Foodies Guide To F&B Industry

7 Makanan Bangka di Jakarta yang Paling Menggiurkan

December 14, 20165 min readFoodie Trends

Kalau ngomongin makanan Bangka di Jakarta, yang terlintas di pikiran kamu nomor satu udah pasti Mie Bangka yang terkenal itu kan? Padahal aneka sajian khas Bangka yang lain itu nggak kalah menggiurkan lho, meski nggak seterkenal Mie nya. Buat kamu yang orang Bangka pasti jago banget deh buat nge-list restoran Bangka paling enak di Jakarta. Nah, buat yang nggak tahu harus cari makanan Bangka di mana, kita udah siapin list nya nih buat kamu. Datengin yuk biar ilmu kekulineran kamu makin bertambah luas!

1. Kampoeng Bangka

makanan-bangka-jakarta-02

Photo source: @kampoeng_bangka

Kampoeng Bangka itu ibaratnya surga makanan Bangka di Jakarta. Begitu masuk restoran ini, kamu akan disambut dengan atmosfer melayu yang terasa banget. Setiap foto makanan yang dipajang di setiap sudut restoran ini dijamin bakal membuatmu ngiler. Yang paling recommended di Kampoeng Bangka adalah Ekor Ikan Tenggiri Bakar yang disajikan lengkap dengan Sambal Belacan. Sambalnya sendiri dibuat dari perpaduan ikan tenggiri besar yang dicincang tipis, bumbu-bumbu lain, dan minyak sayur. Rasanya sedap banget dan banyak yang bilang kalau ini salah satu menu Ikan Tenggiri terenak di Jakarta. Kabarnya sih Tenggirinya itu juga didatengin dari Bangka lho. Itulah kenapa ikan ini begitu lembut saat diolah, beda dengan Tenggiri dari daerah lain.

Lokasi:

Kampoeng Bangka

Jl. Panglima Polim Raya No. 102, Melawai, Jakarta. Telp. (021) 7592344.

2. BANG! Martabak

makanan-bangka-jakarta-03

Photo source: Foody

Pulau Bangka juga terkenal dengan Martabak Bangkanya. Yang bikin beda dari yang lain, Martabak Bangka itu adonannya tebal, lebih berpori, dan berserat. Di Jakarta nggak susah kok cari Martabak Bangka yang menggiurkan. Salah satu tempatnya ya di BANG! Martabak yang gerainya sudah mencapai belasan. Makanan Bangka di Jakarta ini memang ditawarkan dalam versi yang lebih modern, dengan topping kekinian. Tapi mereka tidak meninggalkan cita rasanya yang khas. Jadi meski kamu cuma memesan topping coklat keju, rasanya tetap enak dan juara.

Lokasi:

BANG! Martabak

- Jl. Panglima Polim No. 102, Melawai, Jakarta. Telp. 0812-1006-1414.

- Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta.

- Kalibata City Square, Tower C, Jl. Kalibata Raya No. 1, Kalibata, Jakarta.

3. Cufungmoi Songsui Hok Lopan

makanan-bangka-jakarta-04

Photo source: thehungrydoctor

Mungkin tidak banyak orang yang familiar dengan makanan Bangka di Jakarta yang satu ini. Tapi kalau kamu mampir ke sini pasti takjub deh karena banyak yang rela antri buat cobain Cufungmoi dan Songsui di restoran yang tempatnya sederhana ini. Buat yang belum tau, Cufungmoi itu Bubur khas Bangka yang berisi daging serta jeroan babi. Sedangkan Songsui adalah kuah jeroan babi dan menu ini yang paling banyak dicari. Tau sendiri dong, jeroan itu rasanya kayak apa, gurih banget! Dan jeroan yang disajikan di sini tidak berbau sama sekali. Kamu bisa mengisi Song Sui ini dengan daging atau jeroan. Kuah kaldunya sedap sekali dan paling nikmat kalau ada tambahan telur setengah matang dan kulit babi. Wah, pork lovers sih pasti puas banget kalau ke sini!

Lokasi:

Cufungmoi Songsui Hok Lopan

Jl. Hadiah Ujung No. 10, Jelambar, Jakarta.

