Foodies Guide To F&B Industry

7 Jajanan Malam di Jakarta Buat Penghilang Lapar

January 5, 20185 min readTips & Tricks

Kulineran di Jakarta itu paling enak dilakukan saat malam. Udaranya nggak panas dan pilihan jajanan malam di Jakarta lebih banyak yang murah. Ini karena banyak makanan kaki lima legendaris yang buka hanya saat menjelang malam. Jadi buat kamu yang sering kelaparan saat malam, nggak usah bingung lagi cari makanan enak. Di guide ini, kita sudah rangkum jajanan malam terbaik yang wajib kamu cicipi di malam hari.

1. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

jajanan-malam-di-jakarta-02

Photo source: @migrationology

Yang pertama kita punya Nasi Goreng Kebon Sirih yang bukanya jam 5 sore sampai jam 2 pagi. Kelegendarisan Nasi Goreng di sini sudah terkenal sampai ke pelosok negeri. Bagaimana tidak, hanya di sini tempat satu-satunya kamu bisa melihat orang memasak Nasi Goreng yang tingginya segunung. Meski sekali masak langsung banyak, bumbu Nasi Gorengnya tetap rata dalam setiap suapan. Cobalah Nasi Goreng Kambing andalannya, wangi jajanan malam di Jakarta ini pasti langsung membuat kamu ngiler seketika. Istimewanya lagi, daging kambing yang digunakan tidak memiliki aroma prengus khas kambing yang bikin nafsu makan hilang. Dagingnya pun empuk-empuk dan nasinya bahkan terasa seperti Nasi Briyani.

Lokasi:

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Jl. Kebon Sirih Barat, Menteng, Jakarta. Telp. 0811-1907-75.

2. Abang Adek

jajanan-malam-di-jakarta-03

Photo source: @dad_dish

Makan Indomie pakai potongan cabe rawit itu sudah biasa. Yang tidak biasa adalah makan Indomie dengan tambahan berpuluh-puluh cabe. Kalau berani tantangan makan Indomie super pedas, kamu bisa ke Abang Adek. Ada Nasi Goreng Abang Adek pedas mampus yang menggunakan cabe 100 biji. Kalau nggak berani coba, ada level kepedasan lain yang bisa kamu pilih. Biar nggak terlalu pedas, kamu bisa tambahkan kornet dan telor. Jajanan malam di Jakarta ini cocok banget buat penggila makanan pedas.

Lokasi:

Abang Adek

Jl. Tanjung Duren Barat 1 No. 31, Tanjung Duren, Jakarta. Telp. (021) 5657988.

3. Roti Bakar Eddy

jajanan-malam-di-jakarta-04

Photo source: @eatwithkoko

Siapa coba yang tidak kenal Roti Bakar Eddy. Gerai Roti Bakar ternama di Jakarta ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Lokasinya selalu jadi tempat nongkrong anak muda atau jadi tempat tujuan untuk mencari jajanan malam di Jakarta karena mereka buka pukul 6 sore sampai 2.30 dini hari. Roti Bakar di sini selalu bikin kangen, enaknya tidak pernah berubah, dan toppingnya nggak pelit sama sekali. Lihat saja Roti Tabur Keju di atas. Kejunya berlimpah, pas dipadukan dengan Roti Bakar yang garing tapi empuk. Selain Roti Bakar, kamu juga bisa menikmati street food lain, seperti Sate Taichan atau Indomie.

Lokasi:

Roti Bakar Eddy

Jl. Raden Patah, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 97520002.

4. Bubur Ayam Barito

jajanan-malam-di-jakarta-05

Photo source: @jnyfoodjournal

Pingin sepiring Bubur Ayam hangat untuk menghangat perut di tengah dinginnya malam? Meluncurlah ke Bubur Ayam Barito yang sudah buka sejak jam 5 sore sampai 11 malam. Jajanan malam di Jakarta ini beda dengan Bubur yang lain. Di sini kamu bisa menyantap Bubur Ayam dengan tambahan Cheese Stick yang bikin rasanya makin gurih dan bertekstur. Harganya pun murah, hanya Rp9.000 per porsi. Mau tambah telur ayam kampung untuk menciptakan rasa creamy juga bisa.

Lokasi:

Bubur Ayam Barito

Loksem Gandaria, Jl. Gandaria Tengah III No. 1. Telp. 0813-8148-8989.

5. Warteg Warmo

jajanan-malam-di-jakarta-06

Photo source: @i_am_nitaa

Jika bicara tentang Warteg paling hits di Jakarta, jawabannya sudah pasti Warteg Warmo. Warteg ini sering menjadi langganannya presiden dan artis Indonesia. Meski hanya menyajikan masakan rumah yang sederhana, rasa makanan yang ditawarkan selalu bikin ketagihan. Lauk pauk dan sayuran khas Warteg bisa kamu temukan di sini, seperti Kerang Usus, atau Sate Ati Ampela, Sayur Labu, Jamur Tiram, dan masih banyak lagi. Kerennya lagi, Warteg ini buka 24 jam, jadi bisa jadi tujuan saat kamu sedang hunting jajanan malam di Jakarta.

Lokasi:

Warteg Warmo

Jl. Tebet Timur Raya No. 1D, Tebet, Jakarta. Telp. (021) 82570015.

6. Sate Ayam Kambing RSPP

jajanan-malam-di-jakarta-07

Photo source: @jktfoodbang

Urusan Sate paling legendaris di Jakarta, Sate Ayam Kambing RSPP pasti selalu jadi perbincangan. Keempukan daging Sate di sini memang tidak ada duanya. Ukuran dagingnya pas, tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Dan yang paling favorit adalah saus kacangnya, tastenya dapet banget, kekentalannya selalu pas, serta kombinasi antara kecap dan kacangnya menyatu sempurna. Jajanan malam di Jakarta ini bisa kamu dapatkan mulai dari jam 7 pagi hingga jam 10 malam.

Lokasi:

Sate Ayam Kambing RSPP

Jl. Kyai Maja No. 21, Blok M, Jakarta. Telp. (021) 7237533.

7. Roti Bakar Wiwied

jajanan-malam-di-jakarta-08

Photo source: @deeta_rdt

Kalau kamu sedang cari jajanan malam di Jakarta yang lokasinya di area fatmawati dan butuh makanan yang murah, maka mampirlah ke Roti Bakar Wiwied. Tempat nongkrong ini sudah jaya sejak puluhan tahun yang lalu. Meski nama tempatnya itu mengandung Roti Bakar, faktanya makanan yang disajikan sangat beragam, mulai dari Nasi Goreng, Bubur Ayam, hingga Siomay. Ngidam comfort food seperti Indomie Telor Kornet juga tersedia. Mienya dimasak dengan kematangan sempurna. Saat menyatu dengan kornet dan telurnya, kamu pasti nggak akan rela bagi-bagi menu tersebut ke teman.

Lokasi:

Roti Bakar Wiwied

Jl. RS Fatmawati No. 4D, Fatmawati, Jakarta. Telp. 0878-7794-9188.

Beragam banget bukan pilihan jajanan malam di Jakarta? Yang mana favorit kamu? Kalau butuh referensi jajanan labih banyak lagi, kamu bisa langsung mencarinya di Nibble. Klik di sini untuk informasi lengkap tentang Nibble.

Cover photo source: @aksomoz

Related Articles

Connect with Nibble