Foodies Guide To F&B Industry

7 Jenis Gorengan di Jakarta yang Paling Laris

July 10, 20175 min readTips & Tricks

Gorengan di Jakarta itu enak dinikmati kapanpun. Renyahnya tepung memang sanggup bikin siapapun ketagihan. Kandungan kalorinya pun bisa mengisi perut di sela-sela jam makan. Tak hanya jadi cemilan, beberapa jenis gorengan juga terasa mantap saat dipadukan dengan nasi serta lauk pauk lainnya. Kira-kira dari sekian banyaknya jenis gorengan di Jakarta, mana saja ya yang paling diincar orang? Kalau kamu penasaran, kita akan bocorin listnya serta tempat terbaik yang menjual gorengan tersebut di Jakarta.

1. Bola Ubi - Bobby Bola Ubi

gorengan-di-jakarta-02

Photo source: @biteandbrew

Jakarta lagi dilanda demam Bola Ubi Kopong. Kalau selama ini kamu hanya menemukan Ubi Goreng yang berbalut tepung di luarnya, coba deh main-main ke Tanjung Duren dan datengin Bobby Bola Ubi. Tempat jual gorengan di Jakarta ini adalah spesialisnya Ubi Kopong yang enak banget. Beda dari Ubi Goreng pada umumnya, bagian dalam Bola Ubi yang kosong tengahnya itu nggak bikin perut terasa penuh. Teksturnya crunchy banget, tapi saat digigit chewy, namun tidak alot. Uniknya lagi, Bola Ubi di sini bisa disajikan dengan berbagai rasa. Ada yang original, Milo dan gula bubuk. Makan satu dijamin nggak akan cukup.

Lokasi:

Bobby Bola Ubi

Jl. Tanjung Duren Utara IV No.457-458, Tanjung Duren, Jakarta. Telp. 0812-1968-9808.

2. Pisang Goreng - Pisang Goreng Madu Bu Nanik

gorengan-di-jakarta-03

Photo source: @cnlulaby

Ketenaran Pisang Goreng Madu Bu Nanik memang bukan isapan jempol belaka. Hampir setiap hari, tempat jual gorengan di Jakarta ini terlihat rame. Pisang Goreng yang mereka sajikan besar sekali. Meski penampilannya tampak tidak menggiurkan, tapi percayalah, manisnya dahsyat banget. Lumuran madu di sekujur buah pisang sebelum masuk penggorengan menghasilkan efek kehitaman saat sudah digoreng. Tidak heran kenapa kelezatannya begitu banyak dibicarakan orang. Tidak hanya pisang, mereka juga punya Ubi Goreng, Sukun Goreng, Cempedak Goreng, sampai Tahu Isi yang nggak kalah mantap rasanya.

Lokasi:

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Jl. Tanjung Duren Raya No. 67, Tanjung Duren, Jakarta. Telp. 0821-1355-1355.

3. Cireng - Warunk Upnormal

gorengan-di-jakarta-04

Photo source: Nibble - meganfaustine

Jika biasanya kamu hanya menyantap Indomie kekinian di Warunk Upnormal, sekarang coba pesan Cireng Gorengnya untuk cemilan. Sensasinya jelas beda dengan Cireng yang sering ditemukan di tukang jual gorengan di Jakarta ala kaki lima. Cireng di sini dihidangkan dengan plating yang menarik, lengkap dengan bumbu cocolan yang rasanya pedas-pedas enak. Dalam satu porsi, kamu akan dimanjakan dengan lebih dari 15 potong Cireng yang terlihat sangat menggoda.

Lokasi:

Warunk Upnormal

Jl. Cempaka Putih Raya No. 102, Cempaka Putih, Jakarta. Telp. 0817-4976-565.

