Foodies Guide To F&B Industry

7 Restoran yang Menghadirkan Kelezatan Paella Rice di Jakarta

May 2, 20175 min readTips & Tricks

Kehadiran Paella Rice di Jakarta bisa menjadi menu nasi alternatif saat kamu bosan dengan Nasi Goreng, Nasi Gila, atau Nasi Kuning. Sekilas, Paella asal Spanyol ini mungkin terlihat mirip dengan Nasi Goreng, namun bumbu serta cara memasaknya itu sangat berbeda.

Tidak seperti Nasi Goreng yang diolah bersama bahan-bahan lain dalam keadaan nasi sudah matang, nasi dalam Paella diolah dalam keadaan masih berbentuk beras saat dicampur dengan bahan dan rempah lainnya. Beras tersebut biasanya akan dicampur dengan seafood, ayam, atau bahkan daging kelinci. Itulah sebabnya kenapa rasa Paella begitu gurih. Air kaldu pada bahan tambahannya meresap semua ke dalam beras Paella Rice selama dimasak. Yang membuatnya makin istimewa adalah bumbu khas bernama safron (putik dari bunga Crocus Sativu) yang memunculkan warna kuning pada nasi di menu Paella.

Namun, belakangan ini inovasi Paella Rice di Jakarta makin beragam. Ada yang menggunakan squid ink juga sehingga warna nasinya menjadi hitam dengan cita rasa gurihnya cumi yang tak terkalahkan. Secara tradisional, Paella disajikan di atas penggorengan pipih yang besar untuk dimakan rame-rame.

Bila kamu penasaran mencicipi makanan Spanyol yang sangat terkenal di dunia ini, beberapa restoran di Jakarta ini bisa menjadi pilihan.

1. Gastromaquia

paella-rice-di-jakarta-02

Photo source: @lenkafoodies

Banyak yang suka restoran di Senopati ini karena interiornya yang keren dan suasananya yang homey. Dibanding restoran Spanyol lain di Jakarta, harga makanan di Gastromaquia termasuk affordable. Mereka juga punya Paella Rice di Jakarta yang wajib kamu cicipi, yaitu Aroos Negra Squid Ink Paella. Warnanya hitam pekat, tapi rasanya mantap. Nasinya terasa sangat gurih, dan penyajiannya dipercantik dengan potongan udang yang fresh dan squid. Di dalam nasi hitam ini, kamu juga akan merasakan potongan squid dan clam yang bikin rasanya makin sedap.

Lokasi:

Gastromaquia

Jl. Ciniru I No. 1, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 29305091.

2. Basque

paella-rice-di-jakarta-03

Photo source: @placetogoandeat

Lagi ngidam Paella Rice di Jakarta yang di atasnya bertabur seafood segar? Basque bisa menjadi tempat yang pas untuk dikunjungi. Berlokasi di Noble House Kuningan, Basque sering dipuji atas kualitas makanannya yang superb. Kamu bisa membuktikannya dengan memesan Seafood Paella. Paella Rice di Jakarta ini bertabur aneka makanan laut, seperti king prawn, mussels, baby squid, dan smoked salmon. Porsinya cukup besar, bisa disharing berdua. Saat merasakan nasinya, kamu pasti akan terkesima dengan gurihnya kaldu seafood yang meresap sempurna ke dalam nasi.

Lokasi:

Basque

Noble House Building, Lantai 8, Jl. Mega Kuningan Barat, Kuningan, Jakarta. Telp. (021) 29783111.

3. J Sparrow's

paella-rice-di-jakarta-04

Photo source: @henjiwong

Kuningan memang gudangnya restoran keren. Destinasi lain yang bisa kamu datangi di Noble House untuk mencicipi Paella Rice di Jakarta adalah J Sparrow’s. Restoran ini memang bukan spesialiasasinya masakan Spanyol, tapi mereka juga menyajikan Paella Valenciana yang didalamnya ada potongan daging ayam, beef chorizo, pork chorizo, prawns, squid, arborio rice, green peras, onion, boiled egg, dan safron juice. Porsinya besar banget, mantap buat disantap rame-rame, cukup untuk 2-3 orang.

