Foodies Guide To F&B Industry

7 Tempat Makan Kerang di Jakarta Ini Bakal Bikin Kamu Puas!

March 14, 20175 min readTips & Tricks

Berhubung satu porsi aja nggak cukup buat memuaskan penggila kerang, makin banyak aja tempat makan kerang di Jakarta yang menjual kerang kiloan. Rasanya gurih dan makin enak jika ada tambahan bumbu membuat olahan seafood ini digandrungi banyak orang. Meski di restoran khusus kerang hanya menjual menu kerang saja, kamu tidak akan bosan karena biasanya mereka menyediakan kerang berbagai jenis. Sebut saja Kerang Bambu, Kerang Batik, Kerang Tahu, dan masih banyak lagi. Sensasi makan kerang kiloan emang nggak ada duanya. Kalau kamu udah siap buat mabok kerang, ini dia 7 tempat makan kerang di Jakarta yang harus kamu tuju!

1. KERANG.IN

tempat-makan-kerang-di-jakarta-02

Photo source: @daniesrifkyy

Tempat makan kerang di Jakarta ini asalnya dari Bogor. Di KERANG.IN kamu bisa memilih olahan kerang yang kamu mau, direbus atau digoreng. Lalu pilih jenis sausnya, ada saus padang, saus telur asin dan masih banyak lagi. Kamu harus mencoba Kerang Bambu Saus Telur Asin yang rasanya gurih sekali. Tekstur creamy dari telur asinnya pun pas dengan Kerang Bambu. Oyster Mozarella juga tidak boleh dilewatkan saat ke sini. Rasa bumbunya itu seperti pizza, tapi cita rasa gurih dari kerangnya sendiri masih tetap terasa di lidah.

Lokasi:

KERANG.IN

Food Lab, Jl. Kapten Tendean No. 41, Mampang Prapatan, Jakarta. Telp. 0877-2209-5511.

2. Kerang Kiloan Pak Rudi

tempat-makan-kerang-di-jakarta-03

Photo source: @calvinevorry

Ini dia pelopor tempat makan kerang di Jakarta dalam bentuk kiloan yang sudah terkenal sekali dengan antrean panjangnya. Kerang Kiloan Pak Rudi merupakan street food yang sudah ada sejak tahun 1999. Segala jenis kerang ada di sini, mulai dari Kerang Madu, Kerang Hijau, Kerang Bulu, Kerang Dara, sampai Kerang Kapak yang terkenal mahalnya. Jenis bumbunya ada banyak banget yang bisa dipilih. Kalau suka pedas kamu harus pilih saus Pak Rudi yang konon pedasnya bisa membakar lidah. Saus kacang nanas dan bumbu salty butternya juga cukup nagihin. Kalau jenis kerangnya sih paling aman pilih Kerang Hijau yang memang sudah terkenal sebagai kerang terbaik. Apalagi kalau digoreng kering, kombinasi tekstur kerang yang garing dengan cocolan sambal matah begitu mantap di lidah!

Lokasi:

Kerang Kiloan Pak Rudi

Q Food & Music, Jl. Dr Susilo Raya C8.

3. Kerang Kiloan Mamaji

tempat-makan-kerang-di-jakarta-04

Photo source: @kerangmamaji

Buat yang rumahnya di Serpong, tidak perlu jauh-jauh mencari tempat makan kerang di Jakarta kalau lagi ngidam kerang. Kamu bisa ke Kerang Kiloan Mamaji dan memesan menu Kerang Platter yang isinya lengkap banget. Ada ½ kg Kerang Hijau, ¼ kg Kerang Dara, ¼ kg Kerang Bulu, dan ¼ kg Kerang Tahu yang akan memuaskan perutmu. Semua kerangnya fresh dan kamu bisa menikmatinya dengan dua pilihan saus, yaitu saus sambal dan saus mayonnaise pedas. Dan yang paling penting, harga kerang di sini nggak bakal bikin kantong jebol!

Lokasi:

Kerang Kiloan Mamaji

Jl. Raya Serpong KM 8 No 94, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten.

4. Perang Kerang Sumatera

tempat-makan-kerang-di-jakarta-05

]Photo source: @anak.kuliner

Kalau belum tahu mau nongkrong di mana weekend ini, kenapa nggak ajakin temen-temen kamu buat pesta kerang aja? Kalau rumah kamu dekat dengan Pasar Minggu, kamu bisa ke Perang Kerang Sumatera untuk menikmati berbagai jenis kerang yang ada di sana. Ada Kerang Bulu, Kerang Hijau, Kerang Dara, Kerang Bambu, Kerang Madu, Kerang Kipas, Kerang Kampak, Kerang Salju dan Kerang Macan di tempat makan kerang di Jakarta ini! Mereka punya 4 jenis bumbu yang bisa dipilih, mulai dari asam manis pedas, saus padang, lada hitam, dan masak pedas. Semuanya recommended, tapi yang paling nagihin abis itu Kerang Madu karena teksturnya kenyal, rasanya gurih, dan ukurannya besar!

Lokasi:

Perang Kerang Sumatera

Jl. Raya Pasar Minggu No 2 Pancoran Jaksel Jakarta.

5. The Captain Kerang Kiloan

tempat-makan-kerang-di-jakarta-06

Photo source: @alfiefgarcia

Bekasi juga nggak mau kalah sama tempat makan kerang di Jakarta. Di daerah ini, kamu bisa mampir ke The Captain Kerang Kiloan kalau mau mabok kerang. Tempat ini bagaikan surga buat pecinta kerang. Rasa kerangnya tidak ada yang mengecewakan, semua segar! Perpaduan bumbu dan kerangnya juga luar biasa sedap. Kalau nggak percaya, cobain aja Kerang Bambu dengan bumbu tumis saus padang. Rasa pedas dan gurihnya menyatu banget di mulut!

Lokasi:

The Captain Kerang Kiloan

Rukan Grand Galaxy City, Blok BV No. 16, Jl. Pulo Sirih Barat Raya No. 448, Bekasi Selatan, Bekasi. Telp. 0813-3333-5679.

6. Kerang Kiloan Cipete

tempat-makan-kerang-di-jakarta-07

Photo source: @kerang_cipete

Menu paling juara di tempat makan kerang di Jakarta ini adalah Kerang Hijau dengan Saus Karamel Pedas! Sebelum dibumbuin, Kerang Hijaunya digoreng terlebih dahulu. Ini menghasilkan tekstur yang garing dan nggak amis sama sekali. Rasa sausnya sendiri pas banget pedas dan manisnya, sangat sempurna saat dipadukan dengan kerangnya! Harganya pun juga sangat bersaing. 1 kg Kerang Hijau di sini bisa disantap dengan mengeluarkan Rp.30.000 saja!

Lokasi:

Kerang Kiloan Cipete

Jl. Cipete Raya No. 13, Fatmawati, Jakarta.

7. Kerang Kiloan Den Sinyo

tempat-makan-kerang-di-jakarta-08

Photo source: @bekasifoodhunter

Satu lagi tempat makan Kerang di Bekasi yang wajib didatengin, Kerang Kiloan Den Sinyo. Kerang Dara Saus Lada Hitam di sini sangat lezat dan rasanya bikin ketagihan banget. Nggak kalah enak dengan tempat makan kerang di Jakarta. Kerennya lagi, semua bumbu yang disediakan di sini tanpa kandungan MSG. Kalau porsi 1 kg terlalu banyak untukmu, kamu bisa memesan porsi ½ kg di tempat ini!

Lokasi:

Kerang Kiloan Den Sinyo

Jl. Taman Galaxy Raya, Bekasi Selatan, Bekasi.

Nggak bingung lagi kan harus ke mana kalau mau pesta kerang? Kalau kamu punya tempat makan kerang di Jakarta paling favorit yang belum ada di list ini, berikan ulasannya yuk di Nibble. Klik di sini untuk informasi lengkap tentang Nibble.

Cover photo source: @the.lucky.belly

Related Articles

Connect with Nibble