4. Bakwan - Kopi Legit

gorengan-di-jakarta-05

Photo source: Nibble - Ncekkuliner

Siapa coba yang tak suka Bakwan? Terbuat dari tepung yang diisi dengan berbagai jenis sayuran, mulai dari wortel, kol, daun bawang, dan lainnya, gorengan di Jakarta ini paling enak saat dimakan dengan cabe rawit. Tidak hanya bisa ditemukan di kaki lima, kamu juga bisa menikmati makanan rakyat ini di coffee shop seperti Kopi Legit. Standard kebersihan makanannya sudah pasti terjamin. Bakwan buatan mereka pun crunchy, namun tidak terlalu berminyak. Nggak bakal menyesal mengeluarkan Rp.26.000 untuk Bakwan yang satu ini karena ukurannya besar dan porsinya cukup banyak.

Lokasi:

Kopi Legit

Plaza Semanggi, Lantai Ground, Jl. Jenderal Sudirman, Sudirman, Jakarta. Telp. (021) 25539800.

5. Tahu Isi – Tesate

gorengan-di-jakarta-06

Photo source: Nibble - mrgastronome

Punya isi sayuran yang sedikit mirip dengan Bakwan membuat Tahu Isi banyak disukai orang. Rasanya jelas lebih mantap karena ada Tahu juga di dalamnya. Untuk masalah kerenyahan juga tak perlu diragukan. Tahu Isi milik Tesate ini terasa renyah di bagian luar, namun empuk di dalamnya. Memang harganya tidak semurah Tahu Isi di tukang jual Gorengan di Jakarta yang ada di pinggir jalan, tapi kualitasnya memang jelas lebih baik dan jauh berbeda.

Lokasi:

Tesate

Jl. Sam Ratulangi No. 39, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 31931250.

6. Cakwe - Cakue Ko Atek

gorengan-di-jakarta-07

Photo source: Nibble - Ncekkuliner

Buat penggemar kuliner di daerah Pasar Baru, pasti familiar banget sama street food yang satu ini, Cakwe dari Cakue Ko Atek. Gorengan di Jakarta ini udah legend banget, meski kiosnya kecil, tapi antusias pembelinya luar biasa. Tidak heran kenapa gorengan ini cepat sekali larisnya, rasa Cakwenya memang spesial. Sang pemilik membuat adonannya langsung di tempat tersebut, Cakwe yang disajikan selalu fresh. Saat masuk mulut, crunchynya bikin pingin nambah lagi, tapi begitu sudah masuk di bagian dalam, hanya rasa lembut yang akan kamu rasakan. Jangan lupa juga cobain Roti Bantal di sini yang nendang abis rasanya.

Lokasi:

Cakue Ko Atek

Jl. Belakang Kongsi No. 31, Pasar Baru, Jakarta.

7. Tempe Mendoan - Warung MJS

gorengan-di-jakarta-08

Photo source: @eatandcapture

Ini adalah destinasi utama saat kamu ngidam makanan yang Indonesia banget. MJS itu terkenal dengan Ayam Setannya yang pedasnya membakar lidah. Kalau kamu cuma butuh cemilan saja, Tempe Mendoan bisa jadi pilihan terbaik. Rasanya nggak usah diragukan lagi, enak sampai ke bagian terdalam sekalipun. Ukurannya itu yang bikin semua orang takjub, besarnya nggak kira-kira. Mau dimakan pakai sambel kecap atau cabe rawit, sama-sama pecahnya di mulut.

Lokasi:

Warung MJS

Jl. Setiabudi Tengah No.11, Setiabudi, Jakarta. Telp. (021) 5252605.

Bikin laper banget ya bacain jenis gorengan di Jakarta yang ada di atas? Buat yang sudah nggak sabar makan gorengan, bisa minta delivery dikirim ke rumah atau kantormu sekarang. Yang jelas, jangan lupa untuk kasih ulasannya di Nibble ya. Buat yang belum tahu Nibble, bisa klik di sini.

Cover photo source: @jakartafoodprints

Related Articles

Connect with Nibble