×
Nibble
Nibble
FREE - On the App Store Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.
Nibble
Nibble
FREE - In Google Play
VIEW VIEW

7 Jenis Sambal di Indonesia yang Bikin Kepedesan

  • Atalya Anggraini
  • Friday August 11th, 2017
sambal-di-indonesia-01

Indonesia itu surganya Sambal. Jenis Sambal di Indonesia tidak terhitung jumlahnya. Ini karena penggila sambal di Indonesia juga banyak, bahkan sepertinya hampir semua makanan Indonesia terasa makin enak jika disantap dengan Sambal. Meskipun makan dengan sambal itu bikin keringetan, rasanya yang pedas bikin ketagihan. Dari sekian banyaknya Sambal di Indonesia, 7 jenis Sambal berikut ini adalah yang paling favorit.

 

1. Sambal Roa

sambal-di-indonesia-02

Photo source: Nibble - mrvahn

Semua pasti tahu kalau Manado adalah salah satu kota di Indonesia yang memiliki berbagai macam sambal paling sedap. Salah satunya adalah Sambal Roa. Jenis Sambal di Indonesia ini terasa sangat gurih karena dibuat dari ikan roa yang diasapi. Aromanya benar-benar nikmat banget. Bahaya banget kalau makan ini karena kamu pasti akan ketagihan.

Sebenarnya sangat mudah menemukan Sambal Roa di Jakarta karena sekarang sudah banyak online shop yang menjual Sambal Roa dalam kemasan. Tapi jika kamu mau mencoba Sambal Roa bikinan restoran, datanglah ke Remboelan di mana kamu akan dimanjakan dengan Nasi Bakar Sambal Roa yang isinya juga dicampur dengan petai, ikan peda, dan cumi.

 

Lokasi:

Remboelan

Senayan City, Lantai 5, Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta.

 

2. Sambal Matah

sambal-di-indonesia-03

Photo source: Nibble - myfoodiestory

Kita yakin sekali, tidak ada penyuka makanan pedas yang tidak suka makan Sambal Matah. Jenis Sambal di Indonesia ini berasal dari Bali. Penampilan dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat Sambal Matah sangat sederhana, seperti bawang, serai, cabe, dan tomat. Semua bahan tersebut diiris dan dicampur jadi satu dengan minyak kelapa, lalu Sambal Matah siap disajikan dalam keadaan segar dan pastinya pedas.

Tren Sambal Matah di Jakarta semakin menggila belakangan ini. Banyak sekali makanan yang dipadukan dengan Sambal Matah karena kelezatannya semakin bertambah. Salah satu yang bisa dicoba adalah Roasted Chicken with sambal Matah buatan Hungrill Bistro & Bar di Gading Serpong ini. Ayam yang mereka hidangkan sangat empuk, dan kamu akan dibuat kenyang dengan porsinya yang besar yang juga dilengkapi oleh nasi serta telur.

 

Lokasi:

Hungrill Bistro & Bar

Ruko Graha Boulevard, Blok D No. 19, Jl. Boulevard Gading Serpong, Serpong Utara, Tangerang. Telp. 0812-1390-2754.

 

3. Sambal Mangga

sambal-di-indonesia-04

Photo source: @saungsako

Super segar, itulah deskripsi yang paling pas menggambarkan Sambal Mangga. Sesuai dengan namanya, Sambal di Indonesia ini memakai buah Mangga sebagai bahan utamanya. Mangga yang paling tepat dijadikan Sambal sebaiknya tidak terlalu muda atau matang agar rasanya pas di lidah. Saat dicampur dengan cabe, terasi, dan bawang, kombinasi rasa pedas asam manisnya akan membuat kamu tambah porsi nasi sebanyak-banyaknya.

Tidak sulit mencari Sambal Mangga di Jakarta. Buat yang rumahnya di daerah Kebon Jeruk, kamu bisa ke Saung Sako yang terletak dekat Binus. Sambal Mangga di sini bisa dimakan dengan lauk-lauk gorengan, mulai dari Ayam, Iga, hingga Tahu dan Tempe.

 

Lokasi:

Saung Sako

Jl. Kebun Jeruk Raya No.34A. Telp. 0878-8099-015.

