Foodies Guide To F&B Industry

7 Makanan Kaki Lima Paling Enak dan Terfavorit di Jakarta

October 25, 20165 min readFoodie Trends

Kata siapa makanan di restoran yang mahal itu selalu enak? Nggak mesti lho! Justru paling sering, kita nemuin yang enak-enak itu dijual di kaki lima pinggir jalan. Meski tempatnya nggak nyaman, tapi kalau rasanya enak, pasti nggak akan masalah dong buat pecinta kuliner sejati? Nah, berhubung makanan kaki lima di Jakarta itu ada banyak banget, kita udah kumpulin 7 tempat paling terfavorit dan terkenal enak nih. Cek yuk di mana aja!

1. Ketoprak Ciragil

Photo source: @thefoodxplorer

Ini nih ketoprak paling legendaris se-Jakarta. Tempatnya sederhana banget, ada di tenda kaki lima, tapi yang dateng selalu rame. Ketopraknya sudah terbukti enak, bumbu kacangnya tuh lembut. Rasa lontongnya juga beda dari yang lain. Yang bikin ini makin spesial, ada tambahan telor dadar atau telor ceplok di atasnya! Di tempat makan kaki lima ini nggak cuma jualan ketoprak aja lho, ada Siomay, Bakso, dan Es Podeng yang TOP abis rasanya.

Lokasi:

Ketoprak Ciragil

Jl. Ciragil II, Blok Q No. 24, Senopati, Jakarta. Telp. 0858-6515-6117.

2. Sate Padang Ajo Ramon

Photo source: @rezaramadan14

Satu-satunya menu yang dijual di tempat makan kaki lima ini cuma Sate Padang. Tapi kamu bisa pilih, ada Sate Lidah, Sate Daging, Sate Usus, Sate Jantung, atau campur. Yang jelas Sate Padang Ajo Ramon nggak terkontrol banget deh enaknya. Mau pilih daging atau lidah, semuanya empuk dan bumbunya berasa banget sampe dalem. Kuahnya melimpah, kental, dan GURIH! Kalau satenya udah abis, bisa dicocol pake kerupuk kulit yang nikmatnya tiada tara. Kamu nggak akan bisa berhenti makan deh sampai kuahnya habis!

Lokasi:

Sate Padang Ajo Ramon

- Golden Truly Mall, Lantai 1, Food Court, Jl. Gunung Sahari No. 59, Gunung Sahari, Jakarta. Telp. 0813-1433-6666.

- Jl. Cikajang Raya No. 72, Senopati, Jakarta. Telp. 0819-3299-3653.

- Jl. Pejaten Raya No. 12A, Pasar Minggu, Jakarta.

3. Bubur Ayam BCA Kelapa Gading

Photo source: @ericekos

Berbahagialah kamu yang tinggal di Kelapa Gading karena kamu bisa menikmati Bubur Ayam paling enak sejagad raya ini tiap sore. Lokasinya ada di seberang Al Azhar Kelapa Gading. Bukanya hanya hanya dari jam 4 sore sampe jam 7 malem. Tapi kalau lagi rame, jam 6 aja udah abis. Wajar sih, Bubur Ayam ini enaknya emang kebangetan. Bubur beserta toppingnya itu membumbung tinggi sampe mau ngaduk aja tuh tumpah-tumpah. Meski porsinya banyak, harganya murah meriah, khas makanan kaki lima, cuma 12 ribu saja! Bubur yang satu ini menggunakan kuah kuning ala Bubur Cirebon. Legit banget rasanya. Kamu juga bisa tambah sate telur puyuh atau sate usus yang nggak kalah enaknya.

Lokasi:

Bubur Ayam  BCA Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur, Kelapa Gading, Jakarta.

