Foodies Guide To F&B Industry

8 Cireng di Jakarta yang Renyah, Kenyal, dan Enak

July 12, 20184 min readFoodie Trends

Cireng merupakan salah satu jenis gorengan asal Bandung yang sederhana, tapi bikin nagih. Cireng di Jakarta terbuat dari tepung kanji. Tekstur bagian luarnya garing, tapi bagian dalamnya empuk, kenyal, dan terasa gurih. Biasanya Cireng disajikan dengan bumbu rujak. Tak jarang hanya dimakan dengan cabe rawit saja. Kalau umumnya kamu menemukan Cireng di tukang gorengan pinggir jalan, kini udah banyak restoran atau cafe yang menyajikan Cireng sebagai cemilan buat teman nongkrong. Yang jelas Cireng-Cireng buatan mereka pasti lebih bersih dan bervariasi. Mau tahu saja di mana kamu bisa mencicipi Cireng terbaik ibu kota? Simak saja guide berikut ini.

1. Warunk Upnormal

cireng-di-jakarta-02

Photo source: Nibble - Jktfoodventure

Warunk Upnormal memang jagoan dalam menghidangkan comfort food. Selain punya varian Indomie yang bikin kamu tergila-gila, mereka juga punya Cireng di Jakarta yang nagihin banget. Cirengnya dimasak dengan sempurna, garing saat digigit dan lembut di bagian dalam. Rasanya makin mantap saat dicelup ke dalam saus bumbu rujak yang pedas-pedas manis.

Lokasi:

Warunk Upnormal

Jl. Cempaka Putih Raya No. 102, Cempaka Putih, Jakarta. Telp. 0817-4976-565.

2. Namaaz Dining

cireng-di-jakarta-03

Photo source: Nibble - placetogoandeat

Cireng buatan Namaaz Dining bisa dibilang Cireng di Jakarta yang paling mahal. Jangan kaget, Cireng ini merupakan salah satu menu dari rangkaian makanan ala gastronomi. Bicara tentang gastronomi, yang terlintas di pikiran kita pasti adalah keunikannya. Cireng yang satu ini memang unik. Bentuknya nggak seperti Cireng, tapi dibikin sama dengan Churros. Namun, saat digigit langsung terasa sensasi Cirengnya. Menu ini disajikan lengkap dengan saus sambal yang mengombinasikan kacang, udang, dan nanas.

Lokasi:

Namaaz Dining

Jl. Gunawarman No. 42, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 33061000.

3. Coma Coffee

cireng-di-jakarta-04

Photo source: Nibble - sisternomnom

Buat yang rumahnya di daerah Daan Mogot, kamu bisa langsung menuju ke Coma Coffee untuk mencicipi Cireng di Jakarta. Rasanya gurih banget, makin enak saat dimakan dengan cocolan bumbu rujak.

Lokasi:

Coma Coffee

Jl. Nirmala Raya No. 8A, Daan Mogot, Jakarta. Telp. 0853-1331-7477.

4. Warung Urban

cireng-di-jakarta-05

Photo source: Nibble - eatimology

Kenikmatan sajian Cireng di Jakarta dari Warung Urban mantap banget. Perpaduan bumbu manis pedas dan gurihnya Cireng bikin ketagihan banget. Selain itu, ada banyak menu juga yang bisa kamu cicipin di sini, mulai dari Nasi Goreng Tomyam Seafood, Ayam Geprek, hingga Susu Green Tea yang cita rasanya tak mengecewakan.

Lokasi:

Warung Urban

Jl. Tebet Utara Dalam No. 1A, Tebet, Jakarta. Telp. 0812-2838-8044.

5. Madame Lily

cireng-di-jakarta-06

Photo source: Nibble - stefan.rafales

Cireng di Jakarta tak hanya bisa ditemukan di pinggir jalan, tapi juga di dalam mall berkelas, seperti Plaza Indonesia. Di mall ini, terdapat Madame Lily yang akan memanjakan kamu dengan Cireng Udang. Crispy, kenyal, dan sticky, itulah kata-kata yang dapat menggambarkan Cireng di sini. Rasa gurihnya pas banget saat dipadukan dengan saus pedas manis. Cocok menjadi menu pembuka sebelum kamu menyantap Sop Iga atau Rendang Wagyu andalan Madame Lily.

Lokasi:

Madame Lily

Plaza Indonesia, Lantai 4 Beauty Floor, Jl. MH. Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 29923868.

6. Bellycious

cireng-di-jakarta-07

Photo source: Nibble - monique

Berlokasi di kawasan Pluit, Bellycious menawarkan Cireng di Jakarta yang inovatif dan beda dari Cireng pada umumnya. Kalau biasanya Cireng disajikan dengan saus bumbu rujak, di sini kamu bisa merasakan Cireng dengan salted egg sauce yang pecah banget di mulut. Kesedapannya tak perlu diragukan lagi. Tempatnya pun juga cozy dan nyaman untuk nongkrong berlama-lama.

Lokasi:

Bellycious

Jl. Pluit Karang Utara, Blok A3 No. 141, Pluit, Jakarta. Telp. 0818-2213-52.

7. Taucy

cireng-di-jakarta-08

Photo source: Nibble - duoeaters

Apa jadinya saat Cireng di Jakarta berduet dengan Tahu? Kamu bisa cari tahu rasanya di Taucy. Gabungan Cireng Tahu ini unik banget. Bagian luarnya rasa Cireng, dan tengahnya rasa Tahu. Di sini ada beberapa pilihan saus untuk pendamping Cireng Tahu, yaitu saus original yang adalah saus kecap pedas, cabe rawit, seaweed, dan BBQ.

Lokasi:

Taucy

Harmonie Exchange Lantai 1, Jl. Hayam Wuruk VI, Hayam Wuruk, Jakarta. Telp. 0815-6006-213.

8. 3 Cooks Café

cireng-di-jakarta-09

Photo source: @hobijajan

Siapa yang suka banget sama saus telur asin? Mau cobain Cireng dengan lelehan saus telur asin? Itu artinya kamu harus ke 3 Cooks Cafe di Bekasi. Rasanya bikin laper banget. Super gurih, crispy, dan kenyal. Harganya pun murah. Menu-menu lainnya juga unik, salah satunya ada Cheesy Fried Rice yang berupa Nasi Goreng dengan lelehan keju mozarella di atasnya.

Lokasi:

3 Cooks Café

Jl. Raya Pekayon No. 150, Bekasi Selatan, Bekasi. Telp. (021) 82736012.

Makin tak sabar mencicipi aneka Cireng di Jakarta? Kamu bisa mencari rekomendasi lebih banyak lagi di Nibble. Klik di sini untuk informasi tentang Nibble.

Cover photo source: @the.lucky.belly

Related Articles

Connect with Nibble