Foodies Guide To F&B Industry

7 Restoran Timur Tengah Paling Autentik di Jakarta

July 17, 20165 min readFoodie Trends

 

Photo source: alexxrex

Apa yang kamu pikirkan saat mendengar kata Timur Tengah? Mungkin kesan misterius dan eksotis langsung terbayang di pikiran kamu. Timur Tengah emang punya magnet yang sangat menarik. Mengeksplor kebudayaan Timur Tengah tidak akan lengkap tanpa mencicipi makanannya. Makanan Timur Tengah terkenal dengan hidangan yang penuh lemak, lemak, dan lemak. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba sekali-sekali. Meski di Jakarta lebih banyak restoran Western dan Asia, restoran Middle Eastern tetap bisa kamu temukan kok. Dan 7 restoran yang wajib kamu kunjungi karena mereka menawarkan sensasi Timur Tengah paling autentik di Jakarta.

 

1. Maroush

Photo source: Jakarta100bars

Photo source: panorama-magz

Restoran yang satu ini sudah lama dikenal sebagai tempat yang sukses menghadirkan lezatnya makanan Maroko dan India di Jakarta. Saat masuk ke dalam Maroush, kamu pasti akan terkesan dengan kemewahan interior yang ada di sana. Nggak cuma itu, beberapa hidangan di tempat ini spesial disajikan di dalam tagine lho untuk menjaga keautentikan rasanya. Contohnya, ada Lamb Shank Cous Cous yang porsinya gede banget. Menu ini berupa Lamb Shank yang dibakar menggunakan wood-fire oven. Dagingnya empuk dan bumbunya sangat meresap. Untuk dessert, pesanlah Firinda Sutlac, cold rice pudding  yang dimasak dengan wood-fire oven. Rasanya unik, creamy, dan manis!

 

Lokasi:

Maroush

Crowne Plaza, Jl. Jenderal Gatot Subroto, Gatot Subroto, Jakarta. Telp. (021) 5268833.

 

2. Samarra

Photo source: TuguHotels

Photo source: efenerr

Tugu Group emang paling jago menghadirkan restoran tematik. Setelah Tugu Kuntskring Paleis dan Waroeng Shanghai Blue 1920, kini ada Samarra yang kental dengan sentuhan Arab dan Persia. Hanya dengan menghirup incense, mendengar musik-musik khas Arab, dan menikmati dekorasinya, dalam sekejap kamu bakal merasa sedang berada di Arab. Makanannya pun tidak mengecewakan. Di sini kamu harus memesan Samarra Musamman Kare, kari dengan isian daging kambing yang ditambah dengan santan kental. Aroma rempah-rempah pada menu ini sungguh menggoda dan rasa pedasnya bener-bener pas di mulut.

 

Lokasi:

Samarra

Jl. Kebon Sirih, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 3920384.

 

3. YALLA

Photo source: @yallajkt

Photo source: @yallajkt

Menikmati makanan Timur Tengah yang autentik tidak hanya ada di restoran mewah. Di Kemang, ada YALLA yang bisa memuaskan rasa penasaran kamu tentang street food ala Timur Tengah. Penampakan restoran ini sangat humble dengan tambahan area outdoor seating dan open kitchen di bagian depannya. Di area tersebut, kamu bisa melihat bagaimana Pita Bread di bakar lho. Dan ini jadi salah satu menu yang wajib kamu pesan. Teksturnya sangat soft dan ada aroma grilled yang khas. Makan Pita Bread itu lebih nendang lagi kalau pakai Turkish Menemen. Kamu pasti nggak akan nyesel deh pesan makanan olahan telur ini karena rasanya unik dan lezat sekali.