4. Sate Taichan Bang Ochit Senayan

Photo source: @margaapsari

Sate Taichan emang ada di mana-mana, tapi kalo ditanya mana yang paling enak, Sate Taichan Bang Ochit di Senayan jawabannya. Tempatnya cuma berupa warung tenda kaki lima yang didirikan di jalan Asia Afrika, tapi yang dateng luar biasa ramenya. Antriannya bahkan udah mengular sebelum warungnya buka lho. Sama seperti Sate Taichan pada umumnya, satenya ini berwarna putih, bukan coklat seperti Sate biasa. Yang bikin beda lagi, bumbunya tidak menggunakan bumbu kacang, melainkan menggunakan sambal dan jeruk nipis yang pedasnya minta ampun. Jadi ati-ati ya buat yang nggak suka makanan pedas. Biar nggak terlalu pedas, kamu bisa menyantap Sate Taichan ini dengan lontong. Lumayan kan bisa bikin kenyang juga.

Lokasi:

Sate Taichan Bang Ochit Senayan

Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta. Telp. 0878-8444-4528.

5. Nasi Goreng Kebuli Apjay

Photo source: @samuel_samzs

Nasi Goreng aja udah enak, gimana Nasi Goreng Kebuli yang penuh dengan rempah? Pastinya makin ENAK. Nggak masalah deh antri lama karena begitu sepiring Nasi Goreng Kebuli Apjay dihidangkan di depanmu, aromanya yang menyeruak ke hidung akan bikin kamu super bahagia. Rempahnya tuh berasa banget, kalau pesan dengan daging kambing nggak usah khawatir sama baunya. Nggak ada bau prengus sama sekali, yang ada cuma bau wangi rempah yang menggoda iman. Pedasnya pun pas dan dagingnya pun nggak pelit. Tambahan acar dan emping bikin makanan kaki lima ini makin nendang.

Lokasi:

Nasi Goreng Kebuli Apjay

Jl. Panglima Polim 9, Melawai, Jakarta.

6. Seafood 68 Santa

Photo source: @baguscakti

Makan seafood enak itu nggak harus mahal. Kamu bisa buktiin dengan datang ke Seafood Santa 68 di Senopati ini. Meski cuma warung tenda kaki lima, semua makanan yang ada di restoran seafood ini enak semua! Punya cita rasa yang juara bikin banyak orang rela antri lama di sini. Kepiting Saus Padangnya wajib dipesan. Harganya murah dan isinya seabrek lho. Bumbu saus padangnya pun terasa sampai ke dalam daging kepiting. Bikin makin kalap deh makannya. Mereka juga punya Ikan Bawal bakar yang jadi menu favorit orang-orang. Daging ikan bakar ini tuh matang sempurna dan sambalnya asli bikin nagih.

Lokasi:

Seafood 68 Santa

Jl. Wolter Monginsidi, Senopati, Jakarta

7. Sop Kaki Kambing Dudung Roxy

Photo source: @filipusverdi

Sesekali menyantap makanan yang penuh kolesterol nggak ada salahnya kok, asal jangan kebanyakan. Nah, kalau mau yang berbau kambing, Sop Kambing Dudung Roxy ini recommended banget. Pada dasarnya sih ini adalah Soto Betawi yang berisi daging, kaki, dan jeroan kambing. Nggak bau sama sekali kok, jadi kamu bisa nyaman memakannya. Kuah santannya itu seperti susu, tidak terlalu kental, dan gurihnya sangat pas. Dulu warung tenda pertamanya berada di Jalan Musi daerah Roxy. Kalau sekarang sih makanan kaki lima ini udah naik level dan sudah merambah ke mall juga lho, mulai dari Plaza Indonesia, Pacific Place SCBD, sampai Mall Kelapa Gading.

Lokasi:

Sop Kaki Kambing Dudung Roxy

- Jl. Biak, Cideng, Gambir, Jakarta Pusat. Telp. 0821-3666-7088

- Jl. Tanjung Duren Barat 1, Tanjung Duren, Jakarta.

Ayo dipilih, makanan kaki lima mana nih yang lagi kamu idam-idamkan banget? Yang jelas, ke-7 makanan di atas itu bukti kalau makanan enak nggak harus mahal. Kamu punya rekomendasi tempat makan kaki lima yang lebih cetar lagi? Share yuk di Nibble! Buat yang belum tau tentang Nibble, bisa klik di sini!

Cover photo source: @gedeinperut

Related Articles

Connect with Nibble