Foodies Guide To F&B Industry

7 Jenis Sate Indonesia yang Bisa Kamu Temukan di Jakarta

March 18, 20175 min readTips & Tricks

Sate merupakan kuliner asli Indonesia yang begitu khas penampilannya dengan tusukan kayu yang menyatukan potongan-potongan daging. Selain Soto dan Nasi Campur, jenis Sate Indonesia juga sangat beragam. Tapi sebelum kita lebih jauh lagi membahas jenis-jenis Sate, kamu harus tahu dulu kalau ternyata pertama kali Sate dikenal di Pulau Jawa sejak abad ke-19. Dari Pulau Jawa, kemudian Sate menyebar ke Nusantara, dibawa oleh para pedagang, dan menghasilkan banyak varian Sate. Tidak hanya di Indonesia, kepopuleran Sate juga sampai di negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, atau Filipina.

Kalau selama ini yang kamu tahu cuma Sate Ayam dan Sate Kambing, sekarang kita akan memperluas khazanah kulinermu dengan mengenalkan 7 jenis Sate Indonesia yang bisa kamu temukan di Jakarta. Simak yuk listnya!

1. Sate Madura – Madura

jenis-sate-indonesia-02

Photo source: @genduttapihepi

Pulau Madura tidak hanya dikenal sebagai penghasil garam. Daerah ini juga punya menu Sate yang sangat terkenal di Indonesia. Sate Madura mudah sekali ditemukan di mana-mana. Biasanya, jenis Sate Indonesia ini menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Tapi tak jarang juga penjual Sate Madura juga menggunakan daging kambing. Untuk bumbunya, mereka mengombinasikan bumbu kacang yang rasanya manis dan gurih dengan bawang merah yang aromatik. Bumbunya tidak hanya disajikan sebagai pelengkap hasil akhir sate yang telah selesai dibakar, tapi juga dilumuri pada sate sebelum dibakar. Inilah yang membuat dagingnya terasa sangat enak, bumbunya meresap sampai ke bagian dalam daging yang digunakan, dan aromanya menggugah selera!

Sate Madura di Jakarta:

Sate Khas Senayan

Jl. HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 3500111

2. Sate Buntel – Solo

jenis-sate-indonesia-03

Photo source: makanajib

Lain lagi dengan Sate Buntel dari Solo. Jenis Sate Indonesia yang ini diberi nama demikian karena pembuatannya dilakukan dengan cara dibungkus. Sate Buntel terbuat dari daging kambing yang dicincang, kemudian dibungkus lemak tipis, baru kemudian dibakar. Bentuknya begitu unik, bulat lonjong dan tambun. Teksturnya empuk dan saat dicoba rasanya gurih, serta ada sensasi juicy yang berasal dari lapisan lemak Sate ini. Biasanya, Sate Buntel ini disajikan dengan sambal kecap, tapi ada juga yang menggunakan saus kacang lembut saat menyantapnya.

Sate Buntel di Jakarta:

Omah Solo

Jl. TB Simatupang, Cilandak, Jakarta. Telp. (021) 7890940.

3. Sate Kerang – Surabaya

jenis-sate-indonesia-04

Photo source: ceritaperut

Sebenarnya, Sate kerang tidak hanya terkenal di Kota Surabaya, tapi juga di Medan. Sesuai dengan namanya, jenis Sate Indonesia ini terbuat dari daging kerang. Cara memasaknya tidak dengan cara dibakar, melainkan dikukus. Dagingnya yang lembut, terasa manis dan gurih saat di mulut. Kalau di Surabaya, Sate Kerang biasanya disantap bersama dengan Kupang Lontong yang juga menggunakan kerang sebagai bahan utamanya.

Sate Kerang di Jakarta:

Soto Bangkong

Jl. Pakubuwono V/39, Kebayoran Baru, Blok M, Jakarta. Telp. (021) 72798321.

