Foodies Guide To F&B Industry

7 Restoran Fine Dining Makanan Indonesia di Jakarta

February 19, 20184 min readFoodie Trends

Fine dining sepertinya identik dengan makanan Western. Namun, jika ditelusuri lebih lanjut, ternyata ada banyak restoran fine dining makanan Indonesia yang layak diperhitungkan. Sama seperti restoran Western, restoran Indonesia fine dining ini juga serius menggarap sajiannya. Mereka berhasil menyulap masakan Indonesia yang biasanya terlihat tak menarik, menjadi hidangan elegan yang cantik dan mewah. Kalau ingin merasakan angin segar mencoba fine dining makanan Indonesia, kamu harus ke tempat berikut ini.

1. Eastern Opulence

fine-dining-makanan-indonesia-02

Photo source: @songofmarch

fine-dining-makanan-indonesia-03

Photo source: @spiceupyourpalette

Eastern Opulence merupakan restoran fine dining makanan Indonesia baru yang berlokasi di Dharmawangsa. Banyak yang terkagum-kagum dengan sajiannya. Gurame Rujak Mangga Muda yang biasanya kamu temukan di restoran Sunda, ditata menjadi sangat cantik sekali oleh koki handal mereka. Pada menu ini, kamu bisa menikmati Gurame goreng yang disertai oleh potongan buah mangga, lobak, dan siraman saus rujak. Suasananya nggak kalah elegan. Ornamen-ornamen yang menghias restoran ini terlihat menawan. Begitu pula area seatingnya yang sangat nyaman.

Lokasi:

Eastern Opulence

Jl. Cipaku 1 No. 85, Dharmawangsa, Jakarta 12170. Telp. (021) 27081258.

2. Plataran

fine-dining-makanan-indonesia-04

Photo source: @jajanbeken

fine-dining-makanan-indonesia-05

Photo source: @platarandining

Tepatnya di Menteng dan Dharmawangsa, terdapat restoran fine dining makanan Indonesia berkelas yang bisa kamu datangi saat ingin makan mewah, yaitu Plataran. Kedua restoran tersebut sama-sama didesain dengan cantik, elegan, tapi tak meninggalkan ciri khas Indonesia. Siap-siap dibikin ketagihan dengan menu Dendeng Batokok di sini. Dari penampilannya saja bisa membuat kamu menelan ludah. Saat dicicipi, rasanya memang tak ada duanya. Tekstur garing dan rasa bumbu yang meresap membuat Dendeng ini tak bisa dilupakan.

Lokasi:

Plataran

Jl. H.O.S. Cokroaminoto No. 42, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 29627771.

3. Bunga Rampai

fine-dining-makanan-indonesia-06

Photo source: @bungarampai.pakis

fine-dining-makanan-indonesia-07

Photo source: @yessieltrivena

Gemar mencari restoran yang Instagramable? Kamu bisa mengunjungi Bunga Rampai dan menikmati fine dining makanan Indonesia di sana. Restoran ini menempati salah satu bangunan peninggalan kolonial di Menteng. Bangunannnya tidak dipugar, kesan kolonialnya masih kental terasa, terlebih saat kamu menginjakkan kaki ke dalamnya. Banyak koleksi barang antik yang instagenic di Bunga Rampai. Kesan mewah tidak hilang sampai di lantai teratas bangunan ini. Terdapat rumah kaca yang terlihat keren dan berkelas yang bisa dijadikan tempat fine dining yang ciamik. Menu jagoannya tentu saja khas Indonesia. Salah satunya adalah Iga Bakar Bumbu Bali yang dimasak dengan cara diungkep hingga bumbu meresap, lalu dibakar sampai matang dan menghasilkan aroma smokey yang enak sekali.

Lokasi:

Bunga Rampai

Jl. Teuku Cik Ditiro No. 35, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 31926224.

4. Tugu Kunstkring

fine-dining-makanan-indonesia-08

Photo source: @chubbytraveler

fine-dining-makanan-indonesia-09

Photo source: @cnlulaby

Tugu Kunstkring selalu jadi rekomendasi banyak orang saat kamu mencari restoran fine dining makanan Indonesia. Restoran besutan Tugu Group memang tidak pernah gagal membuat orang-orang takjub. Tugu Kunstkring hadir dengan konsep Indonesia-Belanda yang sangat kental.  Kamu harus coba Sate Lilit di sini. Sate yang terbuat dari campuran daging ayam, babi, ikan, dan daging sapi ini terasa sangat mantap dengan bumbu kecap. Aromanya pun wangi berkat tusukan satenya yang terbuat dari batang serai. Rijsttafel Betawi Set juga wajib dipesan karena kamu akan dihibur oleh pertunjukkan staff restoran jika memesan menu spesial ini.

Lokasi:

Tugu Kunstkring

Jl. Teuku Umar No. 1, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 3900899.

5. Kila Kila By Akasya

fine-dining-makanan-indonesia-10

Photo source: @henjiwong

fine-dining-makanan-indonesia-11

Photo source: @arsitag

Beralih ke daerah SCBD, terdapat Kila Kila by Akasya yang dapat didatangi saat kamu berencana fine dining makanan Indonesia selepas bekerja. Suasananya yang cozy banget akan membuat kamu betah tak mau pulang. Plating makanannya juga menarik. Lihat saja Fried Enoki Mushroom di atas. Terlihat cantik sekali, bukan? Selain menu tersebut, Ikan Gurame Bumbu Kuning, Regal Gelato, dan Dendeng Crispy Baladonya juga sangat menguggah selera.

Lokasi:

Kila Kila By Akasya

Lot 4, Lantai 7, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, SCBD, Jakarta. Telp. (021) 51401484.

6. Kembang Goela

fine-dining-makanan-indonesia-12

Photo source: @jktfoodbible

fine-dining-makanan-indonesia-13

Photo source: @mhdsyofficial

Bila umumnya Tahu Telor disajikan sangat sederhana di restoran Indonesia lainnya, pengalaman tersebut tidak akan kamu temukan di Kembang Goela. Restoran fine dining makanan Indonesia ini sanggup menyajikan menu Tahu Telor dengan plating yang mewah dan menarik. Meski begitu, rasanya tetap autentik dan juga jempolan. Momen fine dining kamu juga akan makin berkesan dengan atmosfer klasik dan cantik yang terasa ketika berada di Kembang Goela.

Lokasi:

Kembang Goela

Plaza Sentral, Jl. Jenderal Sudirman, Sudirman, Jakarta. Telp. (021) 5205625.

7. 1945

fine-dining-makanan-indonesia-14

Photo source: @anakjajan

fine-dining-makanan-indonesia-15

Photo source: @altoabeldjohan

Sayur Asem Seafood dari 1945 menjadi menu yang sangat sempurna buat kamu yang mau fine dining makanan Indonesia. Rasa asam dan pedasnya sangat balance. Yang bikin sajian ini makin gurih adalah kehadiran seafood segar yang begitu nikmat. Lokasinyapun mudah dijangkau, terletak di Fairmont Senayan. Tak salah jika restoran ini menjelma menjadi tempat favorit makan malam banyak pasangan.

Lokasi:

1945

Fairmont Jakarta, Jl. Asia Afrika No. 8, Senayan, Jakarta. Telp. (021) 29039179.

Dari tujuh restoran fine dining makanan Indonesia di atas, yang mana saja yang sudah kamu coba? Bagikan ulasannya yuk di Nibble. Klik di sini untuk informasi lengkap tentang Nibble.

Cover photo source: @jktdelicacy

Related Articles

Connect with Nibble