4. Bakmi Wewe

makanan-bangka-jakarta-05

Photo source: @amyphile

Ini dia destinasi wajib buat yang mau kulineran Bakmi Bangka di Jakarta, Bakmi Wewe. Buat yang porsi makanannya besar, ada ukuran jumbo yang bisa dipilih. Bahkan menurut beberapa orang, porsi standarnya aja sudah banyak sekali isinya. Bakminya enak sekali, teksturnya keriting dan kenyal. Makanan Bangka di Jakarta ini makin terasa nendang karena ada topping babi merah, dan taoge sebagai pelengkapnya. Bakso Gorengnya juga wajib dicobain, rasanya nomor satu!

Lokasi:

Bakmi Wewe

Jl. KH Zainul Arifin No. 43B, Gajah Mada, Jakarta. Telp. (021) 6322825.

5. Otak Otak Belijong

makanan-bangka-jakarta-06

Photo source: foodtofoodie

Sekali-kali nikmati ragam makanan Bangka di Jakarta yang lain yuk selain Bakmi. Di Otak Otak Belijong ini, kamu bisa menemukan menu Otak-Otak Belitung yang rasanya superb abis dan menggiurkan! Kamu juga bisa cicipin Pempek Bangka yang direbus dan dikasih sambal merah. Buat yang nggak bisa lepas dari mie, tenang, restoran ini punya mie unik yang terbuat dari ikan lho. Toppingnya pun juga daging ikan. Tapi karena nggak ada bau amisnya sama sekali, kamu mungkin nggak akan sadar kalau tumpukan daging cincang di atas mie mu itu adalah ikan. Rasanya unik dan enak banget, mienya itu kecil dan bulat, apalagi ada bumbu kecap ikan yang bikin wanginya makin menambah nafsu makan.

Lokasi:

Otak Otak Belijong

Ruko Sunter Paradise, Blok R No. 32, Jl. Danau Sunter Utara, Sunter, Jakarta. Telp. (021) 6404483.

6. Milan

makanan-bangka-jakarta-07

Photo source: @michaelblisss

Nama boleh Milan, tapi restoran ini bukan restoran Italia, melainkan pusat jajanan Bangka yang lengkap banget di Jakarta. Makanan Bangka di Jakarta yang rasanya paling pecah di tempat ini adalah Lempah Pari nya. Kuahnya itu pedas-pedas asam, dan ada sentuhan rasa terasi yang bikin menu ini makin beraroma. Ikan yang digunakan pun fresh lho. Setelah kenyang, kamu bisa nge-dessert dengan Serabi Durian yang rasanya nagihin banget.

Lokasi:

Milan

Komplek Green Ville, Blok AW 2, Green Ville, Jakarta.

7. Hosit Hosit

makanan-bangka-jakarta-08

Photo source: @agnesflo.makeupartist

Kata siapa makanan Bangka di Jakarta non halal semua? Di Hosit Hosit, kamu bisa menikmati aneka makanan khas Bangka yang halal. Lengkap banget di sini, mulai dari Pempek Bangka, Thew Fu Kok, Nasi Tim, Bakmi Ayam Bangka, sampai Kerupuk khas Bangka pun juga ada. Menu Bakmi Hosit di sini nggak akan bikin kamu kecewa. Bentuk mie nya kecil, keriting, dan kenyal. Disajikan dengan topping bakso ikan kecil, otak-otak goreng, dan taoge yang fresh sekali. Tumpukan daging ayamnya juga lezat, rasanya manis, dan bumbunya sangat meresap. Cobain juga Uyen alias Bakwan Talas khas Bangka saat mampir ke sini. Bagian luarnya renyah, tapi dalamnya lembut.

Lokasi:

Hosit Hosit

Ketapang Business Center, Jl. KH Zainul Arifin, Gajah Mada, Jakarta. Telp. (021) 6312021.

Jadi makin penasaran kan buat nyobain makanan Bangka di Jakarta satu-satu? Nggak usah ragu datengin restoran di atas karena semua makanannya autentik dan pastinya menggiurkan. Kalau ada restoran Bangka di Jakarta yang ketinggalan belum kita bahas, yuk kasih reviewnya di Nibble. Buat yang belum tahu Nibble, bisa klik di sini!

Cover photo source: @geoffereyh

Related Articles

Connect with Nibble