Foodies Guide To F&B Industry

7 Soto Betawi di Jakarta yang Paling Nikmat

January 13, 20175 min readTips & Tricks

Belum lengkap rasanya kalau tinggal di Jakarta tapi tidak pernah mencicipi Soto Betawi di Jakarta. Hidangan khas Betawi ini ikonik banget dengan kuah kentan susunya yang kental dan daging serta jeroan yang gurih maksimal. Buat yang penasaran sama sajian Soto Betawi paling enak di Jakarta, telusuri yuk 7 referensi dari kita berikut ini!

1. Soto Betawi H.Husein

soto-betawi-enak-jakarta-02

Photo source: @the.lucky.belly

Ini dia kedai Soto Betawi di Jakarta yang paling bikin penasaran. Restorannya nggak pernah sepi, baik saat weekday atau weekend. Kalau kamu nggak bermasalah menyantap jeroan, kita rekomendasiin buat coba Soto Campur di Soto Betawi H. Husein. Isinya ada paru goreng, usus, daging, dan jeroan lainnya yang rasanya bener-bener bikin terlena. Kuahnya sangat kental, creamy, dan super gurih. Jangan lupa menambahkan sedikit garam, kecap manis, air jeruk nipis, acar wortel dan timun, kerupuk aci, plus sambal yang banyak ya biar rasanya semakin nikmat.

Lokasi:

Soto Betawi H.Husein

Jl. Padang Panjang No 6B - 6C, Manggarai, Jakarta. Telp. (021) 83706476.

2. Soto Betawi Afung

soto-betawi-enak-jakarta-03

Photo source: @ivys_life

Daerah Puri Kembangan ternyata nggak cuma dipenuhi sama makanan Chinese aja. Ada Soto Betawi di Jakarta yang enak banget di Warung Soto Betawi Afung. Makan di sini nyaman banget karena tempatnya rapi dan bersih. Semakin didukung juga dengan rasa Soto Betawi mereka yang sangat lezat. Di sini kamu bisa pilih antara kuah bening atau kuah santan. Keduanya sama-sama enak, tapi memang kuah santan jauh lebih gurih.  Porsi daging yang jadi isian sotonya worth it banget, terus ada paru, urat, dan babat juga di dalamnya. Uratnya lumer di mulut, sedangkan parunya garing dan wangi banget.

Lokasi:

Soto Betawi Afung

Jl. Raya Puri Kembangan No. 8B, Kedoya, Jakarta. Telp. 0878-0002-3864.

3. Warung Soto Betawi Babeh Jenggot

soto-betawi-enak-jakarta-04

Photo source: @foodaffair

Yang kuliahnya di daerah Grogol pasti udah nggak asing lagi sama Warung Soto Betawi Babeh Jenggot. Selain kuah santan, ada kuah susu kedelai yang rasanya unik banget. Yang kedelai ini mirip-mirip santan, tapi jauh lebih ringan dan pastinya lebih sehat. Daging Soto Betawi di Jakarta ini super empuk dan nggak perlu usaha lebih buat mengunyahnya. Suka paru yang garing? Di sinilah surganya! Bakalan ketagihan deh begitu ngerasain parunya. Apalagi saat di campur kuah yang gurih dengan sambal dan perasan jeruk limo. Sedapnya!

Lokasi:

Warung Soto Betawi Babeh Jenggot

- Jl. Dr. Susilo 3 No. 2, Grogol, Jakarta.

- ITC Roxy Mas, Lantai 4, Food Court, Jl. KH Hasyim Ashari, Roxy, Jakarta. Telp. 0889-9999-5070.

