Foodies Guide To F&B Industry

7 Restoran Chinese Food Halal untuk Bukber

May 15, 20195 min readFoodie Trends

Saat bicara tentang makanan Chinese, kita pasti langsung berpikir tentang unsur tidak halalnya. Padahal kalau nibblers tertarik untuk mengenal lebih jauh ternyata banyak kok Chinese food yang bebas dari kandungan pork atau lard.Lalu untuk ursan makanan halal, nibblers bisa dengan mudahnya menemukan restoran Chinese di Jakarta yang ready dengan kuliner halal dan tentunya cocok untuk jadi lokasi berbuka puasa.

Meski tidak mengandung babi, restoran-restoran Chinese halal ini mampu mengolah hidangan khas mereka tetap terasa lezat. Buat nibblers yang penasaran, langsung aja pilih 7 rekomendasi restoran Chinese halal berikut ini!

1. Singapore Kwetiau Kerang

restoran-chinese-halal-01

Photo source: @kardiovskuliner

Anak Jakarta Utara pasti familiar sekali dengan restoran Chinese yang satu ini. Singapore Kwetiau Kerang merupakan salah satu restoran legendaris yang sudah lama sekali buka di daerah Pluit.

Meski namanya mengandung kata “Kwetiau Kerang”, tidak lantas membuat restoran ini cuma punya kwetiau dan kerang saja. nibblers bisa menemukan berbagai macam Chinese food lainnya di sini.

Menu andalan di sini adalah kwetiau kerang-nya, menu ini sudah menjadi hidangan yang paling diincar para pecinta kuliner sejak lama. Paling asyik adalah soal toppingnya yang berlimpah, seakan restoran ini punya standar sendiri untuk memuaskan pelangganya.

Namun, sebelum masuk ke menu utama, batalkan dulu puasamu dengan memesan Es Campur Solo yang terdiri dari bubur sumsum, ketan hitam, biji salak, tape, cendol, dan gula merah.

Lokasi:

Singapore Kwetiau Kerang

Jl. Pluit Selatan Raya No. 61, Pluit, Jakarta. Telp. (021) 6623232.

2. RM Akoen

restoran-chinese-halal-02

Photo source: @misscarolinebong

RM Akoen juga tak mau kalah menyajikan sederet Chinese food halal yang cocok menjadi hidangan buka puasa. Hampir semua jenis masakan Chinese bisa Nibblers dapatkan di sini, mulai dari aneka bihun, kwetiau, soun, nasi goreng, fuyung hai, cap cay, dan masih banyak lagi.

Bagi para penggemar mie yamin, jangan sampai tidak memesan menu ini di RM Akoen. Mie yamin yang manis dihidangkan dengan bumbu kecap yang dominan dan terasa menyerap sampai ke dalam tekstur mienya. Harganya pun sangat terjangkau, hanya sekitar Rp27.000 saja.

Lokasi:

RM Akoen

Jl. Prof Joko Sutono No. 11A, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 7397439.

3. Claypot Popo

restoran-chinese-halal-03

Photo source: @bubueataway

Jangan heran jika nibblers selalu melihat restoran Chinese ini dalam keadaan ramai. Makanan Chinese yang mereka tawarkan memang sangat lezat. Apalagi jika nibblers memesan claypot misua tahu telur asin.

Menu ini ibaratnya adalah comfort food yang akan membayar tuntas rasa lapar kamu setelah seharian berpuasa. Misua dalam menu ini bertekstur lembut sekali, rasanya makin yummy saat disantap dengan saus telur asin yang gurih, serta tahu goreng yang empuk.

Lokasi:

Claypot Popo

Jl. H. Agus Salim No. 23A, Menteng, Jakarta. Telp. 0859-5993-9889.

4. Sulaiman Resto

restoran-chinese-halal-04

Photo source: @jenzcorner

Jika kebetulan kamu sedang berada di daerah Gajah Mada saat magrib tiba, mampir saja ke Sulaiman Resto. Begitu masuk ke dalam restoran ini, aroma masakan Chinese akan menggoda indera penciumanmu. Tak perlu ragu saat memesan makanan di sini karena sudah dipastikan semuanya halal.

Salah satu menu yang paling juara di sini adalah sate kambing! Eits, jangan salah, ini bukanlah sate kambing yang biasa nibblers temukan di pinggir jalan. sate kambing buatan Sulaiman Resto ini dimasak dengan XinJiang style. Keunikan rasa dan keempukan dagingnya menjadi dua alasan utama kenapa banyak foodies yang suka menu ini.

Lokasi:

Sulaiman Resto

Ketapang Business Center, Jl. KH. Zainul Arifin, Gajah Mada, Jakarta. Telp. (021) 6306022.

5. Bubur Kwang Tung

restoran-chinese-halal-05

Photo source: @the.lucky.belly

Membayangkan berbuka puasa dengan semangkok Bubur Ayam hangat pasti menggiurkan sekali, bukan? Menu Bubur memang sempurna jadi hidangan buka puasa karena dapat membuat perut nyaman. Kalau nibblers sedang mencari tempat makan Bubur yang enak, kamu bisa langsung bertandang di Bubur Kwang Tung.

Kenikmatan Bubur di restoran Chinese ini tidak ada lawannya. Ada berbagai macam topping yang bisa nibblers pilih, seperti daging ayam, sapi, atau seafood. Kerennya lagi, Bubur Kwang Tung buka selama 24 jam penuh. Jadi nibblers bisa menikmati bubur di sini juga sebagai hidangan sahur.

Lokasi:

Bubur Kwang Tung

Jl. Pecenongan No. 67I, Pecenongan, Jakarta. Telp. (021) 3865688.

6. Dimsum 48

restoran-chinese-halal-06

Photo source: @jktfoodseeker

Saat membahas makanan Chinese, tentu tidak akan lengkap jika tidak menyebut Dimsum. Menu Chinese food ini memiliki banyak penggemar karena varian Dimsum ada banyak sekali dan ukuran porsinya pun tidak besar, sehingga nibblers bisa leluasa mencicipi berbagai jenis Dimsum sekaligus.

Kamu bisa mencicipi dimsum halal di Dimsum 48. Beberapa menu yang paling recommended adalah bakpao telur Asin, chicken dumpling, dan rolled pecking Duck. Kalau ingin mencoba sesuatu yang berbeda, pesanlah lobster noodle. Tekstur mie dalam menu ini sedikit berbeda karena terasa kasar dan lebih kenya. Ini karena mienya terbuat dari mie gandum. Topping lobster yang disajikan dalam menu ini pun cukup besar dan rasanya enak sekali.

Lokasi:

Dimsum 48

Pacific Place Mall, Lantai 1, Jl. Jenderal Sudirman, SCBD, Jakarta. Telp. (021) 57973171.

7. Resto Mandala

restoran-chinese-halal-07

Photo source: @khilafmakan

Berlokasi di area surga kuliner Senopati. Resto Mandala siap memanjakan lidah nibblers dengan masakan Chinese klasik yang rasanya pas di lidah orang Indonesia. Dari penampilannya, restoran Chinese ini mungkin terlihat jadul, tapi jangan remehkan rasa dan kualitas makanan yang ditawarkan.

Cobalah ayam nanking dengan harga Rp85.000 yang akan membuat kamu puas dengan porsinya yang besar. Menu ini makin lezat saat disandingkan dengan menu lainnya, seperti cap cay atau sapo tahu seafood.

Lokasi:

Resto Mandala

Jl. Wolter Monginsidi No. 80, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 7398537.

Bagaimana? Apakah nibblers Makin tergiur untuk berbuka puasa di restoran Chinese yang halal? Jika nibblers punya rekomendasi restoran yang tak kalah enak, yuk beri ulasannya di kolom komentar!

Related Articles

Connect with Nibble