Foodies Guide To F&B Industry

7 Spot Cari Jajanan Pasar di Jakarta

December 28, 20174 min readTips & Tricks

Meski terkesan jadul, jajanan pasar tradisional itu selalu bikin kangen. Untungnya tidak sulit mencari tempat yang masih jual jajanan pasar di Jakarta. Tidak perlu masuk ke dalam pasar atau berkunjung ke Pasar Subuh di beberapa lokasi di Jakarta untuk menemukan jajanan tradisional. Di guide ini, kami sudah merangkum spot yang nyaman untuk didatangi saat kamu kangen cemilan jaman dulu.

1. Serabi Notosuman

jajanan-pasar-di-jakarta-02

Photo source: @lets.go.eat

Buat yang suka berkunjung ke Solo pasti tahu jajanan pasar di Jakarta ini. Serabi Notosuman yang berada di Pasar Modern BSD ini berasal dari daerah Notosuman Solo. Cemilan tradisional ini terbuat dari kombinasi tepung beras, santan, yang terasa gurih. Di sini kamu bisa memilih Serabi dengan rasa original atau cokelat. Rasa Serabi ini pecah banget enaknya, paling mantap saat disantap hangat-hangat karena bagian tengah Serabi ini terasa meleleh di mulut. Harganya pun merakyat, sama sekali nggak akan menyesal kalau beli banyak.

Lokasi:

Serabi Notosuman

Ruko Pasar Modern BSD, No. R 72, Jl. Letnan Sutopo, Serpong, Tangerang. Telp. (021) 53158472.

2. Bakery Monami

jajanan-pasar-di-jakarta-03

Photo source: @anak.kuliner

Di tengah gempuran cake dan roti bergaya internasional, Bakery Monami tetap teguh pada pendiriannya untuk menyajikan jajanan pasar di Jakarta. Jika kamu kebetulan lagi cari Kue Lumpur, Klepon, atau Lemper yang mulai jarang ditemukan di pusat perbelanjaan Jakarta, mampirlah ke outlet Bakery Monami yang sudah tersebar di 13 lokasi berbeda. Rasanya autentik banget, apalagi Kue Lumpurnya. Manisnya pas dan adonan setengah matangnya bikin ketagihan. Istimewanya lagi, bahan-bahan yang dipakai untuk membuat kue tradisional ini pun berkualitas. Jadi nggak sama dengan jajanan yang biasa kamu dapatkan di pasar.

Lokasi:

Bakery Monami

Menteng Central, Lantai Ground, Jl. HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 31934243.

3. Roti Unyil Venus

jajanan-pasar-di-jakarta-04

Photo source: @biteandbrew

Kalau lagi jalan-jalan ke Bogor, jangan lupa mampir di Roti Unyil Venus. Susah mencari jajanan pasar di Jakarta yang rasanya mirip dengan Roti Unyil Venus. Variasinya ada banyak sekali dan ukurannya pun sesuai dengan namanya, mungil-mungil sekali. Kelezatannya tidak berubah walaupun harganya dibanderol dengan cukup murah, hanya Rp1.500 saja per buah. Cicipi yang isi pisang keju, tekstur adonannya lembut dan pisang serta kejunya melted sekali di lidah.

Lokasi:

Roti Unyil Venus

Jl. Abdullah Bin Nuh, Tanah Sareal, Bogor. Telp. (0251) 8364008.

4. Pastel Ma Cik

jajanan-pasar-di-jakarta-05

Photo source: @spiceupyourpalette

Pastel Ayam dari Pastel Ma Cik sangat recommended.  Isinya tidak hanya didominasi oleh sayuran saja, daging ayamnya juga tumpah-tumpah. Kulit Pastelnya pun terasa istimewa. Ada kesan garing, tapi sebenarnya lembut saat dimakan. Pastel ini makin terasa mantap saat kamu makan dengan sambal yang diracik spesial yang rasanya nagih abis. Selain Pastel, kamu juga bisa mencoba Lemper, Carabikang, Martabak Mini, dan aneka jajanan pasar di Jakarta lainnya.

Lokasi:

Pastel Ma Cik

Jl. Boulevard Raya Blok TN 2 No. 34, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 45876730.

5. Pangsit Mie & Lemper Ayam Spesial 168

jajanan-pasar-di-jakarta-06

Photo source: @iborntobite

Suka sebel nggak kalau beli Lemper tapi dapat yang ukurannya kecil sekali sehingga daging ayam dalam Lempernya tidak terasa? Tenang, pengalaman seperti itu tidak akan kamu rasakan saat makan Lemper di Pangsit Mie & Lemper Ayam Spesial 168. Jauh-jauh datang dari Surabaya, Lemper di sini sama sekali tidak mengecewakan. Ukuran jajanan pasar di Jakarta yang satu ini sangat jumbo dengan isi daging ayam yang melimpah. Perpaduan rasa manis dan gurihnya itu tidak akan bisa kamu lupakan.

Lokasi:

Lemper Ayam Spesial 168

Jl. Gading Elok Raya Utara, Blok FA2 No. 7, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. 0813-1517-4595.

6. Bobby Bola Ubi

jajanan-pasar-di-jakarta-07

Photo source: @eatwithkoko

Jangan sia-siakan kepopuleran makanan Bola Ubi yang lagi hits ini. Kini makin mudah mendapatkan Bola Ubi selain di tukang gorengan kaki lima, salah satunya di Bobby Bola Ubi. Jajanan pasar di Jakarta ini ibaratnya naik kelas. Sekarang penyajiannya sangat spesial, tak hanya bisa diberi taburan gula halus, tapi sekarang juga ada taburan bubuk milo. Selain itu, warnanya juga makin warna warni, ada yang kuning kecoklatan, ungu, bahkan warna hijau.

Lokasi:

Bobby Bola Ubi

Jl. Tanjung Duren Utara IV No. 457-458, Tanjung Duren, Jakarta. Telp. 0812-1968-9808.

7. Pisang Goreng Madu Bu Nanik

jajanan-pasar-di-jakarta-08

Photo source: @herlin.lay

Pecinta Pisang Goreng pasti familiar dengan Pisang Goreng Madu Bu Nanik yang sering disebut-sebut sebagai Pisang Goreng terenak di Jakarta. Jadi nggak usah heran kalau outletnya selalu penuh dengan antrian. Bentuk Pisang Goreng di sini bulat-bulan dan ukurannya besar. Makan beberapa potong pun bisa bikin perut kenyang. Adonan yang dicampur dengan madu memang bikin warna jajanan pasar di Jakarta ini tidak terlalu cantik, tapi percayalah, manis madunya sangat adiktif.

Lokasi:

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Jl. Tanjung Duren Raya No. 67, Tanjung Duren, Jakarta. Telp. (021) 29335959

Jajanan pasar di Jakarta mana yang paling kamu sukai? Jika tempat favoritmua belum ada di guide yang sudah kita buat, berikan saja ulasannya langsung di Nibble. Klik di sini untuk info lengkap tentang Nibble.

Cover photo source: @duniakulinersurabaya

Related Articles

Connect with Nibble