Foodies Guide To F&B Industry

7 Rahasia Yang Bisa Bikin Kamu Tetap Sehat dan Segar Selama Puasa

June 11, 20164 min readTips & Tricks

 

Photo source: Authority Nutrition

Selama bulan Ramadhan, banyak kebiasaan kita yang berubah. Mulai dari pola tidur, jam makan, dan kebiasaan lainnya. Perubahan ini sedikit banyak mempengaruhi kesehatan kita juga lho. Mangkanya, nggak jarang banyak orang yang terlihat lemas selama bulan puasa. Tapi ada juga yang bisa sukses tetap terlihat segar meskipun sedang berpuasa. Mau tahu rahasianya? Yuk simak 7 tips berikut ini biar kamu bisa tetap sehat dan segar selama puasa.

 

1. Tidur Lebih Cepat

Photo source: NDCN

Kalau kamu punya kebiasaan tidur malam, coba deh ubah kebiasaan ini selama bulan puasa. Tidurlah 1-2 jam lebih cepat dari biasanya agar waktu tidurmu saat malam terpenuhi. Paling tidak, kamu harus tidur 6-8 jam per hari. Soalnya kamu kan harus bangun saat subuh nanti Kalau tidur lebih cepat, kamu masih punya energi tambahan buat melakukan aktivitas di siang hari dan bisa segar saat di kantor.

 

2. Olahraga Ringan

Photo source: Greatist

Kata siapa waktu puasa tidak boleh berolahraga? Justru, olahraga saat puasa itu bisa bikin kamu makin sehat dan segar lho karena sirkulasi oksigen di tubuh tetap lancar. Nggak perlu olahraga berat, jalan kaki di sore atau malam hari bisa membantu jaga stamina lho. Buat yang suka yoga, bisa juga rutin melakukan aktivitas ini setiap hari. Olahraga oke-oke aja dilakukan, yang penting pilih aktivitas yang nggak membuat puasamu semakin berat.

 

3. Minum Air Putih Yang Cukup

Photo source: Henparties

Orang yang berpuasa rentan sekali mengalami dehidrasi. Biar ini nggak terjadi sama kamu, selalu ingat rumus minum ini, 2+4+2. Artinya kamu harus minum 2 gelas air putih saat Maghrib, 4 gelas air putih di malam hari, dan 2 gelas air putih saat sahur. Dengan begitu, kebutuhan air putih mu 8 gelas per hari bisa terpenuhi. Kalau kamu selalu cukup minum air putih, kelembapan kulitmu akan terjaga lho. Itu artinya kamu akan tetap terlihat segar selama puasa.

 

4. Pilih Makanan Bergizi Saat Buka Dan Sahur

Photo source: @keluarmakan

Agar perutmu tidak ‘kaget’, saat Maghrib tiba berbukalah dengan takjil terlebih dahulu. Lalu setelah shalat Maghrib, kamu bisa mengisi perut dengan makanan ringan. Nah, setelah tarawih, baru deh isi dengan makanan berat. Perhatikan juga nutrisi makanan yang kamu pilih ya, terutama saat sahur. Karena itu sangat berpengaruh pada stamina kamu sepanjang hari. Selama puasa, kurangi konsumsi makanan yang digoreng, dan yang punya kandungan lemak serta gula yang tinggi ya.

 

5. Kurangi Teh, Kopi, dan Soda

Photo source: @commongroundsjkt

Alasan pertama kenapa kamu harus mengurangi konsumsi teh, kopi, dan soda karena efek kafein yang terkandung dalam 3 minuman itu bisa membuatmu sulit tidur. Alasan kedua, teh, kopi, dan soda juga bisa meningkatkan pengeluaran air kemih dan berujung pada rasa haus yang akan kamu rasakan sepanjang hari. Jadi, lebih baik mengganti minuman tersebut dengan yang lebih sehat, seperti air putih atau jus buah.

 

6. Banyak Makan Buah Dan Sayur

Photo source: @berrywelljkt

Makanan yang digoreng memang lebih menggiurkan buat jadi teman berbuka, tapi jangan pernah lupa untuk konsumsi buah dan sayur ya. Dengan rutin mengonsumsi makanan sehat tersebut, elektrolit yang hilang dari tubuhmu selama berjam-jam puasa akan terisi kembali. Selain itu, biasanya setelah seharian puasa, kadar gula kamu akan sangat rendah dibanding biasanya. Nah, buah segar bisa jadi sumber paling sehat yang membantu meningkatkan kadar glukosa. Sedangkan sayuran segar bisa bikin pencernaanmu tetap sehat selama puasa.

 

7. Minum Vitamin

Photo source: Cure-Guide

Bila kamu merasa asupan buah dan sayurmu belum cukup, kamu bisa minum suplemen vitamin. Ini jelas bisa menambah stamina kamu sepanjang hari. Tapi ingat, minumlah vitamin sesuai dosis yang dianjurkan dokter ya.

 

Nggak susah kan tips buat tetap sehat dan segar selama puasa yang udah kita jelasin di atas? Nah, kalau urusan cari makanan sehat buat buka puasa, kamu bisa cari di Nibble. Klik di sini yuk untuk informasi lengkap tentang Nibble.

 

 

Related Articles

Connect with Nibble