Foodies Guide To F&B Industry

7 Nasi Kebuli di Jakarta Khas Timur Tengah yang Kaya Rasa

June 28, 20184 min readTips & Tricks

Sepintas, penampilan Nasi Kebuli di Jakarta mirip dengan Nasi Goreng. Tapi saat dicicipi Nasi Kebuli jauh lebih kaya rasa. Ini dikarenakan nasi ini dimasak dengan kaldu daging kambing, minyak samin, dan berbagai rempah-rempah yang membuat aromanya tak tertandingi. Di Jakarta, ada banyak spot buat hunting Nasi Kebuli enak. Penasaran di mana saja? Mari ikuti guide berikut ini.

1. Abu Lahap

nasi-kebuli-di-jakarta-02

Photo source: @buncitfoodies

Melihat foto Nasi Kebuli di Jakarta buatan Abu Lahap memang paling bikin ngiler. Porsinya yang besar, rasa Nasi Kebuli yang pas, serta topping daging yang berlimpah memang tidak bikin kecewa. Daging Dabba alias daging kambing yang diolah dengan rempah khas Timur Tengah di menu ini bukan main enaknya. Tak perlu dipertanyakan lagi, dagingnya sungguh kaya rasa, tidak berbau, dan super empuk. Di sini kamu juga wajib mencicipi Nasi Goreng Gulai yang tak kalah harum dan lezat dari Nasi Kebuli.

Lokasi:

Abu Lahap

Jl. Benda No. 14, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 22785741.

2. Nasi Goreng Kebuli Apjay

nasi-kebuli-di-jakarta-03

Photo source: @bubueataway

Membicarakan Nasi Kebuli di Jakarta tidak akan lengkap tanpa membahas Nasi Goreng Kebuli Apjay yang lokasinya berada di Dharmawangsa. Tempat ini sangat recommended untuk mencicipi Nasi Kebuli enak. Harganya murah, sekitar Rp28.000 untuk satu porsi. Sensasi spicy dan herbs pada Nasi Goreng Kebuli di sini sangat mencolok dan bikin nagih. Tak heran kalau antriannya makin menggila saat malam tiba.

Lokasi:

Nasi Goreng Kebuli Apjay

Jl. Panglima Polim 9, Dharmawangsa, Jakarta. Telp. 0812-8359-996.

3. Kebuli Om Sas

nasi-kebuli-di-jakarta-04

Photo source: @ericekos

Buat yang rumahnya di daerah Bintaro atau Cipayung, kamu bisa meluncur ke Kebuli Om Sas saat ngidam Nasi Kebuli di Jakarta. Rasanya surga banget dengan limpahan daging kambing sebagai toppingnya. Nggak perlu khawatir akan bau prengus yang selalu menghantui daging kambing pada umumnya, daging di sini tak berbau dan super empuk. Kalau tidak suka dengan kambing, kamu bisa minta daging sapi untuk pengganti toppingnya.

Lokasi:

Kebuli Om Sas

Jalan Kesehatan Raya Bintaro, Rt 1 Rw 6 No 3.

4. Pondok Nasi Kebuli Ibu Hanna

nasi-kebuli-di-jakarta-05

Photo source: @herlin.lay

Mau makan siang dengan Nasi Kebuli di Jakarta? Kenapa tidak? Kamu bisa mampir ke Pondok Nasi Kebuli Ibu Hanna yang berlokasi di Tebet dan Mampang Prapatan. Kalau makannya rame-rame, kamu bisa pesan Nasi Kebuli Nampan yang isinya super banyak. Nasinya sangat berasa bumbunya, mau pakai topping Ayam atau Kambing, keduanya sama-sama jempolan rasanya, tidak bau, lembut, dan mudah dikunyah. Tongseng di sini juga dijamin enak.

Lokasi:

Pondok Nasi Kebuli Ibu Hanna

Jl. KH Abdullah Syafei No. 31, Tebet, Jakarta. Telp. (021) 92326269.

5. Beets and Bouts

nasi-kebuli-di-jakarta-06

Photo source: Nibble - ellynatjohnardi

Nasi Kebuli di Jakarta yang satu ini jelas berbeda dari Nasi Kebuli lainnya. Banyak yang bilang kalau Nasi Kebuli buatan Beets and Bouts sangatlah sehat. Secara restoran ini memang terkenal punya deretan menu sehat yang berbahan dasar alami, tapi tetap terasa super enak. Begitu pula dengan Kebuli Pod di sini. Yang bikin menu ini unik, nasinya tidak dibuat dari beras basmati, tapi dari brown rice. Nasinya pun tidak dimasak dengan santan, jadi nggak perlu takut kolesterol kalau makan banyak.

Lokasi:

Beets and Bouts

Fairgrounds, SCBD Lot 14, Jl. Jenderal Sudirman, SCBD, Jakarta. Telp. 0812- 80159-339.

6. Nasi Goreng Kebuli Bombom

nasi-kebuli-di-jakarta-07

Photo source: Nibble - maromakan

Buat kamu penggila Nasi Kebuli di Jakarta, restoran di Gandaria ini wajib jadi tempat kesukaan kamu. Nasi Kebuli di sini gurih sekali, rasa bumbu rempahnya cukup dominan. Menu ini tentunya dilengkapi dengan daging kambing yang empuk, tidak terasa bau prengus, dan rasanya sangat melengkapi satu sama lain. Yang paling penting, harganya lebih murah dibanding Nasi Kebuli di restoran lain, sekitar Rp25.000 saja.

Lokasi:

Nasi Goreng Kebuli Bombom

Jl. Gandaria Tengah 1 No. 30, Gandaria, Jakarta. Telp. 0856-9132-5698.

7. Goni Coffee

nasi-kebuli-di-jakarta-08

Photo source: @gonicoffee

Siapa bilang di coffee shop kamu hanya bisa menyantap makanan Western saja? Kalau ke Goni Coffee, kamu akan dimanjakan dengan Nasi Goreng Kebuli di Jakarta bercita rasa luar biasa. Menu ini selalu menjadi best seller karena kenikmatannya. Topping daging yang mereka berikan juga nggak pelit. Ada daging ayam dan daging kambing yang bisa dipilih. Nasi Kebulinya sendiri sangat beraroma, berbumbu dan lezat sekali. Menu ini juga dilengkapi dengan telur, pickles, serta kerupuk.

Lokasi:

Goni Coffee

Jl. Kemang Timur Raya No. 78CD, Kemang, Jakarta. Telp. 0877-7600-1721.

Bagaimana dengan kamu? Apa kamu punya spot Nasi Kebuli di Jakarta terfavorit yang belum masuk di guide ini? Ayo langsung berikan ulasannya di Nibble. Klik di sini untuk info lengkap tentang Nibble.

Cover photo source: @jktfooddestination

Related Articles

Connect with Nibble