Foodies Guide To F&B Industry

7 Oleh-Oleh khas Daerah Kekinian Buatan Para Artis Indonesia

April 4, 20176 min readTips & Tricks

Kalau traveling ke luar kota, oleh-oleh khas daerah berupa makanan jadi sesuatu yang wajib dibeli dan dibawa pulang ke kota asal. Ini karena kuliner khas kota-kota di Indonesia itu berbeda-beda dan memiliki keunikan sendiri dari kota lainnya. Apalagi kalau kamu pecinta kuliner, pasti makin tertantang untuk mencoba berbagai makanan tradisional kota-kota lain.

Tapi kamu sadar nggak, belakangan ini lagi ngetren banget oleh-oleh khas daerah kekinian yang diciptakan para artis Indonesia. Mereka berkreasi menciptakan makanan jenis baru dan memberi predikat kalau makanan tersebut adalah khas kota tertentu. Meski sebagian besar jenis makanan yang mereka tawarkan sebenarnya tidak khas dan lebih dipengaruhi oleh gaya kuliner luar negeri, rasanya ternyata cukup enak-enak. Jadi wajar sekali kalau antrean panjang sering terlihat di outlet-outlet mereka karena penampilannya memang sangat bikin penasaran.

Sayangnya, oleh-oleh khas kekinian ini tidak dijual online, tentunya dengan tujuan agar makanan tersebut memang “khas”nya kota tertentu dan tidak bisa didapatkan di mana-mana kecuali kota tersebut. Buat yang penasaran dengan jenis oleh-oleh ciptaannya para artis, kita sudah bikin listnya. Kalau suatu saat kamu mengunjungi salah satu dari 7 kota di bawah ini, jangan lupa membeli oleh-oleh yang lagi hits di kota tersebut ya!

1. Lamington Pontianak - Glenn Alienski

oleh-oleh-khas-daerah-02

Photo source: @wijywijaya

Saat berkunjung ke Pontianak, Coklat Wijen, Kue Bingka, dan Lempok menjadi oleh-oleh khas daerah yang wajib dibawa pulang. Tapi kini selain makanan tradisional tersebut, kamu bisa membeli Lamington Pontianak besutan Glenn Alienski. Bisnis oleh-oleh ini mengangkat Lamington cake asal Australia yang dimodifikasi dengan rasa-rasa yang bisa diterima lidah orang Indonesia. Kalau Lamington Cake yang asli menggunakan parutan kelapa untuk menyelimuti bagian luar cake tersebut, Lamington Pontianak hadir dalam aneka rasa. Ada yang Original, Greentea, Keju, bahkan durian. Yang paling recommended adalah Lamington rasa keju. Bentuknya seperti setangkup kue bolu yang dibagian tengahnya ada krim keju super meleleh. Yang bikin makin ketagihan, di bagian luar kue bolu ini diselimuti krim dengan lapisan keju parut super banyak.

Lokasi:

Lamington Pontianak

Jl. Jenderal Ahmad Yani No.116, Bangka Belitung Laut, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Telp. (0561) 8104199.

2. Makassar Baklave - Irfan Hakim

oleh-oleh-khas-daerah-03

Photo source: @munceshadid

Lain lagi di Kota Makassar, ada sajian Baklave yang dibawa oleh Irfan Hakim menjadi oleh-oleh khas daerah ini. Buat yang belum tahu, Baklave ini merupakan makanan ringan asal Turki yang terdiri dari kacang walnut dan pistachio yang dibungkus oleh lapisan pastry yang renyah. Tidak jauh berbeda dari Baklave versi aslinya, Baklave di Makassar juga dijual dengan komponen yang sama. Yang membuatnya berbeda adalah bentuknya yang bulat menyerupai kue tart, ada cotton cake di bawah tumpukan pastrynya, serta varian isi yang sangat beragam. Kamu bisa memilih pisang, coklat, keju, kacang, atau biskui Oreo sebagai isinya. Penggemar cokelat pasti akan tergila-gila dengan Oreo Blast di gerai oleh-oleh ini. Pasalnya, pastry pada cake dengan rasa ini diselimuti topping coklat yang begitu manis dan enak. Bisa jadi alternatif oleh-oleh baru saat kamu mulai bosan dengan jajanan tradisional khas Makassar.

Lokasi:

Makassar Baklave

Jl. Sultan Hasanuddin No. 31, Sawerigading, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Telp. (0411) 3623898.

3. Bandung Makuta - Laudya Cynthia Bella

oleh-oleh-khas-daerah-04

Photo source: @iva_lathifah

Bandung Makuta ini memang baru buka beberapa minggu yang lalu, tapi panjangnya antrean yang penasaran mencicipi oleh-oleh khas daerah yang baru ini sungguh tidak terbendung. Sekarang, kue kreasi Laudya Cynthia Bella ini terdiri dari 5 rasa, yaitu Blueberry, Chocolate, Cheese, X-tra Cheese, Lemon, dan Caramel. Yang rasa Blueberry ngangenin banget. Terdiri dari cotton cake yang lembut pada lapisan bawah, sedangkan atasnya ada layer cream yang pecah banget di mulut. Kue pastry yang mengelilingi lapisan luar cake ini juga bikin rasanya makin mantap.

