Foodies Guide To F&B Industry

7 Jenis Mie Jepang Yang Harus Kamu Tahu

June 23, 20175 min readTips & Tricks

Makanan Jepang tanpa kehadiran mie itu tidak akan lengkap. Pasalnya, Mie Jepang adalah salah satu bahan yang membuat beberapa makanan ikonik Jepang populer di dunia. Kalau selama ini kamu hanya tahu Ramen, Soba, atau Udon saja, kita akan memperluas pengetahuan kulinermu dengan membahas 7 jenis Mie Jepang yang cukup terkenal di negara asalnya serta di mancanegara. Ketujuh jenis ini jelas berbeda, dalam bentuk tekstur, bahan pembuat, rasa, serta cara penyajian. Daripada makin penasaran, mari cari tahu langsung di bawah ini.

1. Ramen

mie-jepang-02

Photo source: Nibble - alwaysshungry

Berasal dari China, mie telur yang ukurannya panjang, dan bertekstur curly ini merupakan bahan utama dari semangkuk Ramen yang sudah mendunia. Mie Ramen biasanya terbuat dari gandum dan mengandung satu bahan istimewa bernama kansui yang menghasikan warna kuning pada mie tersebut. Ramen biasanya dihidangkan dalam rendaman kuah kaldu gurih yang cita rasanya makin mantap saat diberi tambahan miso, shoyu, atau shio. Di Jepang, setiap daerah punya ciri khas Ramen yang berbeda dari daerah lainnya. Kalau di Jakarta, kamu bisa menemukan Ramen dengan mudah karena sudah banyak restoran yang spesialis menghidangkan Ramen dengan rasa autentik. Salah satu tempat makan Ramen di Jakarta yang harus dicoba adalah Bariuma Ramen. Mie yang mereka gunakan sangat lembut, side dishnya gurih, dan kuahnya mantap.

Ramen di Jakarta:

Bariuma Ramen

Citywalk Sudirman, Lantai 1, Jl. KH Mas Mansyur, Sudirman, Jakarta.

2. Soba

mie-jepang-03

Photo source: Nibble - StorEATeller

Berbeda dari Ramen, Soba terbuat dari buckwheat. Bahan tersebutlah yang membuat Soba berwarna coklat keabu-abuan, serta memiliki nutty flavour yang khas. Mie Jepang yang satu ini paling enak disantap dengan kuah kaldu tsuyu yang berbahan dasar soy sauce. Tapi kini makin banyak saja variasi sajian Soba yang enak-enak. Selain dimakan saat hangat, Soba juga bisa disajikan dalam versi dingin. Tapi cara makannya beda, bukan dengan kuah kaldu, melainkan dengan dipping sauce atau garnish sayuran yang menyegarkan. Kalau mau coba, Kabuto Mazesoba bisa jadi pilihan. Pesanlah langsung menu spesialnya karena di dalamnya ada daging sapi spesial dan foie gras yang menemani Sobanya.

Soba di Jakarta:

Kabuto Mazesoba

Ruko Crown Golf, Blok B No. 2, Bukit Golf Mediterania, Jl. Marina Indah Raya, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Telp. (021) 22570506.

3. Udon

mie-jepang-04

Photo source: Nibble - marchellaloofis

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan Udon. Bahan pembuat Mie Jepang yang satu ini cukup sederhana, yaitu tepung gandum dan air saja. Warnanya putih, tapi tak jarang ada restoran yang menyediakan charchoal udon berwarna hitam. Saat dimakan, kamu pasti akan ketagihan dengan teksturnya yang chewy tapi lembut. Secara tradisional, Udon disajikan dengan kuah kaldu dan aneka topping yang variatif, seperti tempura, fish cakes, sayuran, atau bahkan yang paling sederhana, hanya dengan potongan daun bawang saja. Jika mau udon yang dilengkapi dengan Ikura yang creamy, kamu bisa mencicipinya di Nama Sushi by Sushi Masa. Teksturnya itu meleleh banget di mulut.