4. Soto Betawi H. Mamat

soto-betawi-enak-jakarta-05

Photo source: @bocahlemak

Soto Betawi H. Mamat punya gerai yang lumayan banyak nih di Jakarta. Ada di Serpong, BSD, AEON, dan yang paling baru ada di PIK! Porsi daging dan kuahnya banyak banget, dijamin pasti kenyang kalau makan siang pakai Soto Betawi di Jakarta ini. Paling mantap sih kalau kamu pesan Soto Betawi Oseng karena dagingnya dioseng dulu dan disajikan dengan kuah dan mangkuk terpisah. Keempukannya juara banget, kuah santannya apalagi. Bumbu rempahnya sangat terasa wangi dan nggak eneg sama sekali.

Lokasi:

Soto Betawi H. Mamat

- Jl. Raya Rawabuntu, Serpong, Tangerang. Telp. (021) 7560992.

- Jl. Boulevard Raya Gading Serpong Blok AA4 No. 23, Serpong Utara, Tangerang.

- AEON Mall, Lantai 3, Food Carnival, Jl. BSD Raya Utama, Serpong, Tangerang.

5. Soto Betawi H Ma'ruf

soto-betawi-enak-jakarta-06

Photo source: @auliareino

Selanjutnya, ada Soto Betawi H Ma’ruf yang rasanya juga bikin kalap. Tempat makan yang punya cabang di TIM dan Menteng ini termasuk restoran legendaris yang katanya sudah ada sebelum Indonesia merdeka. Yang spesial dari Soto Betawi di Jakarta ini adalah dagingnya yang sangat lembut. Kuah santan susunya juga nampol abis, berempah, tapi rasanya sangat ringan. Jangan lupa juga cobain sate kambing di sini ya. Empuk dan nggak bau sama sekali.

Lokasi:

Soto Betawi H Ma'ruf

- Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya No. 73, Cikini, Jakarta. Telp. (021) 3148817.

- Jl. Gondangdia Lama No. 36, Menteng, Jakarta. Telp. 0857-7536-8588.

6. Soto Betawi Pinangsia

soto-betawi-enak-jakarta-07

Photo source: @jenzcorner

Soto Betawi Pinangsia bisa jadi pilihan tepat buat kamu mengisi energi setelah belanja di Mangga Dua Mall. Penggemar  Soto Betawi di Jakarta ini cukup banyak juga, bahkan ada yang suka bela-belain masuk ke Mangga Dua Mall demi bisa menyantap hidangan spesial yang satu ini. Rasa kuahnya gurih banget, mereka pakai tambahan susu yang bikin makin creamy. Nggak cuma itu, Ketoprak di tempat ini juga andalan banget. Sambal kacangnya mantap dan rasanya selalu bikin kangen!

Lokasi:

Soto Betawi Pinangsia

Mangga Dua Mall, Lantai 3, Jl. Mangga Dua Raya, Mangga Dua, Jakarta. Telp. (021) 6128852.

7. Soto Betawi Sambung Nikmat

soto-betawi-enak-jakarta-08

Photo source: @piringkoper

Buat warga Pondok Indah yang ngidam Soto Betawi di Jakarta, kamu bisa mampir di Soto Betawi Sambung Nikmat. Soto Betawi di sini nggak kalah sedap sama yang ada di tempat lain. Untuk harga memang lebih mahal dari tempat lain. Satu mangkok 70 ribu. Tapi percaya deh, ada harga ada rasa! Kamu pasti puas menyantap satu mangkok yang berisi daging super melimpah, kuah sampai luber-luber, dan emping yang tumpah ruah. Kalau porsi makan kamu sedikit, satu porsi ini bahkan bisa buat dua orang. Jadi nggak heran deh, meski mahal, tapi restorannya selalu penuh!

Lokasi:

Soto Betawi Sambung Nikmat

Jl. Ciputat Raya No. 2, Pondok Indah, Jakarta. Telp. (021) 7659053.

Kebayang kan nikmatnya Soto Betawi di Jakarta yang udah kita bahas? Kalau kamu punya Soto Betawi favorit yang belum masuk list ini, langsung review aja yuk di Nibble. Klik di sini untuk informasi lengkap tentang Nibble.

Cover photo source: @filipusverdi

Related Articles

Connect with Nibble