 

4. Sambal Dabu Dabu

sambal-di-indonesia-05

Photo source: @eatandcapture

Satu lagi Sambal asal Manado yang tidak boleh dilewatkan pecinta pedas, Sambal Dabu Dabu. Karakteristik Sambal di Indonesia ini terletak pada penggunaan irisan tomat hijau yang menambah cita rasa segar pada menu Sambal ini. Cara membuatnya hampir mirip seperti Sambal Matah. Semua bahan diiris-iris dan dicampur jadi satu.

Sambal Dabu Dabu itu paling mantap dijadikan pelengkap Ikan Bakar. Kamu bisa menemukan menu spesial ini di Kaum Menteng. Platingnya terlihat fancy, Ikan Bakar terasa fresh, dan Sambal Dabu Dabu di Jakarta buatan Kaum bikin nafsu makan semakin bertambah.

 

Lokasi:

Kaum

Jl. Dr. Kusuma Atmaja No. 77-79, Menteng, Jakarta. Telp. 0813-8171-5256.

 

5. Sambal Cabe Ijo

sambal-di-indonesia-06

Photo source: Nibble - UrsAndNic

Beralih ke daerah Padang, ada Sambal Cabe Ijo khas Padang yang akan membakar perutmu. Jenis Sambal di Indonesia ini tidak sepedas Sambal yang menggunakan cabai rawit merah sebagai bahan utamanya. Tetapi tetap saja pedasnya bisa membuat kamu rela nambah nasi terus.

Sambal Cabe Ijo cocok jadi pendamping menu apa saja. Tapi kalau kamu salah satu penggemar lidah sapi, wajib banget coba Lidah Bakar Cabe Ijo di Kila Kila by Akasya. Sambal Cabe Ijo di Jakarta ini terasa sempurna menemani empuknya Lidah Sapi yang rasanya sangat berkesan di hati.

 

Lokasi:

Kila Kila by Akasya

SCBD, Lot 4, Lantai 7, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, SCBD, Jakarta. Telp. (021) 51401484.

 

6. Sambal Teri

sambal-di-indonesia-07

Photo source: Nibble - capturethefoods

Duet maut teri dan kacang dicampur dengan cabe merah serta bawang yang dihaluskan bisa menciptakan menu bernama Sambal Teri yang enaknya tidak ada tandingannya. Teksturnya yang kriuk kriuk, rasanya yang asin, pedas, manis, dan gurih, bikin menu ini cocok dimakan dengan nasi putih hangat.

Kalau bosan dengan nasi, Mie Sambal Teri dari ToT Aw mungkin bisa menjadi alternatif lain yang nggak kalah menyenangkan. Porsi Sambal teri di Jakarta yang mereka sajikan cukup berlimpah. Mienya pun kenyal dan cocok banget dimakan kapanpun.

 

Lokasi:

Tot Aw

Jl. Hibrida Raya QJ9 No. 1, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. 0877-7852-5353.

 

7. Sambal Terasi

sambal-di-indonesia-08

Photo source: @myfunfoodiary

Jenis Sambal di Indonesia yang terakhir ini nggak akan bisa kamu temukan di negara lain. Ini karena Sambal ini dibuat dari terasi yang berupa ikan atau udang rebon yang difermentasikan. Baunya sangat khas dan tajam, tapi rasanya begitu enak dan nggak bisa disejajarkan dengan Sambal lainnya.

Untuk menikmati Sambal terasi di Jakarta, kamu bisa mampir ke La Maison Kopi Luwak. Mereka punya menu Nasi udang Sambal Terasi yang isinya super lengkap dan mengenyangkan. Menu ini hanya tersedia dalam waktu terbatas selama bulan Agustus saja, jadi buruan datengin dan cobain kedahsyatannya.

 

Lokasi:

La Maison Kopi Luwak

Plaza Indonesia, Lantai 2, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 29923548.

 

Enak-enak banget ya jenis Sambal di Indonesia? Selain 7 jenis di atas, masih ada banyak sekali Sambal khas Indonesia yang nggak kalah lezat dan wajib dicoba. Kalau kamu menemukan Sambal enak di Jakarta, kasih ulasannya ya di Nibble. Buat yang belum tahu tentang Nibble, bisa klik di sini.

 

Cover photo source: @two_yolks

Write some comments

Related posts