4. Sate Lilit – Bali

jenis-sate-indonesia-05

Photo source: @yosyoshua

Dari penampilannya, Sate Lilit tampak begitu berbeda dari jenis Sate Indonesia lainnya. Sate Lilit tidak menggunakan tusuk lidi yang kecil, melainkan menggunakan batang serai yang bikin aromanya makin harum. Pada umumnya, Sate Lilit terbuat dari cincangan daging ikan yang dikombinasikan dengan kelapa parut, dan bumbu rempah lainnya. Tapi belakangan ini, banyak juga yang membuat Sate ini dengan variasi daging ayam atau sapi. Cara penyajiannya juga bukan dengan saus kacang, tapi dihidangkan bersama nasi dan aneka lauk dan sayuran khas Bali.

Sate Lilit di Jakarta:

Babi Guling Ko Made

Jl. Pluit Karang Indah Timur, Blok L 9 Timur No. 23, Pluit, Jakarta. Telp. 0878-7863-9089.

5. Sate Maranggi - Jawa Barat

jenis-sate-indonesia-06

Photo source: @tesaterestaurant

Jawa Barat, tepatnya Purwakarta, juga memiliki jenis Sate Indonesia yang populer di Jakarta, namanya Sate Maranggi. Sate yang terbuat dari daging sapi atau daging kambing ini terasa begitu nikmat dimakan meski tanpa saus pendamping, hanya dengan irisan tomat segar dan bawang merah saja. Ini karena daging yang digunakan telah dimarinasi dulu dengan aneka rempah, sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat setelah dibakar.

Sate Maranggi di Jakarta:

Tesate

Jl. Sam Ratulangi, No. 39, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 31931250.

6. Sate Padang – Padang

jenis-sate-indonesia-07

Photo source: @the.lucky.belly

Sebenarnya ada 3 jenis Sate Padang yang ada di Sumatera Barat, yaitu Sate Padang, sate Padang Panjang, dan Sate Padang Pariaman. Ketiganya sama-sama menggunakan daging, lidah sapi, dan jeroan sebagai bahan utamanya. Yang membedakan 3 jenis Sate Indonesia ini adalah kuahnya. Sate Padang Panjang memiliki kuah saus berwarna kuning cerah. Sedangkan, kuah Sate Padang Pariaman berwarna kemerahan. Dan Sate Padang merupakan kombinasi keduanya, sehingga kuahnya berwarna kecokelatan. Perlu diketahui, kuah yang digunakan untuk jenis Sate ini bukan terbuat dari kacang, merupakan campuran rempah-rempah yang dijadikan satu dengan air kaldu.

Sate Padang di Jakarta:

Sate Padang Ajo Ramon

Jl. Cikajang Raya No. 72, Senopati, Jakarta. Telp. 0819-3299-3653.

7. Sate Blora – Blora

jenis-sate-indonesia-08

Photo source: @alvinsalim

Sama seperti Sate Madura, Sate Blora juga terbuat dari daging ayam. Perbedaannya terletak pada bumbunya. Jenis Sate Indonesia ini tidak hanya menggunakan bumbu kacang yang sangat lembut, tapi disajikan lengkap dengan kuah opor berwarna kuning yang terasa sekali gurih santannya. Selain itu, sebelum dibakar, daging ayam yang digunakan juga sudah dimarinasi terlebih dahulu dengan campuran bawang putih, gula merah, dan ketumbar. Terbayang kan kayanya cita rasa yang akan kamu nikmati saat menyantap sepiring Sate Blora?

Sate Blora di Jakarta:

Sate Blora Cirebon

Jl. Balai Pustaka Baru No. 3, Rawamangun, Jakarta. Telp. (021) 47862720.

Banyak sekali ya jenis Sate Indonesia yang bisa kita temukan di Jakarta? Kalau masih ada jenis sate lain yang belum kita bahas, kamu bisa kasih ulasannya di Nibble. Pakai Nibble juga kalau kamu mau berburu Sate terbaik di Jakarta. Buat yang belum tahu tentang Nibble, bisa klik di sini!

Cover photo source: @paulustjia

Related Articles

Connect with Nibble