Foodies Guide To F&B Industry

7 Jajanan Jadul Ini Ternyata Masih Dijual di Restoran Jakarta!

May 4, 20175 min readTips & Tricks

Menyantap jajanan jadul bisa menjadi momen yang sangat istimewa di masa kini. Makanan-makanan yang mungkin terlihat sederhana dan hits di jaman dulu pasti menyimpan segudang kenangan tentang kehidupan masa kecilmu. Sayangnya, makanan jaman dulu semakin sulit ditemukan di Jakarta. Pamornya kalah dengan makanan negara lain yang sedang naik daun, seperti makanan Korea, Jepang, atau Chinese. Namun, ternyata masih ada 7 restoran spesial yang menghidangkan makanan jaman dulu. Buat kamu yang rindu masa kecil, ke 7 tempat inilah kamu bisa bernostalgia.

1. Lekker - Lekker Story

jajanan-jadul-02

Photo source: @makanpakereceh

Sekilas, jajanan jadul di Jakarta ini mirip dengan Crepes. Bahan dasar pembuatnya memang sama, tapi harga Lekker jauh lebih murah. Ini adalah makanan wajib yang dibeli tiap hari oleh anak SD jaman dulu. Adonannya tipis, di dalamnya biasanya berisi meises coklat, dan teksturnya kriuk-kriuk saat dimakan. Jajanan jadul ini masih bisa kamu temukan di Lekker Story yang ada di beberapa kota di Indonesia. Bentuknya masih sama, tapi isinya makin inovatif. Tidak hanya coklat dan keju, kamu juga bisa mencicipi Lekker rasa Milo, Nutella, Oreo, Kitkat, bahkan isi Sosis di tempat ini.

Lokasi:

Lekker Story

Jl. Tanjung Duren Barat 5 No.2, RT.1/RW.6, Tj. Duren Utara, Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat.

2. Telur Gulung - Warunk Exito

jajanan-jadul-03

Photo source: @keluarmakan

Kalau biasanya dulu kamu menikmati Telur Gulung dari penjual yang menjajakannya di gerobak, kini jajanan jadul ini bisa kamu dapatkan di Warunk Exito. Telur Gulung di sini sangat spesial. Pasalnya, di dalamnya terdapat gulungan mie yang dibungkus oleh telur di bagian luar. Rasanya makin mantap saat jajanan jaman SD ini dicelupkan dulu ke saos khasnya. Restoran di Alam Sutera ini bener-bener bisa jadi tempat yang pas buat bernostalgia. Selain Telur Gulung, ada Martabak Mie, Martabak Telor, serta Kue Cubit yang akan semakin mendukung momen nostalgiamu.

Lokasi:

Warunk Exito

Ruko Crystal Lane, No. 21, Jl. Bhayangkara Alam Sutera, Serpong, Tangerang Telp. 0812-1847-0092.

3. Kue Cubit - OTW Food Street

jajanan-jadul-04

Photo source: @jktfoodndrink

Belakangan ini, Kue Cubit memang sedang populer. Jajanan jadul yang terasa manis ini disajikan dengan rasa yang lebih kreatif. Kalau kamu sudah puas menikmati Kue Cubit Original, ini saatnya berpetualang mencoba rasa yang lain, seperti Green Tea, Red Velvet, Taro, atau Coklat. Tidak heran kalau menu ini menjadi salah satu makanan paling dicari di OTW Food Street di Kelapa Gading. Adonannya begitu lembut, apalagi kalau kamu pesan yang setengah matang, meleleh banget di mulut! Toppingnya juga bisa divariasikan, mulai dari Nutella sampai meises, ada semua di sini.

Lokasi:

OTW Food Street

Jl. Kelapa Kopyor Raya, Blok BA 2 No. 1, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 4531245.

4. Piscok (Pisang Coklat) – Pistales

jajanan-jadul-05

Photo source: @thefatcorner

Sebenarnya jajanan jadul yang ini sederhana saja, hanya Pisang Coklat. Tapi banyak juga yang dibikin kangen dengan rasanya yang manis dan lelehan coklat serta pisang yang dibalut dengan adonan super garing. Kalau kamu rindu makan Piscok, datanglah ke Pistales. Gerai ini sudah cukup lama bertahan dan terkenal menyajikan Piscok, Tahu Lapis, Risoles, dan Roti Goreng tradisional. Meski tidak banyak inovasi baru, tapi yang old school memang tidak pernah lekang oleh waktu. Rasa cemilan-cemilan yang mereka miliki sangat istimewa dan selalu berhasil bikin nambah terus!

Lokasi:

Pistales

Jl. Setiabudi I No. 34, Setiabudi, Jakarta. Telp. (021) 5255847.

5. Kue Balok - Kue Balok Kang Didin

jajanan-jadul-06

Photo source: @thefoodshunter

Masih ingat dengan Kue Balok asal Bandung yang populer saat kamu kecil dulu? Jajanan jadul ini bentuknya memang seperti balok, hampir seperti kue Pukis. Cara mengolahnya pun tradisional, dibakar dengan arang di atas wadah. Saat matang, aroma arang yang harum pun akan ikut tercium dan menambah cita rasa makanan ini. Belakangan ini, Kue Balok kembali digemari oleh warga Jakarta. Jenis rasanya makin bermacam-macam. Salah satu yang recommended adalah Kue Balok yang dimasak setengah matang dan dihidangkan dengan Nutella dan Ice Cream Duren.

Lokasi:

Kue Balok Kang Didin

Jl. Raden Patah, Senopati, Jakarta.

6. Serabi - Serabi Notosuman

jajanan-jadul-07

Photo source: @dewibastari

Satu lagi jajanan jadul yang selalu laris manis sampai sekarang, yaitu Serabi. Tempat makan Serabi di Jakarta yang wajib didatengin sudah jelas Serabi Notosuman asal Solo yang berlokasi di BSD. Rasa Serabi di sini pas banget, tidak terlalu manis dan nggak bikin eneg. Ada rasa santan dan coklat yang bisa dipilih. Keduanya sama-sama enak dan dihidangkan dengan kulit yang crispy. Hati-hati beli serabi di tempat ini, karena sekali coba bisa bikin ketagihan!

Lokasi:

Serabi Notosuman

Ruko Pasar Modern BSD, No. R 72, Jl. Letnan Sutopo, Serpong, Tangerang. Telp. (021) 53158472.

7. Gulali - Cotton Drops

jajanan-jadul-08

Photo source: @cotton_drops

Gulali adalah dessert yang ngetop banget jaman dulu. Bentuknya yang mengembang besar, rasanya yang manis, bikin kita bangga saat memakannya waktu kecil dulu. Siapa sangka kalau beberapa tahun belakangan, Gulali diminati lagi. Banyak dessert cafe yang menjadikan jajanan jadul ini sebagai menu andalan mereka, salah satunya adalah Cotton Drops. Di sini kamu bisa menikmati minuman yang di atasnya terdapat cotton candy alias gulali. Bentuknya yang lucu banget bisa mewarnai feed sosial media atau Nibble kamu.

Lokasi:

Cotton Drops

Kota Kasablanka, Lantai Lower Ground, Jl. Casablanca Raya, Tebet, Jakarta.

Ayo ajak teman-teman SD kamu bernostalgia dengan jajanan jadul di 7 tempat di atas. Kalau ada tempat yang punya makanan nggak kalah jadulnya, kasih tau kita yuk dengan memberi ulasannya di Nibble. Klik di sini untuk info lengkap tentang Nibble.

Cover photo source: @the.lucky.belly

Related Articles

Connect with Nibble