Foodies Guide To F&B Industry

7 Makanan Pontianak di Jakarta yang Harus Dicoba

August 25, 20174 min readTips & Tricks

Makanan Pontianak di Jakarta banyak dipengaruhi oleh kebudayaan Pecinan. Namun rasanya yang melebur dengan cita rasa lokal membuat hidangan khas dari daerah ini tidak mudah dilupakan. Beberapa makanan Pontianak yang terkenal di Jakarta antara lain Bakmi Kepiting, Nasi Campur, hingga Bubur Pedas. Lalu di mana saja kita bisa mencicipi makanan-makanan tersebut? Ini dia list tempat makannya.

1. Bakmi Kepiting Pontianak

makanan-pontianak-di-jakarta-02

Photo source: @enyakbgt

Dengan mie yang sangat lembut dilengkapi berbagai macam topping seperti daging kepiting, bakso ikan, fishcakes, ayam, dan pangsit goreng, tidak heran jika makanan Pontianak di Jakarta ini sangat digemari orang-orang. Harganya tidak terlalu mahal untuk topping melimpah yang mereka berikan. Porsinya bikin kenyang dan kuah kaldunya memaksimalkan cita rasa menu ini.

Lokasi:

Bakmi Kepiting Pontianak

Kota Kasablanka, Lantai 2, Eat & Eat, Jl. Casablanca Raya, Tebet, Jakarta. Telp. (021) 500328.

2. Sallo' Innyan Kopi Pontianak

makanan-pontianak-di-jakarta-03

Photo source: @salloinnyankopi

Di Sallo' Innyan Kopi Pontianak, kamu bisa menyantap makanan Pontianak di Jakarta yang sangat beragam. Salah satu sajian khas yang nggak boleh dilewatkan adalah Kwe Tiaw Rebus. Kwetiau yang chewy berpadu sempurna dengan irisan daging sapi serta kuah kaldu yang nikmat. Bubur Pedas khas Pontianak yang dijual di sini juga harus dipesan. Aroma daun kesum pada menu ini makin menambah selera makanmu.

Lokasi:

Sallo' Innyan Kopi Pontianak

Jl. Tebet Timur Dalam II No. 38C, Tebet, Jakarta. Telp. (021) 83796802.

3. Nasi Campur Akwang Pontianak

makanan-pontianak-di-jakarta-04

Photo source: @tikatann

Nasi Campur asal Pontianak ini terkenal dengan topping daging babinya yang sangat banyak serta siraman saus putih yang kental dan nendang abis. Banyak yang suka dengan hidangan makanan Pontianak di Jakarta ini karena isinya penuh daging, mulai dari daging babi panggang siobak, chasiu, ayam panggang, ayam rebus, lapchiong, tjukiok, dan telur. Jangan lupa menambahkan sambal terasi belacan biar makin mantap.

Lokasi:

Nasi Campur Akwang Pontianak

Jl. Pademangan IV, Gang 22 No. 7, Gunung Sahari, Jakarta. Telp. (021) 64714861.

4. Masakan Pontianak Acin

makanan-pontianak-di-jakarta-05

Photo source: @food.iess

Lagi ngidam makanan Pontianak di Jakarta tapi duit ngepas? Kamu bisa langsung menuju Masakan Pontianak Acin di daerah Sunter. Tempatnya cocok banget buat makan bareng keluarga karena rasa menunya sangat enak dan pas dengan lidah siapapun. Kalau ke sini kamu harus coba Ayam Goreng Mentega khas Pontianak. Cita rasa gurih dan keempukan ayamnya tidak perlu diragukan lagi.

Lokasi:

Masakan Pontianak Acin

TOP Foodcourt, Jl. Danau Agung Tengah 4 No. 2, Sunter, Jakarta. Telp. 0812-2995-9995.

5. Kwetiau Sapi Hayam Wuruk 61

makanan-pontianak-di-jakarta-06

Photo source: @bocahlemak

Bagi kamu yang sering wisata kuliner di Kelapa Gading, pasti familiar dengan Kwetiau Sapi Hayam Wuruk 61 yang outletnya selalu ramai pengunjung. Rasa Kwetiaunya memang sangat memanjakan lidah kalian yang rindu makanan Pontianak di Jakarta. Kwetiau Daging jadi menu paling juara di sini. Daging sapinya sangat empuk, kwetiaunya tidak terlalu lembek, dan berminyak. Yang jelas, porsinya sangat memuaskan.

Lokasi:

Kwetiau Sapi Hayam Wuruk 61

Jl. Boulevard Raya Blok TN2 No. 30, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 4520977.

6. Nasi Campur Alu

makanan-pontianak-di-jakarta-07

Photo source: @bemp777

Nasi Campur selalu enak disantap kapanpun. Apalagi di Nasi Campur Alu, rasanya sangat  menggoyang lidah dengan siraman kuah kental dan topping yang banyak. Kamu hanya perlu mengeluarkan Rp.40.000 untuk menikmati makanan Pontianak di Jakarta ini. Nasi Campurnya disajikan dengan casiew, babi kecap, telur, lapchiong, dan sayur asin.

Lokasi:

Nasi Campur Alu

Jl. Mangga Besar 8 No. 10DD, Mangga Besar, Jakarta. Telp. (021) 6299795.

7. Bakmi Kepiting Ahok 36

makanan-pontianak-di-jakarta-08

Photo source: @dennyzhang82

Tempat makan di Kelapa Gading dan Sawah Besar yang satu ini terkenal dengan Bakmi Kepiting yang rasanya autentik seperti di Pontianak. Pelengkap yang diberikan mendampingi hidangan Bakmi tersebut nggak tanggung-tanggung banyaknya. Kuahnya tasty sekali, aroma garlicnya begitu harum. Tak cukup sampai di situ, ada campuran kulit babi juga yang bikin rasanya makin enak.

Lokasi:

Bakmi Kepiting Ahok 36

Jl. Pangeran Jayakarta No. 34EE, Sawah Besar, Jakarta. Telp. (021) 6289582.

Siap menikmati makanan Pontianak di Jakarta? Setelah mencoba, jangan lupa untuk mengulasnya di Nibble ya. Buat yang belum tahu tentang Nibble, bisa klik di sini.

Cover photo source: @ncek_kuliner

Related Articles

Connect with Nibble