Foodies Guide To F&B Industry

8 Cara Menyiasati Sepinya Toko Ice Cream di Musim Hujan

February 26, 20194 min readReviews

Saat cuaca sedang dingin, hujan turun terus setiap hari, keinginan orang-orang untuk makan ice cream pasti sirna. Banyak toko ice cream yang mengalami penurunan jumlah pengunjung dan pendapatan di musim hujan. Meski begitu, ini tidak berarti toko ice cream Anda harus tutup selama musim hujan. Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Jika masih bingung, mari simak beberapa informasi mengenai cara mendapatkan keuntungan dari penjualan toko ice cream di musim hujan, serta tips-tips lainnya berikut ini.

1. Pasarkan Menu Baru, Seperti Minuman Hangat

toko-ice-cream-02

Biarpun Anda membuka toko ice cream, itu tidak berarti kalau Anda hanya boleh menyajikan ice cream saja. Cobalah berpikir dengan cara yang berbeda dan ciptakan produk baru untuk ditawarkan ke pelanggan, seperti minuman hangat. Udara dingin selama musim hujan pasti membuat orang cenderung mencari minuman untuk menghangatkan perut mereka. Anda bisa menawarkan sajian minuman kopi atau cokelat hangat. Saat Anda mempromosikan menu baru tersebut, pastikan Anda memberikan informasi kalau menu tersebut hanya tersedia dalam waktu yang terbatas agar para pelanggan semakin penasaran untuk mencobanya. Jangan lupa untuk menyajikan minuman hangat dengan kualitas terbaik di toko ice cream Anda agar pelanggan kembali lagi.

Jika Anda beruntung, orang-orang yang mampir untuk mencicipi minuman hangat di toko ice cream Anda mungkin membawa anak atau saudaranya ikut serta. Umumnya, anak-anak suka sekali dengan ice cream dan tidak masalah untuk mencicipinya meski sedang musim hujan. Itulah kenapa Anda harus bersikap fleksibel dalam menjalani bisnis Anda untuk mencoba segala kemungkinan yang memiliki kesempatan keberhasilan.

2. Sajikan Beragam Dessert

toko-ice-cream-03

Daripada hanya berfokus untuk menawarkan ice cream saja selama musim hujan, kenapa tidak untuk mencoba fokus menawarkan kreasi dessert baru, seperti Apple Pie hangat yang akan sempurna saat disajikan dengan ice cream. Ada berbagai macam dessert yang sangat cocok disandingkan dengan ice cream, seperti Waffle, Pisang Goreng, Roti Bakar, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan penjualan tanpa harus menghilangkan ice cream dalam menu di toko ice cream Anda.

3. Tawarkan Rasa Ice Cream yang Baru

toko-ice-cream-04

Selain menawarkan menu baru, Anda juga bisa menciptakan rasa ice cream yang baru. Anda bisa menyajikan ini selama musim hujan saja. Sehingga banyak orang yang penasaran dan berebutan untuk mencoba rasa baru dari toko ice cream Anda tersebut.

4. Posting di Social Media

toko-ice-cream-05

Kekhawatiran yang dirasakan oleh para pemilik toko ice cream selama musim hujan bukan hanya takut penjualan mereka akan menurun, tapi juga takut dilupakan oleh para pelanggan Anda. Agar hal ini tidak terjadi pada toko ice cream Anda, aktiflah berinteraksi dengan pelanggan melalui social media. Anda bisa mengunggah foto ice cream terfavorit di toko ice cream Anda untuk mengingatkan mereka kalau menu ini adalah yang terbaik. Jangan lupa juga untuk mengunggah informasi mengenai menu baru yang Anda sajikan selama musim hujan. Dengan cara tersebut, para pelanggan Anda tidak akan melupakan Anda meski mereka belum tertarik untuk mencicipi ice cream selama musim hujan. Setidaknya, mereka tetap update dengan perkembangan terbaru dari toko ice cream Anda.

5. Sesuaikan Jam Operasional

toko-ice-cream-06

Jika toko ice cream Anda selalu buka pukul 09.00-21.00 setiap hari, Anda bisa memotong jam operasional lebih sebentar. Ini akan membuat ice cream Anda dinanti-nanti oleh pelanggan karena jam operasionalnya yang terbatas.

6. Kurangi Jumlah Karyawan Selama Musim Hujan

toko-ice-cream-07

Untuk meminimalisir pengeluaran gaji karyawan, Anda bisa memperkerjakan karyawan kontrak lebih banyak selama musim kemarau. Sehingga di musim hujan, karyawan Anda tidak sebanyak biasanya. Atau bisa juga Anda turun langsung menjaga toko Anda selama musim hujan untuk mengurangi pengeluaran tambahan.

7. Kurangi Produksi Ice Cream

toko-ice-cream-08

Saat jam operasional dan jumlah karyawan sudah dikurangi, ini saatnya untuk mengurangi produksi di toko ice cream Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu terlalu khawatir ada banyak ice cream yang tidak laku terjual.

8. Berikan Potongan Spesial

toko-ice-cream-09

Agar pengunjung tetap meramaikan toko ice cream Anda, cobalah untuk memberikan potongan spesial selama musim hujan. Dengan penawaran harga yang lebih murah, pelanggan mungkin akan lebih tertarik untuk mencoba ice cream Anda.

Banyak sekali bukan tips yang bisa Anda coba untuk tetap bisa memaksimalkan penjualan toko ice cream Anda di musim hujan? Jangan ragu atau khawatir lagi, ayo coba aplikasikan beberapa tips di atas agar toko ice cream Anda tetap ramai.

Photo source: Unsplash

Related Articles

Connect with Nibble