Foodies Guide To F&B Industry

7 Tips untuk Membuat Restoran Ramah Anak

December 30, 20183 min readReviews

Buat keluarga yang punya anak kecil, makan di restoran ramah anak bisa menjadi momen kumpul bersama keluarga yang membuat pikiran lebih relax dan bebas stres. Orang-orang yang memilih untuk makan di restoran ramah anak cenderung mempertimbangkan banyak hal. Apakah makanannya menarik untuk anak yang picky eater, apakah di restoran tersebut terdapat playground atau aktivitas buat menghibur anak-anak, dan lain sebagainya. Jika Anda hendak menciptakan restoran ramah anak, Anda bisa mewujudkannya dengan mempersiapkan beberapa hal berikut ini.

1. Siapkan Menu untuk Anak

Membuat menu makanan untuk si kecil butuh strategi. Sebagian besar menu untuk anak disediakan buat anak-anak usia 12 tahun ke bawah. Menu tersebut harus mengakomodir selera banyak anak. Anak usia 11 tahun tentu saja tidak terlalu tertarik menyantap makanan anak usia 4 tahun. Yang paling aman, buatlah makanan yang menyerupai menu orang dewasa, tapi dalam porsi yang lebih sedikit. Selain itu, agar pelanggan senang, Anda bisa menyiapkan free snack, seperti crackers atau dry cereal yang bisa ditawarkan ke anak-anak selagi mereka menunggu makanan utama datang.

2. Tawarkan Promo Spesial untuk Keluarga

Agar pelanggan makin tertarik untuk makan di restoran Anda, cobalah untuk menawarkan promo spesial di hari tertentu, misalnya saat weekend. Promonya bisa berupa diskon atau memberi dessert gratis buat anak-anak.

3. Lengkapi Restoran Anda dengan Hiburan untuk Anak

Selain menawarkan menu untuk anak, restoran ramah anak juga perlu menyiapkan hiburan agar anak-anak tidak bosan. Anak yang bosan biasanya akan membuat sikapnya lebih rewel dan bisa membuat orang tua meninggalkan restoran Anda lebih cepat. Jadi, carilah cara untuk menghibur anak-anak, misalnya, memberikan placemats yang di baliknya bisa berfungsi sebagai kertas untuk mewarnai.

4. Sediakan Perlengkapan Anak

restoran-ramah-anak-05

Jika Anda hendak menciptakan restoran ramah anak, pastikan Anda juga menyiapkan perlengkapan untuk anak, seperti high chair, booster seats, atau ruang untuk ganti popok anak.

5. Buat Play Area untuk Anak

Anda bisa menyiapkan satu area khusus untuk anak berlari-larian dan bermain agar anak-anak tidak rewel saat harus menunggu makanan. Dorong orang tua agar mereka membiarkan anaknya main di area tersebut. Ini bisa membantu para orang tua untuk menikmati waktu makan mereka dan membuat mereka bisa bersosialisasi. Pastikan area bermain terbuka dan dapat dipantau langsung oleh orang tua. Anda bisa memberikan tambahan pagar atau staff untuk menjaga area bermain tersebut.

6. Pastikan Restoran Aman

Selain menyiapkan area bermain, menu untuk anak, serta hiburannya, Anda juga harus memastikan area restoran Anda cukup aman untuk anak-anak. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, antara lain:

1. Segera atasi jika ada lantai yang licin dan basah. Beri tanda hati-hati agar para orang tua lebih waspada.

2. Tutup stop kontak listrik, khususnya yang berada dekat meja pelanggan.

3. Lapisi sudut-sudut meja yang tajam dengan pelindung.

Anda juga harus melatih pelayan restoran agar mereka mampu berinteraksi dengan anak-anak.

7. Menyiapkan Meja yang Besar

Ketika mencarikan tempat duduk untuk pelanggan yang membawa anak kecil, pilihkan area meja yang lebih luas. Para orang tua pasti butuh space tambahan untuk meletakkan diaper bag dan mainan anaknya. Jadi misalkan mereka datang berempat, pilihkan meja yang cukup untuk 6 orang. Dengan cara ini, para orang tua akan lebih nyaman menikmati waktu yang mereka habiskan di restoran ramah anak milik Anda.

Anda bisa memulai langkah-langkah di atas untuk menciptakan restoran ramah anak. Jika cara-cara tersebut berhasil diaplikasikan, restoran Anda tentu akan menjadi destinasi nomor satu yang akan dipilih oleh banyak keluarga lainnya.

Photo source: freepik

Related Articles

Connect with Nibble