Udon di Jakarta:

Nama Sushi by Sushi Masa

Bay Walk Mall, Lantai LGM, Jl. Pluit Karang Ayu, Pluit, Jakarta. Telp. (021) 29263569.

4. Shirataki

SONY DSC

Photo source: cookingontheweekends

Bentuk Shirataki itu seperti soun, warnanya transparan, dan teksturnya tipis dan kecil-kecil. Kabarnya, ini adalah pilihan Mie Jepang yang paling sempurna untuk kamu yang sedang berdiet. Dibuat dari konjac flour, Shirataki biasanya digunakan sebagai makanan pendamping dari Sukiyaki atau Oden untuk menambah tekstur di menu-menu tersebut. Memang tidak perlu ragu untuk menyantap Shirataki karena mie ini memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang sangat rendah. Mie ini juga sehat karena tidak mengandung gluten.

5. Somen

mie-jepang-06

Photo source: Nibble - stefan.rafales

Sekilas, bentuknya memang seperti Shirataki, namun jika ditelusuri lebih jauh lagi, bahan utama pembuat Somen itu berbeda. Mie Jepang yang bentuknya sangat tipis ini terbuat dari wheat flour. Jika ditarik, Somen sangat lentur karena biasanya juga diberi tambahan vegetable oil. Di Jepang, Somen merupakan alternatif makanan yang paling dicari saat summer tiba. Ini karena Somen bisa dimakan dengan es, dengan tambahan sayuran, atau dicocol ke tsuyu dipping sauce. Saat disajikan bersama kuah kaldu daging yang hangat, Somen biasanya akan disebut Nyumen. Salah satu restoran Jepang di Jakarta yang menghidangkan Somen adalah Kushiyaki Umena Dori. Kombinasi Somen, dengan telur rebus, kaldu ayam, dan topping nori di restoran ini begitu lezat dan unik.

Somen di Jakarta:

Kushiyaki Umena Dori

Sentral Senayan 1, Lantai Basement, Jl. Asia Afrika No. 8, Senayan, Jakarta. Telp. (021) 57939711.

6. Yakisoba

mie-jepang-07

Photo source: Nibble - Jennyfer

Dalam bahasa Jepang, Yakisoba itu artinya Mie Goreng. Mie Jepang ini biasanya tipis dan curly. Meski namanya mengandung kata Soba, Yakisoba tidak terbuat dari buckwheat, tapi dari gandum. Saat dimasak, biasanya Yakisoba akan dicampur dengan aneka sayuran, seperti kol, wortel, dan bawang. Bahan tambahan lainnya juga bisa disesuaikan dengan selera, seperti ayam, daging, jamur, taoge, dan lainnya. Yang jelas, semakin banyak sayuran yang mendampingi Yakisoba, semakin sehat pula kandungan yang ada pada menu ini. Di Hachi Hachi Bistro Central Park, kamu bisa menikmati Yakiniku Yakisoba di Jakarta yang tidak ada duanya.

Yakisoba di Jakarta:

Hachi Hachi Bistro

Central Park, Lantai Lower Ground, Jl. Letjen S. Parman, Tanjung Duren, Jakarta. Telp. (021) 56985592.

7. Champon

mie-jepang-08

Photo source: Nibble - laweekly

Champon adalah sajian Mie Jepang yang berasal dari Nagasaki. Tidak hanya terkenal di daerah tersebut, kelezatan Champon juga diakui oleh negara-negara Asia lainnya. Bahkan China dan Korea punya versi Champon sendiri yang tidak kalah nendangnya. Di tempat asalnya, Champon adalah kombinasi pork, seafood, dan sayuran yang digoreng dalam lard alias lemak babi. Lalu, siraman kuah kaldu dan mie juga menambah keriaan menu ini. Rasanya dahsyat dan juicy, tak heran mengapa menu asal Nagasaki ini bisa mendunia.

Mie Jepang yang mana kesukaanmu? Kalau ada jenis lain yang terlewat dalam list ini, jangan ragu untuk mengulasnya langsung di Nibble ya.Buat yang belum tahu tentang Nibble, bisa klik di sini.

Cover photo source: Nibble - godzillatummy

Related Articles

Connect with Nibble