Foodies Guide To F&B Industry

7 Restoran Dengan Sop Buntut Yang Rasanya Paling Enak di Jakarta!

August 11, 20165 min readFoodie Trends

Pasti kamu tahu Sop Buntut dong? Makanan olahan buntut sapi yang disajikan bersama kuah bening yang rasanya segar ini emang super enak. Menu ini nggak cuma terkenal di Indonesia, tapi juga dunia. Tiap negara punya ciri khasnya masing-masing. Kalau keunikan Sop Buntut Indonesia jelas terdapat pada kuahnya yang kaya akan rempah-rempah. Nggak cuma lezat, Sop Buntut juga termasuk makanan sehat lho. Selain buntut sapi emang punya banyak nutrisi, sayur tambahan yang ada di kuah Sop Buntut juga menambah nilai gizi menu ini.  Buat yang mau berburu Sop Buntut nggak usah bingung. Nih, kita kasih list 7 Sop Buntut yang rasanya paling enak di Jakarta!

1. Sop Buntut Ibu Samino Senayan

sop-buntut-mantap-jakarta-02

Photo source: Detik

Tahu nggak, umur restoran ini lebih tua dari kamu lho! Sop Buntut Ibu Samino udah ada dari tahun 1973. Jenis Sop Buntut di sini beragam, ada yang versi goreng, bakar, balado, bahkan cabai Ijo! Semuanya enak karena daging sapinya memang empuk dan potongannya besar. Meski begitu, harganya tetap ramah di kantong. Kamu bisa dapetin Sop Buntut di sini mulai dari Rp. 30.000 an saja!

Lokasi:

Sop Buntut Ibu Samino Senayan

- Jl. Tentara Pelajar No. 22, Arteri Permata Hijau, Kebayoran Lama, Jakarta. Telp. (021) 91272667.

- Jl. New Delhi Pintu 1, Senayan, Jakarta. Telp. (021) 70729377.

- Bintaro 9 Walk, Jl. Bintaro Utama, Bintaro Sektor 9, Pondok Aren, Tangerang. Telp. (021) 49558896.

2. Sop Buntut Ibu Henny

sop-buntut-mantap-jakarta-03

Photo source: Sop Buntut Ibu Henny

Kalau mau nyobain Sop Buntut dengan kualitas daging Australia, kamu bisa melipir ke Sop Buntut Ibu Henny. Dagingnya empuk dan kuahnya gurih banget. Nggak heran deh outletnya yang di Kelapa Gading dan lainnya selalu rame pengunjung. Jangan lupa ya, makan Sop Buntut nya pakai emping, ditetesin perasan jeruk nipis, dan sesendok sambal.

Lokasi:

Sop Buntut Ibu Henny

- Jl. Boulevard Raya Blok WB 2 No. 12, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 4531179.

3. Sop Buntut Bogor Cafe

sop-buntut-mantap-jakarta-04

Photo source: Dewi Magazine

Penggemar Sop Buntut sih pasti tahu banget kalau di Bogor Cafe itu Sop Buntut nya sangat legendaris. Kalau dulu Bogor Cafe cuma ada di Hotel Borobudur, sekarang kamu bisa menikmatinya di Pacific Place SCBD dan Pondok Indah juga. Daging buntut di sini juara! Chewy, gampang dimakan, dan bikin tergila-gila. Mau di sop, di goreng, atau dibakar, semuanya ENAK!

Lokasi:

Sop Buntut Bogor Cafe

- Hotel Borobudur, Jl. Lapangan Banteng Selatan, Pasar Baru, Jakarta. Telp. (021) 3805555.

- Pacific Place Mall, Lantai 5, Jl. Jenderal Sudirman, SCBD, Jakarta. Telp. (021) 57973238.

- Street Gallery, Lantai Ground, Jl. Metro Pondok Indah, Pondok Indah, Jakarta. Telp. (021) 29529718.

4. Dapur Buntut PIK

sop-buntut-mantap-jakarta-05

Photo source: myfunfoodiary

Yang tempat nongkrongnya di PIK nggak usah bingung cari Sop Buntut enak. Langsung datengin Dapur Buntut PIK yang dari namanya aja udah ketauan kalau restoran ini emang spesialisasi buntut sapi! Kalau bosan sama Sop Buntut yang biasa, cobain versi bakarnya deh. Aroma grilled dan bumbu kecap manisnya pasti bakal bikin kamu makan lebih lahap. Dan rasa kuahnya sih nggak perlu diragukan lagi, sedap banget!

Lokasi:

Dapur Buntut PIK

- Jl. Boulevard Raya Blok RA No. 24, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 29382548.

- Ruko Garden House, Blok B No. 18E, Bukit Golf Mediterania, Jl. Raya Pantai Indah Kapuk, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Telp. (021) 29033181.

5. Sop Buntut H. Soedik

sop-buntut-mantap-jakarta-06

Photo source: kemanaajaboleh

Tempatnya emang nggak besar, tapi rasa Sop Buntut H. Soedik ini jempolan. Beda tipis sama yang udah legendaris. Mau pilih versi apapun, daging buntutnya semuanya sangat empuk. Meski penampilan kuahnya sederhana banget, pas dicicipin bener-bener menggugah selera. Uniknya lagi, kuah sopnya nggak terlalu berminyak lho, jadi nggak bakal eneg kalau mau disantap sampai tetes terakhir.

Lokasi:

Sop Buntut H. Soedik

Ruko Metro Sunter, Jl. Danau Sunter Utara, Sunter, Jakarta. Telp. (021) 6526335.

6. Kafe Betawi

sop-buntut-mantap-jakarta-07

Photo source: Kafe Betawi

Ini dia restoran dengan beragam menu makanan Indonesia yang punya cabang paling banyak di Jakarta. Makanan dari Sabang sampai Merauke bisa kamu temukan di Kafe Betawi. Salah satu menu andalan di sini adalah Sop Buntut Bakar. Rasanya enak, dagingnya empuk, dan makin nampol kalau dimakan pakai rawit dan bawang merahnya.

Lokasi:

Kafe Betawi

- Pacific Place Mall, Lantai 4, Jl. Jenderal Sudirman, SCBD, Jakarta. Telp. (021) 51402709.

- Senayan City, Lantai Lower Ground, Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta. Telp. (021) 72781566.

- Kota Kasablanka, Lantai Upper Ground, Food Society, Jl. Casablanca Raya, Tebet, Jakarta. Telp. (021) 29465202.

- Dan masih banyak lagi..

7. Sop Buntut Ma'Emun Bogor

sop-buntut-mantap-jakarta-08

Photo source: @michimomo

Rasanya nggak lengkap ngomongin Sop Buntut tanpa memasukkan Sop Buntut Ma’Emun ke dalam list ini. Walaupun lokasinya ada di Bogor, itu bukan jadi halangan buat orang Jakarta menikmati semangkok Sop Buntut yang katanya juga jadi langganan Presiden Indonesia ini. Konon, setelah pemilik aslinya meninggal, resep Sop Buntut diwariskan ke anak cucunya. Dan ada dua cabangnya di Bogor yang sampai sekarang nggak pernah sepi. Sop Buntut di sini nendang banget lho. Dagingnya empuk, gurih, dan gampang lepas dari tulangnya, jadi nggak akan bikin kamu ribet. Selain itu, kuah sop nya pun bening dan tidak terlalu berlemak seperti Sop Buntut pada umumnya.

Lokasi:

Sop Buntut Ma'Emun Bogor

- Jl. Jenderal Sudirman, Bogor Tengah, Bogor. Telp. (0251) 8384038.

- Jl. Bangbarung Raya, Bogor Utara, Bogor. Telp. 0856-9129-0660.

Gimana, udah nggak bingung lagi kan mau makan Sop Buntut di mana? Kalau kamu punya restoran Sop Buntut favorit, tulis reviewnya juga yuk di Nibble. Klik di sini aja untuk informasi lengkap seputar Nibble.

Cover photo source: anakjajan

Related Articles

Connect with Nibble