Foodies Guide To F&B Industry

7 Jenis Kue Risoles dari Seluruh Dunia

August 28, 20194 min readFoodie Trends

Jajanan pasar di Indonesia begitu beragam bentuknya. Mulai dari makanan yang merupakan asli Indonesia, hasil akulturasi budaya, hingga makanan yang benar-benar berasal dari luar negeri dapat dengan mudah kita temui di sini.

Salah satu jajanan pasar yang ketenarannya tak terhapus zaman adalah kue risoles. Jajanan yang diyakini berasal dari Yunani ini seakan tidak pernah kehilangan pamornya dan selalu dicari di pasar.

Risoles di Indonesia bahkan juga memiliki ragam varian. Jika pada beberapa tahun lalu risoles hanyalah sebuah kue yang dibaluri dengan tepung dan berisikan daging, saat ini muncul pula risoles Amerika yang memiliki telur sebagai salah satu isiannya.

Tapi, tahukah kalian jika banyak versi risoles yang berasal dari negara-negara lain? Berikut ini 7 kue risoles ciri khas negara lain!

Prancis

risol1

Photo source: mimitouti.over-blog.com

Varian kue risoles dari Prancis ini awalnya berasal dari lembah Thônes, pusat dari keju lokal Prancis. Resep risoles khas Prancis ini biasanya disajikan saat natal tiba. 

Setiap rumah biasanya memiliki resep masing-masing dalam membuat risoles. Beberapa hari sebelum natal tiba, setiap Ibu biasanya sudah sibuk menyiapkan adonan risoles. Ketika natal tiba, barulah adonan dipanggang agar bisa dihidangkan saat masih hangat kepada para tamu yang datang ke rumah.

Yang unik dari risoles a la Prancis adalah penggunaan buah pir sebagai salah satu bahan. Penggunaan pir dimaksudkan agar sajian risoles menjadi lebih manis. Bahkan, biasanya dalam penyajiannya, risoles khas Prancis juga dibaluri dengan gula.  

Polandia

risol2

Photo source: staryzeszyt.pl

Jika kalian berkunjung ke Polandia dan mencari risoles khas Polandia, jangan mencarinya dengan nama risoles, ya. Risoles di Polandia dikenal dengan nama sznycle.

Kue risoles khas Polandia ini bisa dapat dengan mudah ditemukan di kantin sekolah. Biasanya, sznycle disajikan sebagai makanan utama dan ditemani dengan kentang dan sayuran. 

Mirip dengan risoles di negara lain, risoles khas Polandia juga berisi daging. Ada juga beberapa varian lain yang menggunakan perpaduan antara keju dan ham sebagai isinya.

Wales

risol3

Photo source: lewispies.co.uk

Wales memiliki kue risoles yang biasanya disajikan dengan kentang goreng. Menu ini dapat dijumpai di beberapa kedai makanan di Wales. Menggunakan teknik deep fried, risoles khas Wales memiliki kulit luar yang renyah, namun lembut di dalam.

Biasanya, risoles khas Wales ini disajikan dengan isian daging. Risoles khas Wales ini begitu mirip dengan kue risoles khas Indonesia, namun yang membedakannya adalah risoles khas Wales ini memakai bawang sebagai isiannya.

Irlandia

risol4

Photo source: deliaonline.com

Faktor kedekatan geografisnya dengan Wales membuat risoles khas Irlandia memiliki kemiripan dengan risoles khas Wales. Risoles Irlandia ini dapat dengan mudah ditemukan di kota Wexford.

Yang berbeda adalah risoles khas Irlandia digoreng biasa, bukan dengan teknik deep fried. Selain itu, risoles khas Irlandia biasanya juga disajikan bersama dengan daging ayam atau sosis.

Portugal

risol5

Photo source: cityguidelisbon.com

Di Portugal, kue risoles dikenal dengan nama rissóis. Rissóis merupakan salah satu cemilan yang sangat populer dan dapat ditemukan dimana saja di Portugal.

Memiliki bentuk seperti bulan sabit, rissóis biasanya diisi dengan ikan dan udang dengan saus béchamel. Ada juga rissóis yang diisi dengan gabungan ikan cod dan udang. Rissóis biasanya dinikmati dalam keadaan dingin, namun terkadang juga bisa dinikmati sebagai main course dengan tambahan nasi atau salad.

Brazil

risol6

Photo source: halalmama.blogspot.com

Menggunakan jantung dari pohon palem merupakan sebuah ciri khas yang dimiliki kue risoles dari Brazil. Tidak ada risoles negara lain yang memanfaatkan pohon palem sebagai isinya.

Memiliki bentuk bulan sabit seperti risoles khas Portugal, risoles khas Brazil juga berisi keju, ham, daging sapi, dan ayam atau udang. Semua bahan tersebut dicampur menjadi satu hingga risoles khas Brazil ini memiliki isi yang sangat penuh dan mengenyangkan.

Australia

risol7

Photo source: taste.com.au

Sajian risoles khas Australia menjadi varian yang paling berbeda dari negara-negara lainnya. Jika di negara lain risoles memiliki lapisan luar yang dibaluri dengan remah roti, risoles khas Australia dan Selandia Baru adalah sajian yang serupa dengan patty burger.

Sederhananya, risoles Australia adalah daging cincang yang dipadatkan tanpa lapisan apapun. Aneh bukan?

Risoles khas Australia dibuat dari daging sapi, ayam, ataupun domba. Ada juga beberapa yang menggunakan tuna atau labu. Seperti patty burger, risolses Australia juga dimasak dalam barbecue

Jika ingin dinikmati bersamaan dengan roti seperti patty burger, biasanya risoles khas Australia didinginkan terlebih dahulu baru kemudian dinikmati keesokan harinya dalam keadaan dingin.

Cover photo: unileverfoodsolutions.co.id

Related Articles

Connect with Nibble