Foodies Guide To F&B Industry

7 Makanan Jepang untuk Gaya Hidup Sehat

July 5, 20197 min readHealthy Foodie

Reputasi makanan tradisional Jepang sebagai salah satu makanan tersehat di dunia memang tak terbantahkan. Kalian bisa melihatnya dari fakta di mana Jepang memiliki tingkat obesitas yang sangat rendah.

Menurut WHO, Jepang menduduki peringkat pertama di mana penduduk Jepang dikenal memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan dengan negara lain. Rahasianya ternyata terletak pada makanan yang mereka konsumsi.

Makanan tradisional Jepang umumnya kaya akan nutrisi. Didominasi oleh ikan, sayuran, makanan fermentasi, serta porsi nasi yang sedikit. Tak banyak makanan yang dibuat melalui processed foods dan sedikit yang mengandung gula berlebih. Jadi tak heran kalau makanan Jepang terkenal bernutrisi dan rendah kalori.

Yuk cari tahu makanan Jepang apa saja yang terkenal sehat dan berefek positif pada gaya hidup sehat. Lalu apa saja makanan sehat Jepang yang bisa kita temukan di sini, berikut ini pilihannya!

1. Sushi dan Sashimi

 02 - @kintarosushijkt

Photo source: @kintarosushijkt

Ada penyuka sushi dan sashimi? Teruskan kebiasaanmu menyantap kedua makanan ini. Badan kesehatan dunia (WHO) menyarankan konsumsi 1-2 porsi ikan yang mengandung asam lemak tinggi.

Dalam kasus ini, salmon dan tuna bisa menjadi pilihan karena mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi. Kedua, ikan tentu paling enak dimakan dalam bentuk sushi dan sashimi, bukan?

Tambahan pada sushi seperti timun atau alpukat juga ikut menyumbangkan nutrisi yang baik untuk tubuh. Seperti yang kita tahu, timun merupakan sumber serat yang baik, sedangkan alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E yang berlimpah.

Selain itu, rumput laut dalam bentuk nori yang biasanya digunakan untuk membungkus sushi juga tak kalah sehat. Rumput laut memiliki kandungan serat yang tinggi serta menjadi sumber mineral, seperti iodine, zat besi, dan vitamin B12.

Tapi ingat, saat menyantap sushi dan sashimi sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan soy sauce yang bisa membuat asupan garam harian kamu jadi berlebih.

Bicara tentang sushi dan sashimi yang enak di Jakarta, kalian bisa mempercayakannya pada Kintaro Sushi. Begitu banyak pilihan sushi dan sashimi yang terdapat di restoran ini. Penyajiannya pun sangat menarik dengan menggunakan sushi stairs yang luar biasa fotogenik.

Lokasi:

Kintaro Sushi

Jl. Suryo No. 20, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 22773338.

 

2. Miso Soup

03 - Delish

Photo source: Delish

Hidangan sederhana yang selalu menjadi pelengkap menu makanan utama ini ternyata memiliki nilai kesehatan yang besar. Miso soup terbuat dari pasta kacang kedelai yang difermentasi. Kandungan bakteri, enzim, antioksidan, vitamin, dan mineral di dalamnya sangatlah penting untuk tubuh.

Para ahli nutrisi dunia juga setuju kalau miso soup berperan untuk meningkatkan imunitas, memperkuat pencernaan, menurunkan kolesterol, membuat ingatan lebih kuat, menurunkan stress, dan bisa mengencangkan kulit juga.

Hampir semua restoran Jepang di Jakarta menyediakan menu yang satu ini. Namun, jika kalian sedang ngidam menu daging bakaran khas Jepang dan juga ingin memberikan nutrisi lebih buat tubuh lewat semangkok miso soup, kalian bisa langsung ke WAKI Japanese BBQ Dining.

Tidak akan ada sesal setelah makan di sini karena kualitas dagingnya premium semua. Miso soup yang ditawarkan juga menggugah selera karena rasanya pas dan penuh dengan sayuran.

Lokasi:

WAKI Japanese BBQ Dining

Lantai 1, Jl. Tanjung Karang No. 5, Thamrin, Jakarta. Telp. 0812-9010-9624.

 

3. Teh Hijau

04 - Pexels

Photo source: Pexels

Teh hijau atau green tea merupakan salah satu minuman khas Jepang yang memiliki sejuta manfaat bagai tubuh. Jika biasanya kita sering merasa susah tidur dan gelisah saat mengonsumsi kafein dalam teh, teh hijau memberikan efek yang berbeda. Kita bisa tetap terjaga tanpa merasa gelisah. Ini karena dalam daun teh terkandung asam amino unik yang disebut theanine.

Theanine membantu kita untuk merasa lebih tenang, tetap fokus, dan mengurangi efek kafein pada teh. Selain itu, banyak juga manfaat kesehatan yang bisa terasa dari secangkir teh hijau, mulai dari membuat jantung lebih sehat dan mengandung vitamin C, E, kalium, mangan, dan kalsium yang tinggi.

Untuk efek yang lebih sehat, kalian bisa memilih matcha yang terbukti memiliki kandungan antioksidan 10x lebih banyak daripada teh hijau yang dibuat dari daun teh yang diseduh.

Jika ingin mencobanya, kamu bisa menikmati secangkir teh hijau berkualitas di Okuzono. Terdapat beberapa pilihan Japanese tea yang bisa dicoba, seperti Houjicha, Sencha, Genmaicha, dan Geisha Blossom.

Lokasi:

Okuzono

Jl. Suryo No. 1, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 27933565.

 

4. Natto

05 - One Green Planet

Photo source: One Green Planet

Natto mungkin bukan makanan Jepang kesukaan orang Indonesia. Aroma natto yang menyengat dan tidak sedap membuat banyak orang ingin menjauhinya. Tapi siapa sangka, natto mengandung enzim yang sangat bagus untuk kesehatan jantung, serta vitamin K1 dan K2 yang bagus untuk proses pembekuan darah.

Untuk yang belum tahu, natto terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi menggunakan bakteri. Proses fermentasi tak hanya membuat kacang kedelai menjadi tahan lama, tetapi juga menghasilkan tekstur yang lengket dan aroma yang earthy. Biasanya menu ini disajikan sebagai menu sarapan di Jepang.

Salah satu restoran yang menyajikan natto di Jakarta adalah Tamba yang berlokasi di Melawai. Rasa natto di sini cukup enak, apalagi saat disantap sebagai pendamping menu lunch set Tamba yang terkenal enak dan lengkap.

Lokasi:

Tamba

Jl. Melawai 8 No. 4, Melawai, Jakarta. Telp. (021) 72798463.

 

5. Konnyaku

06 - The Japan Times

Photo source: The Japan Times

Sekilas, konnyaku terlihat sangat tidak menarik karena warnanya yang gelap dan keabu-abuan. Teksturnya kenyal seperti jelly dan karakter rasanya tidak terlalu menonjol. Konnyaku dibuat dari sejenis ubi dan biasanya disajikan bersama menu rebusan atau hot pots karena rasanya sangat lembut.

Dikenal sebagai “pembersih lambung”, konnyaku mengandung 10% serat yang tak dapat dicerna. Konnyaku juga tidak memiliki kalori sehingga sering dijadikan makanan alternatif untuk diet. Kandungan mineral, seperti zat besi, kalsium, fosfor, selenium, dan potasium sudah terbukti bisa menormalkan kadar kolesterol dan gula darah sehingga bisa mencegah tekanan darah tinggi dalam tubuh.

Tak banyak restoran Jepang yang menyajikan konnyaku sebagai hidangan, tapi kalian bisa menemukannya di Sushi Matsu. Pesanlah Salmon Misoshiru saat ke restoran ini. Menu ini disajikan dalam sejenis pot, sehingga bisa dijadikan menu sharing untuk 3-4 orang. Di dalamnya terdapat salmon, wakame, jamur, dan mie konnyaku. Rasanya pas di lidah dan pastinya cocok untuk kalian yang sedang diet.

Lokasi:

Sushi Matsu

Jl. Suryo No. 2, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 3147587.

 

6. Wakame Salad

07 - @w_abdlh

Photo source: @w_abdlh

Sajian salad biasanya identik dengan berbagai macam sayuran atau buah yang disiram dengan saus demi cita rasa yang maksimal. Lain lagi dengan di Jepang, mereka memiliki jenis salad yang cukup berbeda, yaitu wakame salad.

Salad yang satu ini terdiri dari rumput laun sebagai bahan utamanya. Biarpun tidak memiliki kalori, rumput laut sarat nutrisi.

Meski kalian hanya mengonsumsinya dalam jumlah sedikit, kandungan gizi di dalamnya mampu memenuhi asupan iodine, mangan, folat, magneisum, dan kalsium yang dibutuhkan dalam satu hari.

Rumput laut juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi, risiko penyakit jantung, dan juga menurunkan berat badan.

Tak sulit menemukan wakame salad di Jakarta. Tapi kalau mau yang terbaik, kalian bisa meluncur ke Sushi Masa yang berada di kawasan Pluit. Wakame salad di sini disajikan dengan sauce dressing yang rasanya sedap sekali.

Lokasi:

Sushi Masa

Jl. Tuna Raya No. 5, Pluit, Jakarta. Telp. (021) 29263561.

 

7. Agedashi Tofu

08 - @chefsophresh

Photo source: @chefsophresh

Tak hanya di Indonesia, Tofu alias tahu juga menjadi salah satu makanan yang cukup diminati di Jepang. Makanan yang satu ini sangat menyehatkan tubuh, bahkan sering digunakan oleh biksu Buddha sebagai makanan terbaik bagi para vegan sejak ratusan tahun yang lalu.

Tofu dianggap sehat karena sangat mudah dicerna oleh saluran pencernaan kita. Berat badan pun bisa menurun karena tofu rendah kalori, tapi kaya nutrisi. Selain itu, protein yang terkandung di dalamnya dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh.

Salah satu olahan tofu paling terkenal di Jepang adalah Agedashi Tofu. Menu ini bisa kamu nikmati di Kimukatsu yang terkenal dengan katsunya. Agedashi Tofu terbuat dari tahu yang digoreng secara deep fried dan disajikan dalam keadaan panas. Konon katanya, menu ini paling enak dimakan saat musim dingin.

Lokasi:

Kimukatsu

Kota Kasablanka, Lantai Upper Ground, Food Society, Jl. Casablanca Raya, Tebet, Jakarta. Telp. (021) 29465387

Banyak sekali ya makanan sehat khas Jepang yang bermanfaat untuk tubuh? Kira-kira, menu apa nih yang menjadi favorit kalian untuk mempertahankan gaya hidup sehat?

Cover photo: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble