Foodies Guide To F&B Industry

7 Tips Foto Makanan untuk Bisnis Restoran Anda

April 30, 20194 min readTips & Tricks

Kemampuan mengambil foto makanan untuk bisnis restoran Anda sangatlah penting, baik itu fotonya digunakan di Instagram, situs, atau untuk flyers. Foto yang unik, menarik dan tampak lezat tidak hanya akan menarik pelanggan Anda, namun juga bisa meningkatkan nilai brand Anda dan meninggalkan impresi yang baik. Itulah kenapa Anda perlu mempelajari cara mengambil foto makanan demi kesuksesan bisnis restoran Anda. Berikut ada 7 tips yang bisa Anda lakukan untuk mengambil foto makanan berkualitas.

1. Pencahayaan

bisnis-restoran-02

Saat mengambil foto makanan, Anda harus mempertahankan rona alami dari makanan agar mampu menciptakan foto makanan realistis berkualitas tinggi.

  • Anda bisa mengambil foto makanan dengan latar belakang jendela besar, sehingga ada banyak sinar matahari yang masuk dan menerangi makanan Anda secara alami. Hindari harsh shadow yang akan menutupi rona alami makanan.
  • Anda juga harus menghindari pencahayaan indoor atau pencahayaan neon karena ini dapat mengubah warna makanan Anda.

2. Sudut Pandang

bisnis-restoran-03

Mencoba mengambil foto makanan dari sudut pandang yang berbeda dapat membuat Anda menangkap aspek yang menarik dan khas dari setiap menu makanan di bisnis restoran Anda.

  • Sudut yang Anda pilih harus menonjolkan elemen unik dari menu makanan yang Anda foto. Perhatikanlah bagaimana tekstur, warna, dan komposisi makanan terlihat berdasarkan sudut pandang yang berbeda.
  • Misalnya, sepiring makanan bisa terlihat sangat lezat saat kita mengambil fotonya dari atas. Penataannya yang flat saat foto diambil dari atas akan membuat pelanggan melihat semua bahan makanan yang ada di piring.
  • Namun, untuk makanan yang memiliki tinggi di atas rata-rata, seperti Burger, akan lebih baik difoto pada sudut 45 derajat atau pada sudut yang lurus. Dengan cara ini, pelanggan bisa melihat setiap lapisan dari makanan tersebut, sehingga hasilnya akan lebih menarik dan menggiurkan.

3. Action

bisnis-restoran-04

Aspek action ini tergantung pada hidangannya. Namun, pada dasarnya foto makanan akan terlihat lebih menggiurkan jika di dalamnya terdapat action dari seseorang. Ini akan membuat makanan terlihat lebih hidup dan terasa dapat dijangkau.

  • Untuk menghasilkan foto yang dinamis, Anda bisa mencoba untuk mengambil foto yang di dalamnya terdapat pergerakan.
  • Misalnya, Anda bisa memotret foto wafel dan pancake saat sirup maple sedang dituang atau gula bubuk sedang ditaburkan.
  • Atau bisa juga setiap foto melibatkan tindakan, seperti menaburkan garnish, menuang cairan ke mangkuk atau gelas, memotret tangan yang sedang memegang sesendok saus atau memotret jari yang sedang memegang makanan.

4. Editing

bisnis-restoran-05

Ada banyak sekali cara mengedit foto makanan yang bisa Anda gunakan agar foto Anda terlihat menonjol di social media. Untuk membuat foto Anda tampil sempurna, Anda bisa belajar menggunakan software Lightroom, Photoshop, atau platform editing lainnya.

5. Staging

bisnis-restoran-06

Pengaturan foto makanan sebaiknya tidak berlebihan dan saling melengkapi. Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini:

  • Gunakan background dan properti yang berbeda untuk mencari tahu mana yang terlihat paling bagus.
  • Anda bisa memulainya dengan mencoba menempatkan makanan di berbagai permukaan, seperti di meja atau di atas taplak meja. Atau bisa juga Anda menempatkan di atas countertop dengan tekstur kayu.
  • Agar foto makanan makin menarik, tempatkan properti foto di sekeliling makanan Anda, seperti hiasan, bunga, bahan makanan, alat makan, serbet, atau barang lainnya untuk menonjolkan makanan.

6. Brand

bisnis-restoran-07

Social media bisnis restoran Anda merupakan peluang untuk menghadirkan brand awareness bagi para pelanggan tanpa harus menginjakkan kaki ke restoran Anda. Jika bisnis restoran Anda tidak memiliki lokasi permanen atau Anda membuka usaha makanan yang hanya bisa dipesan melalui delivery saja, konten foto makanan adalah hal terpenting dari lainnya. Untuk alasan ini, sangatlah penting untuk mempertahankan penampilan yang luar biasa demi menonjolkan brand Anda di Instagram, situs, dan platform lainnya.

  • Seiring waktu berjalan, foto makanan Anda akan menjadi bagian dari kisah brand Anda.
  • Aplikasikan aturan brand Anda ke semua elemen foto yang Anda ambil, khususnya pada bagian staging, demi menciptakan keautentikan dan konsistensi.

7. Inspirasi

bisnis-restoran-08

Sebelum mengambil foto makanan untuk bisnis restoran Anda, ada baiknya untuk mempelajari hasil foto dari fotografer makanan favorit Anda. Anda juga harus meluangkan waktu untuk memeriksa setiap elemen foto makanan di restoran Anda, mulai dari pencahayaan, styling, cropping, dan editing. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat terbantu untuk mempelajari hal apa saja yang ingin Anda capai dalam foto makanan Anda.

Tidak sulit bukan menciptakan foto makanan yang sedap dipandang? Jangan remehkan kekuatan foto makanan karena ini bisa meningkatkan penjualan di bisnis restoran Anda. Jadi tak ada salahnya jika sekarang Anda mulai belajar teknik mengambil foto yang baik.

Photos source: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble