Foodies Guide To F&B Industry

7 Restoran di Jalan Sabang Paling Populer Yang Tidak Boleh Dilewatkan!

February 27, 20175 min readFoodie Trends

Jalan Sabang! Mendengar namanya, yang terlintas di pikiran kamu pasti adalah makanan. Ya, restoran di Jalan Sabang memang sudah tidak terhitung lagi jumlahnya. Sepanjang Jalan Sabang dari ujung ke ujung, berjejer makanan kaki lima dan deretan restoran yang siap memanjakan perutmu. Isinya lengkap, mulai dari jajanan tradisional, sampai makanan modern. Tidak heran kenapa daerah ini menjadi destinasi wisata kuliner yang wajib dikunjungi di Jakarta. Untuk kamu yang sedang mencari tempat nongkrong buat weekend ini, kenapa tidak mencoba berkunjung ke Jalan Sabang dan datangi 7 restoran berikut ini!

1. Sabang 16

restoran-di-jalan-sabang-02

Photo source: @anisah1802

Jika tujuan kamu ke restoran di Jalan Sabang hanya untuk sekedar menyesap secangkir kopi, datanglah ke Sabang 16. Mereka memiliki kopi berkualitas yang harganya tidak berlebihan seperti coffee shop di Jakarta pada umumnya. Pesan Singgalang Coffee dan siapkan diri untuk tenggelam dalam rasa pahitnya yang menggigit. Seimbangkan dengan Kaya Toast yang rasanya sempurna, tidak terlalu manis, tapi pas di lidah. Ya, mereka punya Srikaya Jam yang rasanya itu sanggup membuat siapapun ketagihan dan pesan lebih dari satu porsi.

Lokasi:

Sabang 16

Jl. Sabang No. 16 B, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 31926726.

2. Nasi Goreng Sabang Bang Roby

restoran-di-jalan-sabang-03

Photo source: @gagaldiett

Letak Jalan Sabang yang cukup strategis, dekat dengan pusat perkantoran, membuat area ini menjadi tujuan saat pekerja kantor ingin mengisi perut sebelum kembali pulang ke rumah. Nasi Goreng Sabang Bang Roby ini cukup terkenal. Restoran di Jalan Sabang ini hanya berupa warung tenda, tapi rasanya boleh diadu dengan restoran ternama. Pesanlah Nasi Gila yang jadi favorit di sini. Asinnya pas, porsinya banyak, dan harganya sangat bersahabat. Tempat ini buka sampai jam 2 pagi, jadi kalau kebetulan kamu melintas di Jalan Sabang tengah malam dalam kondisi kelaparan, tidak ada salahnya menyantap Nasi Goreng di sini.

Lokasi:

Nasi Goreng Sabang Bang Roby

Jl. Sabang, Menteng, Jakarta. Telp. 0813-8753-3500.

3. Woku Blangan

restoran-di-jalan-sabang-04

Photo source: @coffeeandfoodie

Di Woku Blangan, kamu bisa mencicipi aneka masakan Manado di Jakarta yang pedasnya menggelegar di lidah. Menu yang terpedas di restoran di Jalan Sabang ini adalah Rica Roa yang pedasnya mengalahkan Ayam Garo Rica dan Cakalang Pampis. Cara memesan makanan di Woku Blangan seperti sistem Warteg. Kamu tinggal tunjuk saja mau makan dengan lauk dan sayur apa, nanti staff resto akan mengambilkan pesananmu. Setiap pesanan akan mendapatkan sambal dabu-dabu yang fresh dan pedas! Tempat ini selalu penuh di lunch hour, jadi jangan lupa untuk reservasi kalau mau datang di jam-jam tersebut.

Lokasi:

Woku Blangan

Jl. Sabang No. 19, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 3910417.

4. Pempek Cawan Putih

restoran-di-jalan-sabang-05

Photo source: @fharadilaidrus

Jika mencari makanan Palembang di Jalan Sabang, kamu bisa menuju Pempek Cawan Putih. Semua Pempek di sini sangat lezat, mulai dari lenjer, kulit, kapal selam, dan lainnya. Rasa ikannya sangat terasa di lidah, kuahnya pun sangat gurih. Selain Pempek, restoran di Jalan Sabang ini juga punya Pindang Ikan Patin. Kamu bisa memilih mau menyantap bagian badan atau kepala. Kuah Pindangnya jadi alasan kenapa banyak orang yang suka menu ini. Rasanya segar, pedas, asam, dan gurih. Di dalamnya ada potongan nanas dan daun kemangi yang membuat aromanya makin harum. Pas banget saat disantap dengan cabe rawit!

Lokasi:

Pempek Cawan Putih

Jl. Sabang No. 29B, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 31937471.

5. Kopi Oey

restoran-di-jalan-sabang-06

Photo source: @hype_foods

Gerai Kopi Oey di Jakarta memang banyak, tapi yang di Sabang ini adalah pusatnya. Penampilannya sangat eye-catching dengan dominasi warna merah dan ada sentuhan old-school yang tak terbantahkan. Restoran di Jalan Sabang ini buka dari pukul 7 pagi, jadi bisa menjadi spot sarapan yang enak banget. Kamu harus mencoba Mie Ayam Baso yang tekstur mienya kenyal, punya potongan ayam yang melimpah, dan bakso-bakso yang empuk. Koffie Soesoe Indotjina juga sangat recommended. Tidak perlu tambahan gula karena rasa susu kental manisnya sudah cukup memberi sentuhan manis pada segelas kopinya.

Lokasi:

Kopi Oey

Jl. Sabang No. 51A, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 31937034.

6. Soto Pak Gendut

restoran-di-jalan-sabang-07

Photo source: omonggondrong

Soto Pak Gendut cukup unik karena punya Soto Ceker yang di dalamnya berisi ceker yang sangat lembut. Tidak memakan waktu banyak untuk melepaskan daging dari tulang-tulang cekernya karena saking empuknya, dagingnya mudah sekali terlepas. Jika tidak suka ceker, kamu bisa menemukan Soto Daging dan Soto Ayam yang tidak kalah istimewa di restoran di Jalan Sabang ini. Kuah Sotonya sangat gurih, dan enaknya, kamu bisa mengatur tingkat keasinan sotomu, serta menambah koya sepuas-puasnya saat makan Soto di tempat ini.

Lokasi:

Soto Pak Gendut

Jl. Sabang, Menteng, Jakarta.

7. Rumate

restoran-di-jalan-sabang-08

Photo source: @jengaajeng

Siapa yang tidak kenal Pak Bondan Winarno, master kuliner Indonesia yang sangat terkenal itu? Rumate adalah restoran besutan beliau. Mengusung konsep kedai lokal, Rumate menyediakan berbagai macam makanan Indonesia. Salah satu menu favorit di restoran di Jalan Sabang ini adalah Soto Padang. Isi Sotonya cukup lengkap, ada daging, bihun, dan perkedel. Nasi Ulam Betawi di sini juga sangat mengenyangkan sekali. Penampilannya seperti Nasi Uduk dengan lauk pauk super lengkap. Cocok untuk kamu yang lagi lapar berat.

Lokasi:

Rumate

Jl. Sabang No. 21, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 31905904.

Itulah beberapa restoran di Jalan Sabang yang akan menggugah selera kamu dengan makanan-makanan andalannya. Jika masih kurang, kamu bisa mendapatkan referensi makanan di Jalan Sabang lainnya dengan mencari di Nibble. Klik di sini untuk informasi lengkap tentang Nibble.

Cover photo source: dhannysurya

Related Articles

Connect with Nibble