Foodies Guide To F&B Industry

7 Rujak di Jakarta Yang Segar dan Enak Sekali!

March 4, 20175 min readTips & Tricks

Siapa yang tak suka makan Rujak di Jakarta? Cemilan dari buah segar dengan siraman saus kacang yang terasa manis dan pedas memang sangat menyegarkan sekali. Apalagi jika dimakan setelah makan siang. Buah yang digunakan pun beragam, ada jambu, mangga, kedondong, pepaya, dan masih banyak lagi. Tapi jangan salah, jenis rujak di Indonesia bukan hanya Rujak Buah saja. Ada Rujak Juhi yang menggunakan cumi-cumi, ada pula Rujak Cingur yang menggunakan bagian mulut sapi. Untungnya kamu tidak perlu keliling Indonesia untuk menikmati beragam sajian Rujak karena semua ada di Jakarta. Buat kalian yang sedang ngidam rujak, pastikan kamu datang ke 7 tempat berikut ini ya!

1. Rujak Kolam Medan

rujak-di-jakarta-02

Photo source: @felixgustiar

Ini dia Rujak di Jakarta yang harus kamu cicipi saat lagi main ke ITC Mangga Dua atau Kelapa Gading. Tempat makan Rujak ini tidak pernah sepi. Yang bikin banyak orang  ketagihan dengan Rujak Kolam Medan adalah racikan bumbunya. Bumbu kacangnya dihaluskan dengan cara di uleg dan tidak menggunakan blender. Itu sebabnya masih banyak kacang yang bentuknya utuh dan terasa crunchy sekali saat dimakan. Rasanya sangat pas, manis dan pedasnya seimbang. Jenis buahnya yang digunakan sebenarnya sama saja dengan tempat Rujak yang lain, tapi bumbunya itu akan bikin kamu tidak rela meninggalkannya meski hanya satu suap saja.

Lokasi:

Rujak Kolam Medan

ITC Mangga Dua, Lantai 3, Jl. Mangga Dua Raya, Mangga Dua, Jakarta. Telp. (021) 68235576.

2. Asinan & Rujak Resep Mertua

rujak-di-jakarta-03

Photo source: @resepmertua

Berlokasi di Sunter, kamu bisa menikmati Asinan Sayur atau Buah, Rujak Juhi, dan Rujak Saigon yang terdiri dari sayur dan buah di Resep Mertua. Nama restorannya menarik sekali ya? Rasanya pun juga begitu. Ada dua tipe saus yang bisa kamu pilih kalau memesan Asinan, yaitu red sauce dan saus kacang. Rujak Saigon di sini juga recommended sekali karena terdiri dari buah-buahan yang diserut dan sayuran. Rasa Rujak di Jakarta ini super segar dan cocok juga jadi oleh-oleh buat teman atau keluarga karena memiliki packaging yang cantik dan rapi sekali.

Lokasi:

Asinan & Rujak Resep Mertua

Jl. Danau Agung 12 No. 20-21, Sunter, Jakarta. Telp. 0812-8853-9487.

3. Rujak Jangkung 212 Megaria

rujak-di-jakarta-04

Photo source: @fitricyntia_toddy

Kualitas buah-buahan yang akan kamu dapatkan dalam sepiring Rujak di Rujak Jangkung 212 Megaria sangatlah baik dan segar. Warna-warni buahnya sangat mengundang selera, ada Mangga, Nanas, Jambu Air, Jambu Klutuk, Pepaya, dan Belimbing. Bumbunya juga juara, rasanya cenderung manis, tapi kamu bisa menentukan tingkat kepedasannya. Tidak heran meski Rujak di Jakarta ini sudah buka cukup lama di Megaria, penggemarnya selalu banyak.

Lokasi:

Rujak Jangkung 212 Megaria

Jl. Pangeran Diponegoro No. 21, Menteng, Jakarta.

