa, Jakarta. Telp. (021) 7258181.

4. Oasis Grand Rijsttafel Heritage

cafe-vintage-jakarta-06

Photo source: Oasis Restaurant

Makan di Oasis Grand Rijsttafel Heritage itu serasa lagi ada di museum. Ini tempatnya koleksi barang antik dari seluruh Indonesia. Tidak ada dinding yang luput dari hiasan antik di cafe vintage di Jakarta ini. Di sini kamu mesti cobain Rijsttafel style lunch. Menu ini terdiri dari 12 jenis masakan Indonesia yang disajikan oleh 12 wanita yang berbalut pakaian tradisional Indonesia. Pertunjukkan kecil ini nggak akan bisa kamu temukan di restoran lain.

Lokasi:

Oasis Grand Rijsttafel Heritage

Jl. Raden Saleh No. 47, Cikini. Telp. (021) 3150646.

5. Dapur Babah Elite

cafe-vintage-jakarta-05

Photo source: Chope

Tugu groups emang paling jago menghadirkan kafe unik dengan tema yang nggak biasa. Contohnya Dapur Babah Elite ini. Semua dekorasi dinding, lukisan, dan furnitur nya bakal bikin kamu takjub. Di cafe vintage di Jakarta ini kamu bahkan bisa menemukan patung Buddha dan patung Dewi Kwan In juga lho. Yang jadi jagoan di restoran vintage ini adalah menu peranakan nya. Nasi Tjampoer Babah jadi salah satu kuliner unik yang paling favorit. Menu ini terdiri dari 9 macam menu masakan Jawa, mulai dari udang goreng, tumis tahu, sampai rempeyek kacang. Meskipun jenisnya banyak, perpaduan rasanya benar-benar pas!

Lokasi:

Dapur Babah Elite

Jl. Veteran 1 No. 18 - 19, Gambir, Jakarta. Telp. (021) 70602256, 3855653.

6. Lara Djonggrang

Photo source: TAC Travel and Food

Satu lagi nih restoran unik besutan Tugu Groups, Lara Djonggrang. Katanya, bangunan ini dulunya milik ajudan Presiden Soekarno lho. Makan di cafe vintage di Jakarta ini membuat kamu nostalgia dengan budaya nusantara yang mulai terlupakan. Barang-barang tua yang jadi dekorasi Lara Djonggrang nggak cuma berasal dari Indonesia aja, tapi ada yang dari Afghanistan dan Cina juga. Untuk menu makanannya didominasi oleh masakan Indonesia. Menu Bebek Betutu yang paling yahud di sini. Rasanya kaya bumbu banget!

Lokasi:

Lara Djonggrang

Jl. Teuku Cik Ditiro No. 4, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 3153252, 3160288.

7. Epilogue

Photo source: @epilogue_restaurant

Restoran Jakarta Selatan yang satu ini punya atmosfer yang sangat nyaman. Walaupun bentuk restorannya menyerupai joglo dan dekorasinya penuh dengan barang antik, jangan salah, makanan yang disajikan di cafe vintage di Jakarta ini adalah makanan Perancis. Salah satu fusion menu yang harus kamu pesan adalah Aglio Olio Sambal Roa. Rasa pedas khas masakan Manado nya cocok banget saat tercampur dengan kenyalnya spaghetti.

Lokasi:

Epilogue

Jl. Cipete Raya No. 18-19, Fatmawati, Jakarta. Telp. (021) 75902451, 75902457.

Keren banget kan cafe vintage di Jakarta yang udah kita bahas? So buat yang mau nostalgia sambil wisata kuliner Jakarta, pastikan kamu datengin cafe unik tersebut ya. Jangan lupa juga untuk mereview makanan favorit kamu di Nibble. Klik di sini untuk informasi lengkap seputar Nibble.

Cover photo source: Oasis Restaurant

Related Articles

Connect with Nibble