Lokasi:

Bandung Makuta

Jl. Van Deventer No.2, Kb. Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Telp. 0811-2109-599.

4. Malang Strudel - Teuku Wisnu

oleh-oleh-khas-daerah-05

Photo source: @strudelmalang

Bisa dibilang Malang Strudel adalah pelopor oleh-oleh khas daerah kekinian yang lagi populer banget saat ini. Sudah berdiri sejak tahun 2015, Teuku Wisnu mempersembahkan Strudel sebagai oleh-oleh khas Malang yang wajib dibeli. Kue khas Eropa ini berupa pastry yang di dalamnya diisi aneka buah-buahan. Konsepnya cocok banget dengan Malang karena kota ini terkenal dengan apelnya. Jadi tidak heran mengapa banyak yang cinta dengan rasa Strudel Apel buatan Teuku Wisnu ini. Perpaduan rasa manis, asam, dan segar memang sangat berkesan di lidah dan sulit untuk dilupakan. Selain apel, ada yang isi mangga, taro, kurma, jeruk, nanas, dan masih banyak lagi pilihan rasa yang bisa kamu coba.

Lokasi:

Malang Strudel

Jl. Soekarno Hatta, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Telp. (0341) 480242.

5. Medan Napoleon – Irwansyah

oleh-oleh-khas-daerah-06

Photo source: @melatinvtsr

Kini Medan tidak hanya terkenal dengan Bika Ambon atau Bolu Meranti. Medan Napoleon yang dimiliki oleh Irwansyah ikut meramaikan bisnis kuliner di kota yang penuh dengan makanan enak ini. Oleh-oleh khas daerah yang baru ini berupa cotton cake dengan bentuk persegi panjang. Di dalam cotton cake tersebut ada tumpukan pastry dan di setiap layernya dioleskan selai homemade yang enak banget. Rasanya unik sekali, lembut di luar, tapi renyah di bagian dalam. Medan Napoleon hadir dalam 5 varian rasa, yaitu Banana Crezy, Caramel, Cheese, Green Tea, dan yang paling recommended adalah Durian!

Lokasi:

Medan Napoleon

Jl. Wahid Hasyim No. 46/35, Sei Babura, Medan Baru, Babura, Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara. Telp. (061) 88814431.

6. Jogja Scrummy - Dude Harlino

oleh-oleh-khas-daerah-07

Photo source: @jogjascrummy

Kota Yogyakarta sangat lekat dengan oleh-oleh khas daerah berupa Bakpia Pathok. Tapi kalau ingin mencari oleh-oleh yang beda, kamu bisa mampir ke outlet Jogja Scrummy milik Dude Harlino. Cake yang lagi hits ini memadukan puff pastry dengan brownies kukus sebagai lapisan bawahnya. Di tengahnya ada filling berbagai rasa yang enaknya kebangetan. Mulai dari Keju, Coklat, Srikaya, Caramel, sampai Taro, semua rasa tersebut akan memuaskanmu perutmu!

Lokasi:

Jogja Scrummy

Ruko cakra, JL. Kaliurang KM. 5,5 No. 44, Depok, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Telp. (0274) 2840649.

7. Surabaya Snow Cake - Zaskia Sungkar

oleh-oleh-khas-daerah-08

Photo source: @duniakulinersurabaya

Oleh-oleh khas daerah yang satu ini lagi rame banget jadi perbincangan arek-arek Surabaya. Cake berbentuk persegi panjang ini terdiri dari puff pastry dan bagian tengahnya ada bolu dengan aneka rasa. Mereka menyediakan varian rasa Choco Green Tea, Keju, Choco Banana, Vanila dan Karamel yang dilihat dari penampilannya saja bisa membuat siapapun ngiler. Yang Choco Banana terasa mantap sekali karena ada lapisan coklat di bagian tengah ini yang langsung lumer di mulut!

Lokasi:

Surabaya Snow Cake

Jl. Flores No.15, Ngagel, Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur. Telp. 0822-3339-3455.

Bikin penasaran banget kan oleh-oleh khas daerah yang lagi ngetren banget di 8 kota di atas? Atau hati kamu masih belum bisa move on dari jajanan tradisional yang tak lekang oleh waktu? Bagikan pendapat kamu di kolom komentar yuk! Buat kalian yang kulinerannya nggak mau jauh-jauh dari Jakarta, kamu bisa cek Nibble untuk menemukan makanan terbaik di Jakarta. Klik di sini untuk informasi lengkap tentang Nibble.

Cover photo source: @amandakohar

Related Articles

Connect with Nibble