Foodies Guide To F&B Industry

7 Minuman Sehat untuk Hadapi Makanan Berlemak

August 27, 20195 min readHealthy Foodie

Makanan berlemak tinggi memang menjadi musuh dari semua orang. Walau memiliki banyak kebaikan, namun pada dasarnya lemak tetap bagian buruk yang harus dikurangi konsumsinya. 

Beragam penyakit berbahaya bisa bermunculan, mulai dari sakit jantung, hipertensi, diabetes, hingga kanker.

Salah satu cara terbaik yang bisa lakukan untuk melawan lemak adalah dengan mengonsumsi minuman sehat yang sebenarnya bisa dengan mudah kita dapatkan dimana saja. Apa saja minuman sehat tersebut? Temukan dalam artikel berikut!

Teh Hijau

Sejak lama teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman sehat yang cocok untuk dikonsumsi bagi pecinta hidup sehat. Menurut beberapa penelitian disebutkan bahwa ketika kita meminum teh hijau, maka terjadi korelasi yang tinggi dalam tubuh untuk mencegah berbagai macam penyakit.

minuman1

Photo source: Pexels

Teh hijau dikenal memiliki berbagai manfaat bagi tubuh manusia. Mengandung banyak vitamin B, yaitu vitamin B1, B2, niasin, dan asam pantotenat. Semua itu membantu metabolisme karbohidrat, mempromosikan sekresi cairan pencernaan dan melindungi membran mukosa.

Senyawa EGCG (Epigallocatechin gallate) dan kafein dalam kandungan teh hijau juga dikenal bagus untuk memindahkan lemak yang ada di dalam sel lemak. Hal ini diperlukan sebab untuk membakar lemak, hal pertama yang harus terjadi adalah memecah sel lemak sebelum dipindahkan ke aliran darah.

Wedang Jahe

Seringkali kalian temukan di pinggir jalan, ternyata wedang jahe memiliki banyak manfaat lain bagi tubuh manusia selain menghangatkan badan.

minuman2

Photo source: fimela.com

Dalam sebuah kajian yang diterbitkan dalam Annals of New York Academy of Science ditemukan fakta bahwa jahe dan berbagai senyawa yang terkandung di dalamnya memberi efek yang positif mencegah obesitas dan menurunkan kolesterol. Bahkan, jahe bisa mengurangi aterosklerosis, yaitu penumpukkan lemak berbahaya di pembuluh darah arteri.

Konsumsi jahe panas sehabis memakan lemak bisa membuat kalian merasa kenyang lebih lama. Akibatnya, kalian cenderung tidak makan lebih banyak nantinya, karena jahe dapat membantu menekan nafsu makan. Hal ini terjadi karena jahe dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh dan kalori yang dibakar.

Air Putih

minuman3

Photo source: Pexels

Mau bagaimana pun juga, air putih merupakan minuman sehat yang paling tepat untuk dikonsumsi dalam setiap kesempatan. Bahkan, ada anjuran untuk mengonsumsi 2 liter air putih setiap harinya karena pentingnya air putih untuk tubuh manusia.

Salah satu manfaat terbesar air putih bagi tubuh manusia adalah membantu pencernaan. Air putih dipercaya dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh manusia. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Stookey di tahun 2008 yang dilakukan pada wanita gemuk membuktikan bahwa air putih dapat membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, ternyata konsumsi air dingin ternyata lebih baik bagi tubuh manusia. Ini dikarenakan tubuh akan membakar kalori lebih banyak saat kalian meminum air dingin. Tubuh membutuhkan energi tersebut untuk menghangatkan air dingin sampai mencapai suhu tubuh agar bisa diproses oleh tubuh.

Jus Buah

Banyak yang selalu menyebut bahwa buah-buahan merupakan minuman sehat yang memiliki manfaat yang besar dalam mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Baik buah yang manis ataupun asam, semuanya memiliki manfaat masing-masing dam membakar lemak.

Jika kalian tidak terlalu menyukai buah-buahan yang memiliki rasa asam, kalian bisa mengonsumsinya dalam bentuk cair. Tambahan air akan membuat rasa asam lebih netral dan mudah ditelan.

minuman4

Photo source: takefon.com

Buah-buah yang disarankan untuk dikonsumsi setelah memakan makanan berlemak adalah buah yang kaya akan flavonoid yang disebut antosianin. Senyawa inilah yang memberi warna ungu atau merah untuk buah, dan sifatnya meniadakan lemak. Buah-buahan yang memiliki senyawa ini diantaranya adalah buah naga, anggur, dan apel.

Jika kalian ingin mencoba aneka jus buah yang segar dan tentunya sangat bermanfaat untuk dikonsumsi, kalian bisa mendapatkannya di tempat-tempat ini.

Es Jeruk

Setelah kalian mengonsumsi makanan tinggi lemak, seperti daging bebek atau kambing, biasanya banyak orang akan memberikan saran untuk meminum es jeruk. Ternyata, saran ini benar adanya.

minuman5

Photo source:id.tastemade.com

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh American Collage of Nutrition pada tahun 2005 ditemukan fakta bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak vitamin C cenderung memiliki postur tubuh yang langsing. 

Hal ini dikarenakan banyak mengonsumsi makanan atau buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi dapat menyingkirkan lemak pada tubuh. Tercatat, orang yang cukup mengonsumsi vitamin C membakar lemak 30 persen lebih banyak saat melakukan olahraga intensitas tinggi.

Jus Timun Tomat

minuman6

Photo source: elimparcial.com

Jika selama ini timun hanya dikenal bagus untuk masker wajah, ternyata ada manfaat lain dari timun yang jarang diketahui. Timun mengandung 95% air dan 5% serat sehingga dapat membantu membersihkan racun di pencernaan dan tubuh.

Sedangkan untuk tomat, dalam 1 buah tomat tersedia 40% vitamin C yang dibutuhkan tubuh manusia setiap harinya. Buah tomat adalah buah yang tergolong memiliki kandungan gula yang rendah. 

Menggabungkan timun dan tomat menjadi 1 minuman sehat merupakan sebuah ide yang bagus. Campuran kedua buah ini bisa menetralisir racun lemak dalam tubuh kalian, menambah nutrisi vitamin A, dan memasok asupan air dalam tubuh.

Yoghurt

Sempat booming di awal tahun 2010-an, yoghurt dikenal sebagai salah satu minuman sehat yang dapat membantu tubuh manusia membakar lemak.

minuman7

Photo source: Pixabay

Yoghurt bisa memengaruhi bakteri baik dalam usus atau dengan komposisi nutrisinya, terutama ketika menyangkut varietas protein tinggi seperti yoghurt Greek. Itu karena tubuh menggunakan lebih banyak energi untuk mencerna protein daripada memecah karbohidrat dan lemak. Akibatnya, seseorang memproses lebih sedikit kalori yang dimakan.

Dalam sebuah penelitian diketahui bahwa kalsium, terutama yang berasal dari kalsium produk susu rendah lemak, dapat memperlambat proses terjadinya lemak tubuh. Selain itu, yoghurt bukan saja membantu menghilangkan lemak perut sehingga menurunkan berat badan, tapi yoghurt juga menjaga berat otot dua kali lipat lebih efektif.

Itu dia 7 minuman sehat yang wajib kalian minum untuk menanggulangi lemak jenuh yang ada di dalam tubuh. Mana nih yang paling menarik perhatian kalian?

Cover photo: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble