Foodies Guide To F&B Industry

7 Takjil Favorit Sepanjang Masa Selama Bulan Puasa

June 9, 20163 min readTips & Tricks

 

Photo source: Tembi

Buka puasa identik banget sama yang namanya takjil. Soalnya kalau mau batalin puasa pas maghrib itu sebaiknya nggak makan makanan berat dulu, tapi sama yang ringan-ringan dan manis-manis. Nah, meskipun sekarang udah ada banyak takjil-takjil modern, tapi takjil tradisional emang nggak ada matinya deh. Ini dia 7 takjil paling favorit selama bulan puasa. Kamu paling suka yang mana nih?

 

1. Es Belewah

Photo source: @satekhassenayan

Es Belewah bakal nyegerin tubuh mu dalam sekejap setelah puasa seharian. Selain manis dan segar, kamu juga bisa dapetin manfaat kesehatannya karena bahan utama pembuat es ini berasal dari buah Belewah yang kaya dengan vitamin A dan C. Bakalan makin seger lagi kalau kamu tambahin serutan daging kelapa juga. Bikinnya pun simple, tapi kalau nggak mau ribet banyak restoran di Jakarta yang menjadikan Es Belewah jadi menu takjil selama bulan puasa kok.

 

2. Kolak Pisang

Photo source: Resep Koki

Menu yang satu ini sih udah jadi takjil paling favorit sejak kita kecil dulu. Rasanya pasti ada yang kurang kalau nggak buka puasa pakai kolak. Pada umumnya, kolak itu berisi pisang, tapi banyak juga orang yang menambahkan isi lain sesuai dengan seleranya, seperti ditambah kolang kaling, nangka, ubi, atau labu. Apapun isinya, kuah santan kolak yang manis bener-bener bisa memanjakan perutmu saat buka puasa.

 

3. Kolak Biji Salak

Photo source: Indonesia Medan Food

Namanya yang unik pasti bikin kamu bertanya-tanya. Meski namanya Kolak Biji Salak, ini tidak terbuat dari biji salak beneran kok. Kolak Biji Salak ini terbuat dari adonan tepung dan ubi yang bentuk dan warnanya seperti biji salak. Rasanya kenyal dan begitu sampai di mulut bakalan lumer dengan sendirinya. Biji salak ini disajikan dengan kuah santan kelapa dan gula merah. Mau disajikan panas atau dingin, keduanya sama-sama enak.

 

4. Kurma

Photo source: Vemale

Tradisi takjil yang dibawa dari Arab ini ternyata cukup digemari di Indonesia. Kurma yang punya rasa manis ini emang pas banget buat dijadiin menu buka puasa. Meskipun ukurannya kecil, khasiat buah kurma nggak perlu di ragukan lagi.

 

5. Es Teh Manis

Photo source: Any Info 4 U

Ini dia minuman yang mendadak sangat terlihat menggoda dan menggiurkan selama bulan puasa. Nggak cuma bulan puasa, kamu juga pasti sering kan pesan es teh manis sehabis makan? Walaupun sederhana, tapi kesegaran dan manisnya segelas es teh manis susah banget buat ditolak. Apalagi kalau ini dijadikan minuman pas buka puasa. Mantap banget!

 

6. Gorengan

Photo source: Kidnesia

Gorengan juga jadi cemilan yang ringan dan pas buat ngisi perut saat berbuka. Jenis gorengan pun beragam, mulai dari pisang goreng, cireng, ubi goreng, dan yang paling pecah tahu isi goreng. Tapi ingat, jangan kebanyakan makan gorengan pakai cabai hijau ya kalau nggak mau sakit perut.

 

7. Bubur Kampiun

Photo source: @moinblog

Nama bubur asal Minang ini ternyata diambil dari kata “champion”. Konon kabarnya bubur ini terlahir dari suatu perlombaan memasak tahun 1960an dulu. Dalam semangkok Bubur Kampiun, kamu bisa menikmati perfectnya kombinasi kolak pisang, candil, bubur sumsum, dan ketan hitam. Bener-bener istimewa!

 

Makn kerasa lapernya abis liatin takjil enak di atas? Sabar ya, sambil menunggu buka puasa, mendingan kamu hunting takjil dulu aja. Jangan lupa buat share review di Nibble tentang takjil favorit kamu di restoran Jakarta. Klik di sini untuk informasi lengkap seputar Nibble.

 

 

Related Articles

Connect with Nibble