Foodies Guide To F&B Industry

7 Roti Kukus Paling Hits di Jakarta

August 29, 20195 min readFoodie Trends

Roti selalu menjadi makanan favorit untuk mengisi perut di antara jam makan besar. Kalau dulu roti bakar selalu menjadi pilihan, kini roti kukus lah yang sedang naik daun dan happening di tengah pecinta kuliner.

Kemunculan roti kukus ini tidaklah terjadi begitu saja. Awalnya jajanan ini populer di Bandung lebih dulu sebelum akhirnya merebak ke Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia. Sebagian besar penjual roti kukus menjajakan cemilan ini secara sederhana, yaitu menggunakan gerobak saja. Penampilannya juga nggak kalah biasa, roti ini terlihat seperti roti sobek yang dikukus, kemudia diberi isian filling di tengahnya.

Tapi jangan remehkan kenikmatan yang akan kita rasakan saat mencicipi roti kukus. Sesnsasinya jelas berbeda dibandingkan roti bakar. Ada kelembutan yang nyata, serta filling roti yang lumer di lidah saat kita menyantapnya.

Berhubung sudah ada begitu banyak tempat makan roti kukus yang tersebar di Jakarta, kali ini kita akan bocorin ke kamu beberapa tempat yang paling recommended dan wajib dikunjungi. Yuk disimak!

 

1. Roti Kukus dan Bakar Kuro Kuro

02 - @momo.kuliner

Photo source: @momo.kuliner

Ini dia salah satu roti kukus yang melegenda di Bandung, juga hadir di Jakarta dan beberapa kota lain. Di awal kemunculannya, Kuro Kuro ini mampu menarik perhatian banyak orang sehingga menciptakan antrean super panjang.

Roti buatan mereka memang tak perlu diragukan lagi kelezatannya. Tersedia aneka rasa, mulai dari yang sederhana, seperti selai cokelat, susu, atau kacang, hingga roti dengan filling yang heboh, seperti roti telur dadar sosis, atau roti keju berbalut mayonnaise dan saus pedas.

Lokasi: Roti Kukus dan Bakar Kuro Kuro, Jl. Balai Pustaka Timur, Rawamangun, Jakarta Timur. Telp. 0858-8626-4896.

 

2. Rokupang

03 - @cicibuncits

Photo source: @cicibuncits

Bisa dibilang, Rokupang ini merupakan salah satu roti kukus yang paling melebarkan sayapnya di berbagai kota di Indonesia. Tak hanya di Jabodetabek dan Pulau Jawa, Rokupang juga membuka cabangnya di Kalimantan, Bali, bahkan Pangkal Pinang juga.

Tak heran, roti kukusnya memang pecah banget di mulut. Di sini, kalian bisa memilih roti manis atau roti asin. Pilihan fillingnya juga variatif, ada susu, vanilla, hazelnut, jagung, cream cheese, dan masih banyak lagi.

Mantapnya lagi, kita bisa request rotinya mau dikukus atau dibakar. Nggak usah khawatir soal harga, roti di Rokupang bisa kalian dapatkan mulai dari Rp6.000 sampai Rp15.000, tergantung pada filling yang kalian pilih.

Lokasi: Rokupang, Jl. Dr. Susilo III No.6, Grogol, Jakarta Barat. Telp. 0819-4455-5553.

3. Roti Big John

04 - @bigjohn.id

Photo source: @bigjohn.id

Kalau beberapa waktu yang lalu Roti Big John dikenal punya roti john yang panjang dan ikonik, kini mereka juga menghadirkan roti kukus untuk para pelanggannya. Harganya murah meriah, mulai dari Rp8.000 saja.

Filling rotinya selalu sukses bikin siapapun ketagihan. Buat yang suka keju, kalian harus cobain Kura Mozza dengan isian beef atau chicken. Kura manis ChocoMilo, MatchaOreo, atau ChocoKacang yang dikukus juga tak kalah enak untuk menjadi cemilan soremu.

Lokasi: Roti Big John, Jl. Tanjung Duren Barat No.10, Jakarta Barat.

4. Roti Srikaya & Bakpao Achin

05 - @gembulinaja

Photo source: @gembulinaja

Kebayang nggak selai srikaya yang manis dipadukan dengan roti kukus yang lembut? Untuk mencobanya, kamu bisa langsung ke Roti Srikaya & Bakpao Achin di Krendang. Daerah ini dikenal sebagai pemukiman orang Singkawang yang tidak lain merupakan asal roti srikaya yang enak itu. Untuk keauntetikan rasanya, Roti Aching ini memang tidak ada duanya.

Untuk menikmati selai srikaya khas Singkawang, kalian bisa memilih untuk memasukkannya ke dalam roti kukus atau roti goreng. Tak hanya itu, di sini, kalian juga bisa mencoba bakpao dengan berbagai pilihan rasa, seperti talas, bengkoang, kacang, ayam, atau cokelat.

Lokasi: Roti Srikaya & Bakpao Achin, Jl. Krendang Raya No. 96, Tambora, Jakarta. Telp. 0813-4508-0798.

5. Roti Srikaya Tet Fai

06 - @ajakmakan

Photo source: @ajakmakan

Masih di daerah Krendang, kalian bisa bergeser ke Roti Srikaya Tet Fai yang tak jauh dari Roti Achin. Makan roti kukus di sini tak akan membuat kantong kalian bolong karena bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp3.000 saja.

Rasanya pun enak sekali, berkat tambahan mentega yang dioleskan ke permukaan rotinya. Selain roti kukus, kalian bisa memilih roti panggang atau roti goreng untuk jadi pendamping selai srikayanya. Lokasi: Roti Srikaya Tet Fai, Jl. Krendang Raya No.195A, RT.2/RW.1, Tambora, Jakarta Barat.

6. PappaJack Asian Cuisine

07 - @so.felicious

Photo source: @so.felicious

Kalau mau roti kukus ala cafe, melipirlah ke PappaJack Asian Cuisine untuk menikmati steamed bread di sini. Penampilannya cukup berbeda dari roti kukus yang tengah hits saat ini.

Roti kukus di sini terbuat dari roti wholewheat dengan lapisan margarine dan isi selai kaya yang manis. Rasanya semakin enak saat dinikmati bersama secangkir teh tarik hangat. Lokasi: PappaJack Asian Cuisine, Jl. Boulevard Raya Blok I4 No. 1, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 4520014.

7. Old Town White Coffee

08 - @foduography

Photo source: @foduography

Satu lagi roti kukus ala cafe yang juga tak boleh kalian lewatkan saat berkunjung ke Old Town White Coffee. Di restoran ini, kalian bisa memesan steamed bread yang siap dicocol ke selai srikaya atau butter sebelum dilahap.

Makanan ini cocok banget jadi pembuka sebelum mengisi perut kamu dengan masakan peranakan andalan Old Town White Coffee, seperti nasi lemak atau meehoon.

Lokasi: Old Town White Coffee, Mall Taman Anggrek, Lantai Ground, Jl. Tanjung Duren Timur 2, Tanjung Duren, Jakarta. Telp. (021) 5639069.

Nggak nyangka ya, cemilan sederhana seperti roti kukus bisa jadi viral dan hits di mana-mana. Roti yang mana nih yang nggak sabar untuk kalian cobain?

Cover photo source: Okezone.com

Related Articles

Connect with Nibble