Lokasi:

J Sparrow's

Noble House Building, Lantai Ground Floor, Jl. Mega Kuningan Barat, Kuningan, Jakarta. Telp. (021) 50101819.

4. Por Que No

paella-rice-di-jakarta-05

Photo source: @eatvise

Ada lagi nih cafe di Menteng yang desainnya chic banget dan punya makanan serta minuman yang dahsyat rasanya, Por Que No! Salah satu menu andalan yang jadi favoritnya banyak orang adalah Paella Ciega yang terdiri dari aneka seafood. Porsinya bisa buat 3-4 orang. Waktu tunggu Paella Rice di Jakarta ini memang tidak sebentar, tapi itu sebanding dengan rasa yang akan kamu nikmati. Bahan-bahannya fresh semua, nasinya matang sempurna, dan bumbu-bunya terserap dengan baik. Selesai menyantap main course, manjakan perut dengan Churros Ice Cream Sandwich yang bentuknya unik itu.

Lokasi:

Por Que No

De Ritz Building, Lantai 5, Jl. HOS. Cokroaminoto No. 91, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 3901950.

5. Plan B

paella-rice-di-jakarta-06

Photo source: @ryanlie168

Ingin sarapan Paella Rice di Jakarta di sekitar Senayan? Arahkan setirmu menuju Plan B yang sudah buka dari jam 8 pagi. Restoran Spanyol ini punya beragam pilihan Paella, mulai dari Seafood, Meat, Vegetable, Pork, hingga Black Paella. Penyuka daging babi wajib pesan Pork Paella yang menggabungkan Pork Ribs dan Pork Sausage di dalam nasi berempah. Daging babinya sangat empuk dan porsinya nggak pelit! Siap-siap kekenyangan ya.

Lokasi:

Plan B

Rukan Permata Senayan, Jl. Tentara Pelajar, Senayan, Jakarta. Telp. (021) 57940821.

6. Ático by Javanegra

paella-rice-di-jakarta-07

Photo source: @jakartarandomeats

Nama Javanegra pasti sudah akrab di telinga para pecinta kuliner Jakarta. Javanegra terkenal dengan keesklusifannya dan harga makanannya yang selangit. Kabar baiknya, akhir tahun lalu mereka baru membuka sister restaurant bernama Atico yang menyajikan beragam makanan Spanyol dengan harga yang tentunya lebih bersahabat. Kalau ke sini bareng temen-temen, pesanlah Paella Mariniera yang porsinya bisa buat sharing. Meski cooking timenya agak lama, tapi percayalah, rasa hidangan ini sangat sempurna. Juice dari setumpuk seafood yang digunakan di menu ini meresap dengan baik ke seluruh nasinya. Selain itu, ada aneka tapas juga yang patut dicoba.

Lokasi:

Ático by Javanegra

Menara BTPN, Lantai Rooftop, Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung, Kuningan, Jakarta. Telp. (021) 22958194.

7. Cacique Resto & Lounge

paella-rice-di-jakarta-08

Photo source: @foodaffair

Cacique merupakan salah satu restoran Spanyol autentik yang ikut meramaikan area Pluit. Kamu bisa menikmati semua makanan di Cacique tanpa ragu karena rasanya memang enak-enak, termasuk Paella Rice di Jakarta yang ada di sini. Salah satu Paella yang paling best seller adalah Paella Negra. Ini terdiri dari prawn, squid, sofritto, safron, dan dicampur jadi satu dengan squid ink yang menghasilkan warna hitam legam. Meski begitu, squid inknya nggak bikin amis, udang di dalamnya masih fresh, squidnya diolah menjadi calamari dengan tekstur yang crunchy dan nggak alot.

Lokasi:

Cacique Resto & Lounge

Jl. Pluit Barat Raya No. 1A, Pluit, Jakarta. Telp. (021) 26080853.

Udah tau kan harus ke mana kalau mau makan Paella Rice di Jakarta? Buat kamu yang pernah nyobain Paella enak di Jakarta, berikan ulasannya yuk di Nibble. Kalau belum tau Nibble, klik di sini aja!

Cover photo source: @eat.time.story

Related Articles

Connect with Nibble