4. Rujak Juhi

rujak-di-jakarta-05

Photo source: myeatandtravelstory

Rujak asal Betawi ini sangat unik karena menggunakan juhi alias cumi kering asap atau bakar yang disuwir-suwir. Teksturnya sendiri sebenarnya mirip daging ayam, tapi rasanya jelas berbeda. Meski dinamakan Rujak, jenis Rujak di Jakarta ini tidak menggunakan buah sama sekali. Selain juhi, di dalamnya ada mie, kol, timun, dan emping. Rasa setiap suapan campur aduk banget, ada gurih, tapi juga ada rasa manis dari siraman saus kacang di atasnya. Salah satu Rujak Juhi yang paling banyak dibeli orang adalah yang berlokasi di depan Ragusa Es Krim Italia. Penjualnya hanya menggunakan gerobak, tapi peminatnya cukup banyak karena kebanyakan adalah pelanggan Ragusa. Jadi, kalau suatu saat kamu makan Es Krim di Ragusa, jangan lupa untuk mencoba Rujak Juhi yang sudah mulai langka di Jakarta ini ya!

Lokasi:

Rujak Juhi

Jl. Veteran I, Gambir, Jakarta.

5. Bakso Terasa Benhil

rujak-di-jakarta-06

Photo source: @yenni.frans

Konsep Bakso Terasa Benhil itu seperti Pujasera. Di dalamnya, kamu bisa menikmati makanan-makanan lain selain Bakso, seperti Sate Padang Takana Juo yang enak banget, Soto Betawi yang sangat gurih dan tidak bikin eneg, Nasi Goreng Daging yang renyah, serta Rujak Uleg Muaro Padang yang sangat segar sekali untuk pencuci mulut. Dengan melihat fotonya saja mungkin kamu sudah ngiler membayangkan kesegaran Rujak Uleg ini. Dan memang benar, rasanya sangat istimewa. Potongan buahnya segar-segar dan berkualitas baik, sambal kacangnya crunchy dan manis, ditambah lagi ada topping beberapa butir kacang goreng yang sangat menggiurkan. Rujak di Jakarta ini cocok sekali untuk penutup setelah makan makanan berat di restoran ini.

Lokasi:

Bakso Terasa Benhil

Jl. Bendungan Hilir, Blok G2 No. 3A, Bendungan Hilir, Jakarta. Telp. (021) 5743474.

6. Rujak Cingur Cak Anton

rujak-di-jakarta-07

Photo source: @kulijajan

Yang pernah jalan-jalan ke Jawa Timur pasti tidak asing lagi dengan Rujak Cingur. Rujak ini sangat unik, bumbunya bukan berupa saus kacang, tapi menggunakan saus petis yang terdiri dari kacang tanah, bawang putih, dan petis yang bisa terbuat dari udang, ikan pindang, atau kupang. Isi Rujak Cingur juga tidak kalah dahsyat, ada buah-buahan seperti nanas, mangga, kedondong, timun, lalu sayuran kangkung dan taoge, tempe, tahu, lontong, dan yang terakhir ada cingur yang merupakan mulut sapi yang direbus dan dipotong-potong. Rasanya enak sekali, apalagi kalau kamu makan di Rujak Cingur Cak Anton Bintaro yang bumbu petisnya terasa sangat medok dan berani.

Lokasi:

Rujak Cingur Cak Anton

JL Bintaro Utama, Blok 4 No. 9. Telp. 0821-1141-9123.

7. Rujak Sunter Mall

rujak-di-jakarta-08

Photo source: @dodyviles

Buat yang rumahnya di Sunter, pasti tahu Rujak Sunter Mall yang tersohor di area food court ini. Jenis Rujak di Jakarta yang satu ini adalah Rujak Buah. Kalau suka makanan pedas, kamu bisa pesan Rujak dengan bumbu super pedas yang akan membakar lidahmu. Kacangnya sendiri sangat gurih dan aneka buahnya juga segar-segar. Kombinasi rasa pedas, asam, dan manisnya pecah sekali di mulut!

Lokasi:

Rujak Sunter Mall

Jl. Danau Sunter Utara Blok 6 - 7 Kav II, Sunter.

Bolak balik menelan ludah saat membaca artikel ini? Itu tandanya kamu butuh asupan Rujak di Jakarta. Kalau referensi di atas masih kurang, kamu bisa langsung cari Rujak terenak di Jakarta dengan Nibble. Klik di sini untuk informasi lengkap tentang Nibble.

Cover photo source: @gregoriusgerry

Related Articles

Connect with Nibble