Foodies Guide To F&B Industry

8 Gudeg di Jakarta yang Kelezatannya Melegenda

September 7, 20174 min readTips & Tricks

Siapa bilang nyari Gudeg di Jakarta itu susah? Kota ini punya beberapa spot makan Gudeg legendaris yang sudah buka sejak puluhan tahun yang lalu. Kalau kamu suka kangen sama rasa Gudeg yang khas kamu bisa langsung menuju ke tempat rekomendasi dari kita berikut ini. Siap-siap ketagihan ya karena keautentikan rasanya terjamin.

1. Gudeg Pejompongan

gudeg-di-jakarta-02

Photo source: @goestiwijoyo

Inilah pilihan terbaik saat kamu ngidam Gudeg basah ala Yogyakarta. Rasa Gudeg di Jakarta ini mirip banget sama yang di Jogja, tidak terlalu manis, dan makin dahsyat saat ditambah rawit. Suasana tempat makannya juga beraura tradisional yang sederhana. Untuk menikmati sepiring Gudeg Ayam, kamu harus menyiapkan sekitar Rp.36.000. Porsi menunya besar, dan di dalamnya lengkap sudah ada Gudeg, Krecek, dan Ayam.

Lokasi:

Gudeg Pejompongan

Jl. Bendungan Hilir Raya, Bendungan Hilir, Jakarta. Telp. (021) 5734691.

2. Gudeg Kandjeng

gudeg-di-jakarta-03

Photo source: @r_jokosampurno

Nama Gudeg Kandjeng di Blok M sangatlah terkenal dan melegenda. Terlihat dari tempat makannya yang oldies tapi nyaman. Aroma Gudeg di Jakarta yang ada di sini wangi banget, sehingga sukses bikin siapapun makin kelaparan. Gudeg Basah buatan mereka terasa manis, sebagai pendampingnya ada sambal bledek yang bikin rasanya makin mantap. Perpaduan cabe hijau dan Gudegnya sangat sempurna. Ditambah lagi, ada Ayam Goreng kandjeng yang luar biasa lezat.Dagingnya empuk, dan wangi bumbu ungkepnya tercium semerbak.

Lokasi:

Gudeg Kandjeng

Jl. Hang Tuah 10 No. 10, Blok M, Jakarta. Telp. (021) 71594977.

3. Nasi Gandul Bu Endang

gudeg-di-jakarta-04

Photo source: @eat.time.story

Mau makan Nasi Gudeg di Jakarta dengan harga murah dengan topping melimpah ruah? Kamu bisa mampir ke Nasi Gandul Bu Endang. Harga satu Porsi Gudeg di sini sekitar Rp.25.000. Krecek, telur, ayam, dan Gudengnya tidak pelit. Kesedapannya lengkap dalam satu piring. Belum lagi ada menu Nasi Gandul andalan tempat makan ini juga yang nggak kalah enaknya dan harus dicoba.

Lokasi:

Nasi Gandul Bu Endang

Jl. Pesanggrahan No. 14, Puri Indah, Jakarta. Telp. (021) 98122189.

4. Ayam Goreng Aroma

gudeg-di-jakarta-05

Photo source: @chefdward

Restoran yang satu ini tidak hanya populer dengan hidangan Ayam Goreng. Mereka juga menawarkan Gudeg di Jakarta yang rasanya tidak ada duanya. Buat yang tidak suka Gudeng dengan rasa yang terlalu manis, lidah kamu pasti cocok dengan Gudeg di sini. Ayam Opor yang menemani seporsi Gudegmu juga memiliki bumbu yang sangat meresap. Selain Gudeg, kamu juga bisa memanjakan perutmu dengan Ayam Penyet dan Ayam Kremes.

Lokasi:

Ayam Goreng Aroma

Jl. Matraman Raya No. 18, Matraman, Jakarta. Telp. (021) 29821425.

5. Aromanis

gudeg-di-jakarta-06

Photo source: @meiilo

Bayangkan makan makanan khas Indonesia di restoran yang suasananya modern dan menyenangkan. Kamu bisa merasakan pengalaman ini di Aromanis Menteng. Ada beragam menu masakan Indonesia, termasuk Gudeg di Jakarta yang siap diserbu. Beda dari yang lain, Gudeg di sini disajikan di atas lembaran daun pisang. Karena itulah menu ini dinamakan Nasi Gudeg Pincuk. Nasinya sangat pulen, ayamnya pun terasa lembut dan gurih.

Lokasi:

Aromanis

Jl. Johar No. 1, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 22390550.

6. Kopi Legit

gudeg-di-jakarta-07

Photo source: Nibble - biteandbrew

Jika kebetulan kantor atau kampus kamu berlokasi di daerah Plaza Semanggi, tidak ada salahnya mencoba Nasi Gudeg di Jakarta yang ditawarkan oleh Kopi Legit. Interiornya homey dan nyaman. Nasi Gudeg di sini jempolan abis. Rasanya sangat nikmat, kuah santannya tidak terlalu kental, dan terasa gurih. Bahkan Tempe Bacem yang sederhana pun terasa wah saat sampai di lidah karena bumbunya meresap sekali ke dalam tempenya.

Lokasi:

Kopi Legit

Plaza Semanggi, Lantai Ground, Jl. Jenderal Sudirman, Sudirman, Jakarta. Telp. (021) 25539800.

7. Seven 8 Nine Food Center

gudeg-di-jakarta-08

Photo source: Nibble - mgdalenaf

Buat kalian yang sukanya nongkrong di foodcourt gaul seperti di Seven 8 Nine Food Center, jangan sampai kelewatan nyobain Gudeg di Jakarta racikan salah satu food stall di tempat ini. Jangan remehkan rasanya ya. Kamu pasti akan kaget karena Gudeg ini sangat berbumbu. Pedasnya pun nggak nanggung-nanggung, bikin keringetan menyantapnya.

Lokasi:

Seven 8 Nine Food Center

Jalan Panjang No. 77, Kebon Jeruk, Jakarta.

8. Depot Es Nini Thowong

gudeg-di-jakarta-09

Photo source: @rudybun

Penyuka masakan Jawa rugi banget kalau nggak pernah coba makan di Depot Es Nini Thowong yang lokasinya ada di Tanah Abang ini. Restoran ini legend abis, semua rasa makanannya benar-benar khas Jawa dan autentik. Nasi Gudeg di Jakarta di sini sangat istimewa. Isinya ada gudeg, krecek, rendang, ayam, dan sambal super pedas. Ayamnya lembut, dan kreceknya tidak mengecewakan. Untuk minumannya, kamu bisa pesan Es Beras kencur yang tidak terasa jamu sama sekali.Wangi gula jawanya dan kesegarannya bikin siapapun jatuh cinta.

Lokasi:

Depot Es Nini Thowong

Jl. Cideng Timur No. 67, Tanah Abang, Jakarta. . Telp. (021) 3807888.

Nggak nyangka ya masakan tradisional seperti Gudeg di Jakarta bisa terlihat begitu menggiurkan? Buat kamu yang butuh rekomendasi tempat lebih banyak lagi, bisa langsung cek di Nibble ya. Klik di sini untuk informasi lengkap tentang Nibble.

Cover photo source: Nibble - bocahlemak

Related Articles

Connect with Nibble