 

Lokasi:

YALLA

Ruko Belle Point, Jl. Kemang Selatan 8 No. 55A, Kemang, Jakarta. Telp. 0857-1870-8612

 

4. Al-Jazeerah

Photo source: Jakartavenue

Photo source: Al Jazeerah Restaurant

Restoran yang dekorasinya Arab banget ini punya menu daging unta yang harus kamu pesan. Ya, kamu nggak salah baca, daging unta! Nggak tiap hari kan kamu bisa makan unta di Jakarta? Onta Mugalgal disajikan dengan Arabic Bread yang bentuknya seperti Pita Bread, namun punya tekstur yang lebih tebal dan empuk. Daging untanya dimasak dengan black pepper. Rasa dagingnya mirip rasa daging sapi, tapi ada sesuatu yang membuat sajian ini berbeda. Penasaran apa itu? Langsung aja mampir di Al Jazeerah.

 

Lokasi:

Al-Jazeerah

- Jl. Pramuka Raya, Matraman, Jakarta. Telp. (021) 3146108.

- Jl. Cipinang Cempedak 1 No. 29, Kampung Melayu, Jakarta. Telp. (021) 22850588.

- Jl. Raden Saleh No. 58, Cikini, Jakarta. Telp. (021) 3914444.

 

5. Al Nafoura

Photo source: @lemeridienjkt

Photo source: WhatsNewJakarta

Mau nyobain makanan Libanon di Jakarta? Mampir deh ke Al Nafoura di Le Meridien. Kamu pasti akan betah makan di sana karena suasananya Middle Eastern banget dengan dinding batu bertekstur pasir dan terracotta floor yang keren abis. Spesialisasinya Al Nafoura adalah Haruf Ouzi. Ini adalah braised lamb shank dengan ouzi style. Pasti kenyang makan ini karena disajikan dengan oriental rice, assorted nuts, dan yoghurt sauce. Daging lamb shank nya sama sekali nggak alot karena sudah di masak slow cooked berjam-jam yang membuat daging bisa terlepas dari tulang dengan sangat mudah.

 

Lokasi:

Al Nafoura

Le Meridien Hotel, Jl. Jend. Sudirman, Sudirman, Jakarta. Telp. (021) 2513131.

 

6. Anatolia

Photo source: jktgo

Photo source: alexxrex

Anatolia itu udah jadi ikonnya restoran Turki di Jakarta. Kalau ngomongin makanan Turki, pasti langsung kepikiran Anatolia. Yup, makanan yang disajikan di sini autentik berat. Mulai dari appetizer nya aja, kamu bisa milih yang Turki banget, seperti Anatolia Mezze Plate yang isinya adalah 2 jenis pastry dengan 3 pilihan dips, yaitu Hummus, Babaganoush, and Bibier Salatasi. Rasanya nggak pedas sama sekali, tapi malah bikin segar. Kalau main course nya sih Lamb Shank with Cous - Cous punya rasa yang juara. Daging lamb-nya itu lho sangat juicy dan empuk.

 

Lokasi:

Anatolia

Jl. Kemang Raya No. 110A, Jakarta Selatan. Telp. (021) 7194658.

 

7. Hadramout

Photo source: @hadramoutresto

Photo source: @hadramoutresto

Makan di Hadramout itu rasanya kayak makan di rumah. Kenapa? Soalnya tempat duduknya lesehan. Sebenarnya ini mencerminkan kebiasaan orang Arab kalau lagi makan bersama sih. Selain itu, kalau kamu pesan menu andalannya, Mandi Rice, ini akan dihidangkan dalam nampan besar yang bisa dimakan buat rame-rame. Arab banget kan? Lamb Mandi Rice nya Hadramout super recommended. Rasa nasi nya itu enak banget dan kambingnya pun bikin orang yang nggak doyan kambing jadi tergila-gila. Karena kambing di sini tuh empuk, gurih, dan nyandu abis.

 

Lokasi:

Hadramout

Jl. Tambak Raya No. 16A, Manggarai, Jakarta. Telp. (021) 3928104.

 

Seru-seru kan restoran Middle Eastern rekomendasi dari kita. Ada restoran favorit kamu yang belom kita bahas? Review langsung aja di Nibble. Klik di sini untuk informasi lengkap seputar Nibble.

 

 

Related Articles

Connect with Nibble