Foodies Guide To F&B Industry

7 Manfaat Minum Kopi Setiap hari Buat Tubuhmu

February 28, 20174 min readTips & Tricks

Dengan semakin banyaknya coffee shop di Jakarta, minum kopi otomatis jadi lifestyle dan kebiasaan yang banyak dilakukan oleh masyarakat Jakarta. Untungnya manfaat minum kopi buat tubuh cukup banyak. Jadi berbahagialah kamu yang selama ini ketagihan ngopi, baik itu black coffee, cappucino, atau coffee cubes. Buat kamu yang masih ragu dengan kebaikan kopi, yuk simak 7 manfaat kopi yang bisa kamu rasakan kalau rutin minum kopi setiap hari!

1. Sumber Antioksidan

manfaat-minum-kopi-02

Photo source: Nibble - capturethefoods

Menurut penelitian yang dilakukan tahun 2005, kopi menjadi sumber antioksidan terbanyak dibanding makanan lainnya. Tubuh juga lebih mudah menyerap antioksidan dari kopi daripada dari buah dan sayuran. Sedangkan antioksidan sendiri terbukti bermanfaat untuk mencegah kanker dan penyakit jantung. Selain itu, ada manfaat minum kopi yang juga tidak kalah hebat, yaitu kandungan nutrisi penting yang bisa kamu dapatkan dalam segelas kopi, seperti vitamin B2, B3, dan B5, mangan, magnesium, dan potasium.

2. Bikin Stress Berkurang

manfaat-minum-kopi-03

Photo source: Nibble - FoodSerenade

Manfaat minum kopi juga akan kamu rasakan saat meminumnya di pagi hari. Hanya dengan mencium aroma kopi saja, kamu akan merasa lebih tenang. Wangi kopi memang bisa mengubah komposisi protein pada otak yang berhubungan dengan stress, khususnya stress yang dihasilkan akibat kamu kurang tidur. Jadi jelas banget kan kenapa kita selalu merasa lebih baik setelah minum kopi di pagi hari daripada minum jus?

3. Mengurangi Risiko Penyakit Parkinson

manfaat-minum-kopi-04

Photo source: Nibble - filipusverdi

Buat yang belum tahu, penyakit parkinson ini adalah degenenerasi sel syaraf yang terjadi secara bertahap di otak bagian tengah yang berfungsi untuk mengatur pergerakan tubuh. Salah satu gejalanya itu tremor atau gemetaran. Kabar baiknya, menurut penelitian ScienceDaily di tahun 2012, orang yang menderita parkinson bisa mendapat manfaat minum kopi yang berhubungan dengan penyakitnya ini. Mereka jadi bisa mengontrol gerakannya. Penelitian juga menjelaskan bahwa ternyata orang yang sering minum kopi juga memiliki kemungkinan 32-60% saja untuk menderita penyakit parkinson.

4. Bagus Buat Liver Kalian Yang Terbiasa Minum Alkohol

manfaat-minum-kopi-05

Photo source: Nibble - imfattytummy

Sudah jadi rahasia umum kalau terlalu banyak minum alkohol dapat memicu sirosis yang merupakan kerusakan hati jangka panjang. Tapi kabar baiknya buat kamu pecandu alkohol yang juga rutin minum kopi setidaknya sehari sekali, kamu memiliki hanya 20% kemungkinan mengidap sirosis ini. Manfaat minum kopi dapat kamu rasakan karena kopi seakan-akan menjadi pelindung dari bahaya sirosis.

5. Bikin Happy

manfaat-minum-kopi-06

Photo source: Nibble - godzillatummy

Kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan level dopamine di otak. Dopamine sendiri disebut sebagai “pleasure chemical”. Jadi tidak heran kenapa kita biasanya akan lebih happy dan tidak terlalu stress saat merasakan manfaat minum kopi. Menurut penelitian yang dilakukan national Institute of Health, orang-orang yang minum kopi 4 gelas atau lebih setiap hari memiliki kemungkinan 10% saja mengidap stress dibanding orang yang tidak pernah minum kopi sama sekali. Jadi kalau ketemu teman yang lagi stress atau banyak pikiran, langsung aja ajakin ngopi di coffee shop Jakarta agar mereka bisa lebih happy!

6. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

manfaat-minum-kopi-07

Photo source: Nibble - stelmaris

Manfaat minum kopi yang satu ini bisa kamu rasakan asalkan kopimu tidak mengandung cream atau gula sama sekali. Kalau kamu rutin menyesap segelas kopi yang isinya penuh cream dan gula, efeknya justru akan lebih buruk dari diabetes tipe 2. Lain halnya bila kamu adalah penggemar Black Coffee. Penelitian dari The American Chemical Society menunjukkan orang yang minum kopi 4 gelas atau lebih setiap hari bisa menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2 sampai 50%.

7. Kopi Bikin Kamu Lebih Pintar

manfaat-minum-kopi-08

Photo source: Nibble - jktdelicacy

Siapa coba yang tidak mau mendapatkan manfaat minum kopi yang ini? Kafein adalah psychoactive stimulant. Saat kamu minum kopi, kafein akan mengalir ke sistem pencernaan, lalu ke aliran darah yang pastinya akan menuju otak. Perjalanan kafein ke otak ini biasanya mencapai 30-45 menit setelah kamu meneguk kopimu. Saat sampai di otak, kafein akan meningkatkan kerja dopamine dan norepinephrine yang nantinya membuat otak bekerja lebih maksimal. Nah, substansi ini akan meningkatkan mood, energi, memori, response time, dan fungsi kognitif tubuhmu secara keseluruhan.

Banyak sekali kan manfaat minum kopi yang akan kamu dapatkan untuk tubuh? Tidak perlu merasa guilty lagi ya buat mampir ke coffee shop setiap hari. Jika ingin mendapatkan referensi kopi terbaik di Jakarta, kamu bisa menemukannya di Nibble. Klik di sini untuk informasi lengkap tentang Nibble.

Cover photo source: Nibble - myfoodiestory

Related Articles

Connect with Nibble