Foodies Guide To F&B Industry

7 Jenis Pancake dari Seluruh Dunia yang Sama Lezatnya

October 20, 20175 min readTips & Tricks

Setiap negara punya Pancake. Jenis Pancake tiap negara jelas berbeda-beda, mulai dari yang rasanya manis atau savory, hadir dengan ketebalan, filling, dan topping yang sangat beragam. Tapi ada beberapa hal yang membuat mereka sama dan layak disebut Pancake, yaitu adonan pembuat yang biasanya terbuat dari campuran tepung, telur, dan susu atau air. Dari sekian banyaknya Pancake di dunia ini, kita akan membahas 7 jenis yang wajib kamu tahu.

1. Pancake – Amerika

jenis-pancake-02

Photo source: Nibble - perut.lapar

Pancake tradisional khas Amerika terbuat dari buckwheat atau cornmeal. Namun, dewasa ini orang Amerika menggunakan tepung serbaguna untuk membuat Pancake mereka. Jenis Pancake ini dibuat dari adonan telur dan susu. Sebagian besar Pancake juga diberi tambahan baking powder agar teksturnya makin naik dan fluffy. Sering juga adonannya ditambah dengan berries atau choco chips untuk memaksimalkan cita rasa. Setelah dimasak, Pancake disajikan bertumpuk-tumpuk dan dilahap dengan lelehan butter atau siraman maple syrup. Kamu bisa mencoba jenis Pancake ini di Monolog.

Lokasi:

Monolog

Street Gallery, Lantai 2, Jl. Metro Pondok Indah, Pondok Indah, Jakarta. Telp. (021) 29529775.

2. Okonomiyaki  - Jepang

jenis-pancake-03

Photo source: Nibble - godzillatummy

Berbeda dengan Pancake dari Amerika yang cenderung manis, jenis Pancake dari Jepang yang satu ini punya rasa savory yang bikin ketagihan. Isinya bermacam-macam banget. Biasanya di dalam adonan tepungnya ada cabbage dan berbagai sumber protein, mulai dari octopus, squid, hingga pork belly. Di Jepang, ada dua style Okonomiyaki yang paling banyak digemari, yaitu Osaka dan Hiroshima style. Perbedaannya terletak pada cara mengolah adonan. Di Osaka, fillingnya dijadikan satu dengan adonan, lalu dimasak. Sedangkan di Hiroshima, Okonomiyaki dihidangkan dalam beberapa lapisan, termasuk Yakisoba noodle dan diakhiri dengan fried egg. Namun keduanya sama-sama disajikan dengan tonkatsu sauce dan nori flakes. Di Jakarta sendiri ada banyak restoran yang bisa kamu tuju untuk menikmati menu spesial ini. Salah satunya adalah di Goemon yang rasanya sangat autentik.

Lokasi:

Goemon

Wisma Keiai - Kyoei Prince, Lantai 3, Jl. Jenderal Sudirman, Sudirman, Jakarta. Telp. (021) 5723343.

3. Poffertjes – Belanda

jenis-pancake-04

Photo source: Nibble - tissa789

Kalau biasanya Pancake itu selalu pas buat jadi menu sarapan, jenis Pancake dari Belanda ini lebih cocok untuk cemilan. Namanya Poffertjes. Bentuknya seperti pancake Amerika, tapi dibuat dalam ukuran yang sangat mini. Cemilan manis ini biasanya ditaburi gula bubuk, butter, dan kadang pakai syrup atau keju. Lain lagi dengan Poffertjes buatan Dijan’s yang berlokasi di Kemang. Ada sensasi cinnamon yang bikin rasanya makin dahsyat.

Lokasi:

Dijan’s

Jl. Kemang Selatan No. 102 A, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 71793538.

4. Haemul Pajeon – Korea

jenis-pancake-05

Photo source: Nibble - bestfoodjkt

Jika diartikan, Pajeon memiliki arti green onion pancakes. Sedangkan Haemul Pajeon merupakan Pancake yang juga berisi aneka seafood, seperti kerang, mussels, oysters, lobster meat, dan masih banyak lagi. Terbayang kan kelezatan yang akan kamu nikmati dalam seporsi Haemul Pajeon? Jenis Pancake ini bisa kamu temukan di Cung Gi Wa. Teksturnya crunchy, rasanya sangat lezat, sampai-sampai bisa membuat kamu terasa tidak sedang makan sayuran.

Lokasi:

Cung Gi Wa

Central Park, Lantai 2, Urban Kitchen, Jl. Letjen S. Parman, Tanjung Duren, Jakarta

5. Farinata – Italia

jenis-pancake-06

Photo source: seriouseats

Pancake asal Italia yang sangat gurih ini merupakan menu yang sangat sederhana dengan rasa yang luar biasa. Jenis Pancake ini dibuat dari chickpea flour, olive oil, dan air. Lalu semuanya itu dipanggang di atas pan sehingga menghasilkan tekstur renyah di bagian luar dan moist di bagian dalam. Farinata juga dikenal di berbagai negara lain, seperti Morocco yang menyebut menu ini sebagai karane atau North Africa yang juga menambahkan cumin pada sajian ini.

6. Crepes – Prancis

jenis-pancake-07

Photo source: Nibble - filipusverdi

Renyah dan garing, itulah sensasi makan Crepes yang tidak akan kita lupakan. Menu ini aslinya berasal dari Perancis, namun kini dapat dinikmati di seluruh dunia dengan berbagai nama. Misalnya di Hungaria dikenal dengan sebutan palacsinta, sedangkan di Italia dinamakan crespelle. Crepes klasik biasanya terbuat dari telur, susu, sejumput garam, dan wheat flour. Teksturnya sangat tipis seperti kertas, disajikan dalam varian rasa manis dan gurih. Tidak hanya cocok untuk sarapan, jenis Pancake ini juga bisa dijadikan menu makan siang atau makan malam. Apalagi jika toppingnya penuh dengan sayuran, daging, dan telur, seperti yang bisa kita dapatkan pada menu Antoine Ego racikan Kitchenette.

Lokasi:

Kitchenette

Senayan City, Lantai Ground, Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta. Telp. (021) 29329250.

7. Martabak – Indonesia

jenis-pancake-08

Photo source: Nibble - udahdiperut

Kalau tadi kita sudah bahas jenis Pancake dari negara lain, kini kita akan bahas punyanya Indonesia. Kita punya Martabak yang ternyata jika ditelusuri, makanan super enak ini berasal dari Middle East. Baik Martabak Manis atau Martabak Telur, keduanya sama-sama jempolan. Kalau mau coba yang rasanya bervariasi, kamu bisa pilih Martabak Manis Pizza dari Martabak Rakyat. Siap-siap dibikin ketagihan dengan delapa topping berbeda di atasnya. Ada KitKat Green Tea, keju, Ovomaltine, dan masih banyak lagi.

Lokasi:

Martabak Rakyat

Jl. Dharma Kencana, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta. Telp. 0896-0273-7622.

Nggak nyangka ya ternyata jenis Pancake di dunia sangat beragam. Dari ketujuh jenis di atas, mana saja yan sudah kamu coba? Kalau kamu cari rekomendasi Pancake terbaik di Jakarta, kamu bisa serahkan ke Nibble. Klik di sini untuk info lengkap tentang Nibble.

Cover photo source: @carnivorr

Related Articles

Connect with Nibble