Foodies Guide To F&B Industry

Photo by pexels

7 Negara dengan Kebiasaan Makan Paling Unik di Dunia

February 27, 20204 min readInside Stories

Kalau kita bicara tentang kebiasaan makan, setiap orang pasti punya cirinya masing-masing. Biasanya yang membentuk kebiasaan tersebut adalah budaya di negara orang itu tinggal. Misalnya di Indonesia, kamu pasti belum dianggap makan kalau belum makan nasi. Tidak peduli sudah seberapa kenyang kamu setelah menyantap makanan lain, tapi kalau belum makan nasi berarti belum makan. Unik ya? Padahal di negara lain belum tentu begitu. Penasaran nggak sih dengan kebiasaan makan di negara-negara lain? Apa sama uniknya dengan di Indonesia? Tenang, Nibble akan membahas kebiasaan makan di beberapa negara yang bisa bikin kamu tercengang. Simak yuk!

1. Jepang

kebiasaan makan

Photo source: danielfooddairy.com

Biasanya kalau lagi makan, sebisa mungkin kita tidak mengeluarkan suara agar terlihat sopan. Tapi jangan lakukan ini di Jepang, apalagi kalau lagi makan ramen. Sebisa mungkin sedot mie-mu sampai menimbulkan bunyi yang keras, lebih keras lebih baik. Ini dilakukan untuk mengungkapkan rasa enak dari ramen yang kamu makan. Selain itu, jangan pernah menyilangkan sumpit, menjilat sumpit, atau menancapkan sumpit dengan posisi vertikal di mangkuk nasi. Semua hal itu dianggap tabu di Jepang.

2. Thailand

Photo source: pexels

Garpu memang menjadi pasangan yang sempurna untuk sendok ketika menyantap sebuah kuliner. Keduanya memiliki fungsinya masing-masing dan saling melengkapi. Tak cuma sendok, garpu pun sering kali dipakai untuk menyuap makanan ke mulut. Namun, jangan coba menyuap makanan ke mulut menggunakan garpu di Thailand. Kalian pastinya akan langsung dipandang sinis oleh masyarakat sekitar. Ini dikarenakan menyuap makanan dengan garpu di Thailand merupakan tindakan yang tidak sopan.

3. Tiongkok

kebiasaan makan

Photo source: asiaone.com

Saat di Tiongkok, kalau kamu mau bikin orang yang memasak makananmu senang dan merasa dihargai, bersendawalah dengan keras. Tapi kalau sudah selesai makan, jangan tinggalkan piringmu dalam keadaan kosong. Ini dikarenakan artinya kamu tidak diberi cukup makanan oleh tuan rumah. Sebaliknya, sisakan sedikit sisa makanan di piringmu dan sang tuan rumah akan menganggap kamu puas bahkan merasa kelebihan dengan makanan yang disajikan oleh mereka.

4. Prancis

Photo source: huffingtonpost.com

Jangan memakan selada di salad dengan cara menyobeknya karena ini dianggap tidak sopan. Cara memakan selada yang benar adalah dengan melipatnya dan makanlah dengan garpu. Selain itu, peran roti juga sangat penting saat makan di Prancis. Roti disajikan bukan sebagai makanan pembuka, tapi sebagai alat makanmu. Yup, saat makan di Prancis dan kamu tidak menemukan sendok atau pisau, gunakanlah roti sebagai alat bantu mengangkat makanan ke garpu untuk dimakan. Lalu kalau kamu sudah selesai menggunakan roti atau tidak habis saat memakannya, jangan letakkan di piring. Biarkan saja roti tersebut tergeletak di meja atau di tablecloth yang tersedia.

5. Italia

Photo source: cookingclassy.com

Saat makan rame-rame di Italia, kamu harus menunggu pesanan makanan teman-temanmu yang lain datang sebelum memakan makananmu, kecuali kalau makananmu pasta. Kalau pasta, langsung saja makan begitu pesananmu datang. Untuk cheese lover, sepertinya kamu harus menahan diri untuk meminta tambahan keju di pizza-mu karena ini dianggap dosa oleh orang-orang Italia. Terlebih lagi jika kamu memberi tambahan keju di atas seafood.

6. Spanyol

kebiasaan makan

Photo source: puravidaguide.com

Kalau kamu liburan ke Spanyol, kamu harus membiasakan diri dengan jam makan orang Spanyol yang sedikit berbeda dari negara lain. Makan pagi di sana dimulai pukul 10:00-12:00, makan siang pukul 14:00-16:00, dan makan malam pukul 21:00-01:00. Uniknya lagi, sebagian besar restoran di Spanyol hanya buka saat jam makan saja. Ini tentu tidak seperti di Indonesia yang buka sepanjang hari. Jadi jangan lupa siapkan banyak cemilan ya untuk mengisi perut selagi menunggu restoran buka.

7. India

kebiasaan makan

Photo source: honestdocs.id

Jika selama ini kalian berpikir bahwa hanya masyarakat Indonesia yang suka untuk menyantap makanan menggunakan tangan, maka kalian salah. Nyatanya, cara makan yang satu ini juga dilakukan di beberapa negara lain, salah satunya adalah India. Menurut masyarakat India, memakan menggunakan tangan akan membantu dalam menentukan takaran menu dan lauk yang pas.

Namun, tetap saja ada beberapa aturan yang mesti diperhatikan. Jangan pernah makan menggunakan tangan kiri karena hal tersebut dianggap tidak menghormati. Selain itu, jangan sampe jari tangan masuk ke dalam mulut. Gunakanlah jempol untuk mendorong makanan masuk ke dalam mulut.

Unik-unik ya kebiasaan makan di 5 negara di atas? Tapi tahu tidak, ada satu kebiasaan makan yang lagi nge-trend dilakukan serempak di seluruh dunia lho, yaitu memotret makanan sebelum dimakan. Nah, kalau kamu salah satu penganut kebiasaan ini, jangan cuma pamer foto makanan di social media saja dong.

Related Articles

Connect with Nibble