Foodies Guide To F&B Industry

7 Cara Hindari Sakit Perut saat Hunting Street Food

August 20, 20195 min readTips & Tricks

Setiap orang saat ini seakan dimudahkan untuk menikmati makanan apa saja. Salah satu jenis makanan yang bisa dan sering kita pilih adalah street food. Selain mudah didapat, street food yang juga murah sehingga sangat menarik untuk dijadikan konsumsi rutin.

Tapi, dengan berada di pinggir jalan tentu akan membuat makanan ini rentan bagi tubuh kita jika dimakan. Salah satu ancaman yang bisa datang dari street food adalah bikin sakit perut.

Gimana sih cara supaya tetap bisa menikmati street food tapi tidak mesti takut sakit? Simak artikel berikut ini!

Cari Tahu Tentang Makanannya

tips2

Photo source: Pixabay

Ini adalah hal yang paling utama yang harus kalian perhatikan dengan saksama.

Begitu banyak pilihan makanan yang tersedia tentunya akan membuat kalian ngiler, apalagi setelah mendapatkan rekomendasi dari teman-teman. Ditambah lagi setelah kalian melihat review orang-orang di internet.

Namun, kalian tentunya harus memperhatikan lebih saksama lagi apakah makanan ini sudah sesuai dengan selera kalian dan apakah mengandung bahan makanan yang sebenarnya dilarang untuk dikonsumsi.

Sakit perut biasanya muncul jika kita mengonsumsi makanan yang sebenarnya tidak baik untuk lambung kita. Tentunya dengan lebih memperhatikan proses pembuatan makanan akan sangat memengaruhi diri kita sendiri di kemudian hari.

Hindari Minuman Dingin

tips3

Photo source: Pexels

Tentunya, jika kalian memilih untuk makan di salah satu gerai street food biasanya gerai tersebut tidak memiliki pendingin ruangan. Hal ini tentunya akan membuat kalian kegerahan.

Biasanya, untuk mengurangi rasa gerah ini kita tentunya akan memesan minuman dingin kepada pihak gerai, seperti misalnya es teh manis atau es jeruk.

Yang kita tidak ketahui dengan pasti adalah apakah es batu yang digunakan dalam es yang kita pesan tersebut dibuat dengan air matang atau tidak. Jika air mentah yang digunakan sebagai es batu, tentunya akan membuat sakit perut muncul.

Untuk meminimalisir terjadinya hal semacam itulah lebih baik jika kalian memesan minuman panas atau hangat saja kepada pihak gerai. Atau, jika kalian ingin tetap meminum minuman dingin, pesanlah minuman yang memiliki kemasan.

Pilih Tempat yang Tidak Terlalu Dekat Jalan

tips4

Photo source: Pexels

Ada begitu banyak tempat jajanan street food yang bisa kalian pilih. Mulai dari street food yang menggunakan gerobak dalam menjajakan makanannya hingga street food yang dijual di dalam gerai.

Akan jauh lebih baik jika kalian memilih untuk menyantap makanan yang dijual di gerai. Ini dikarenakan gerai biasanya memiliki dinding dan pintu yang membatasi gerai dan jalan di depannya. Tentunya hal ini akan setidaknya mengurangi peluang makanan yang kalian santap terpapar oleh debu dan polusi.

Debu dan polusi ini merupakan salah satu penyebab utama yang membuat sakit perut muncul. Bakteri yang terbawa oleh debu dan polusi dapat dengan mudah masuk ke dalam perut melalui makanan yang kita santap.

Namun, jika kalian hanya bisa menemukan makanan yang kalian cari dijual oleh penjual yang menggunakan gerobak, akan lebih baik jika kalian membelinya di penjual yang berjualan agak jauh dari jalan raya.

Perhatikan Alat Makan

tips1

Photo source: Pixabay

Meskipun tidak semua street food harus disantap menggunakan alat makan, namun sebagian diantaranya membutuhkan alat makan.

Sebelum menyantap makanan dengan alat makan yang tersedia, alangkah baiknya jika kita memastikan lagi kebersihan dari alat tersebut. Banyak penjual street food yang hanya membersihkan alat makannya dengan cara hanya disiram dengan air saja.

Jika hanya disiram air tanpa dicuci dengan benar tentu akan membuat sisa makanan yang masih menempel di alat makan tidak hilang dengan sempurna. Kotoran sisa inilah yang menjadi salah satu benih penyakit sakit perut.

Jangan Lupa Cuci Tangan

tips5

Photo source: Pexels

Kalian sukanya makan menggunakan tangan? Nah, jangan sampai kelupaan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyuap makanannya ke dalam mulut.

Tangan merupakan salah satu titik utama di mana bakteri berkumpul. Tanpa sadar dalam beraktivitas sehari-hari kita sering memegang atau menyentuh benda asing yang bisa jadi kotor.

Seringkali, entah sadar ataupun tidak, kita langsung makan saja ketika makanan datang. Selesai makan, barulah sakit perut muncul karena bakteri telah masuk ke dalam tubuh kita.

Lihat Lingkungan Sekitar

tips6

Photo source: Pexels

Salah satu penyebab sakit perut setelah menyantap makanan adalah lingkungan sekitar yang kotor. Hal itu berlaku juga jika kita membeli makanan street food.

Lingkungan yang kotor pastinya akan membuat kebersihan dari makanan menjadi kurang baik. Selain itu, kebersihan alat makan juga akan berpengaruh dari lingkungan yang kotor ini karena biasanya alat makan dicuci menggunakan air di sekitar tempat makan.

Jika bisa, pastikan terlebih dahulu tempat makan yang kalian inginkan berada di lingkungan yang baik atau tidak.

Makin Matang Makin Baik

tips7

Photo source: Pexels

Seperti jenis makanan lain, makanan street food biasanya disajikan dengan tingkat kematangan yang beragam. Mulai dari yang bisa dimakan mentah hingga dimasak dulu hingga matang.

Untuk kalian yang tidak terbiasa makan makanan mentah, lebih baik kalian tidak mencobanya. Makanan yang masih mentah, terutama daging, masih mengandung bakteri-bakteri yang mengancam tubuh manusia.

Kalian tentu sering mendengar cerita dimana ada orang yang meninggal karena terlalu sering memakan sushi mentah. Begitu pula yang terjadi kepada orang yang tidak terbiasa makan makanan mentah. Setidaknya kalian akan merasa sakit perut pada awalnya.

Melihat tips tadi, jangan membuat kalian takut dan mengurungkan niat untuk menyantap makanan street food. Kenyataannya, banyak makanan streetfood yang tidak kalian temukan di restoran. Asalkan kalian mengikuti tips di atas, jangan takut untuk mencoba street food!

Cover photo: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble