8 Jenis Dimsum di Jakarta yang Harus Kamu Nikmati

  • Atalya Anggraini
  • Tuesday July 11th, 2017
dimsum-di-jakarta-01

Salah satu masakan Chinese yang banyak disukai orang adalah Dimsum di Jakarta. Dim Sum merupakan makanan khas Cantonese yang disajikan dengan ukuran kecil di dalam wadah bambu. Rasa makanan mungil ini sangat beragam, ada yang manis, savory, serta ada yang diolah dengan cara dikukus, panggang, atau goreng. Berhubung porsinya itu kecil-kecil, ini bisa bikin kita pesan banyak jenis Dimsum dalam satu kali makan. Dengan begitu, kita bisa mencoba aneka rasa Dimsum yang disediakan restoran tujuan kita. Ngomongin jenis Dimsum di Jakarta, kalau di total ada banyak sekali. Namun ada 8 jenis yang paling populer dan mudah didapatkan di mana-mana. Penasaran? Cek aja list berikut ini.

 

1. Siu Mai

dimsum-di-jakarta-02

Photo source: @anak.kuliner

Siu Mai atau yang juga biasa dikenal dengan sebutan shao mai atau siomai ini datang dari Dim Sum jenis dumpling yang dikukus. Ini beda dengan Siomay Bandung. Dumpling yang satu ini berbentuk terbuka sehingga isinya itu menyembul keluar, tampak seperti bunga. Berasal dari daerah Guangdong, Siomai biasanya berisi pork dan shrimp. Kalau kamu mau cari Dimsum di Jakarta yang satu ini, datanglah ke Maystar. Siomay di sana beda dari yang lain karena di atasnya ada topping unagi, crabstick, dan lain-lain. Makin bikin semangat buat menyantapnya.

 

Siu Mai di Jakarta:

Maystar

Central Park, Lantai Lower Ground, Jl. Letjen S. Parman, Tanjung Duren, Jakarta. Telp. (021) 56985422.

 

2. Hakau

dimsum-di-jakarta-03

Photo source: thefoodescape

Masih dari keluarga Dumpling, ada Hakau yang cukup dikenal di Jakarta. Bentuknya bulat, di luarnya ada lapisan kulit pangsit yang tipis, dan bagian dalamnya berisi udang cincang yang enak sekali rasanya. Untuk menikmati Dimsum di Jakarta ini, kamu bisa meluncur ke Li Feng. Ketebalan kulitnya pas, udang yang digunakan pun juicy dan fresh.

 

Hakau di Jakarta:

Li Feng

Mandarin Oriental Hotel, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. (021) 29938825

 

3. Chicken Feet

dimsum-di-jakarta-04

Photo source: @meetmeinmytummy

Chicken Feet atau Phoenix Claws bisa dimasak dengan cara dikukus, deep fried, atau direbus. Meski bagian kaki ayam memiliki sedikit daging dan banyak sekali tulang rawan, rasanya yang tasty membuat banyak pecinta kuliner jatuh cinta dengan jenis Dimsum di Jakarta ini. Apalagi saat dimasak dengan black bean sauce seperti yang Tim Ho Wan lakukan. Bumbunya itu meresap banget sampai ke bagian dalam daging, bikin kamu rela menghabiskan lebih dari satu porsi Chicken Feet sekali makan.

 

Chicken Feet di Jakarta:

Tim Ho Wan

Ruko Crown Golf, Blok D No. 8-10, Bukit Golf Mediterania, Jl. Marina Indah Raya, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Telp. (021) 22510205.

 

4. Spring Rolls

dimsum-di-jakarta-05

Photo source: Nibble - missnomnom

Ada juga Dimsum di Jakarta berjenis Rolls yang banyak disukai orang-orang. Spring Roll salah satu yang paling sering dipesan para penggemar Dimsum. Ini adalah gulungan kulit pangsit yang diisi dengan beragam potongan sayuran, seperti wortel, kol, jamur, dan terkadang juga ada daging. Setelah itu, gulungan ini digoreng sebelum disajikan ke hadapan kita. Buat yang rumahnya di daerah Karawaci, kamu bisa ke Yumzaa untuk menyantap Spring Rolls yang mantap.

 

Spring Rolls di Jakarta:

Yumzaa

Supermal Karawaci, Lantai Ground, Jl. Boulevard Diponegoro No. 105, Karawaci, Tangerang. Telp. (021) 54211534.

 

5. Sesame Balls

dimsum-di-jakarta-06

Photo source: @wiwiekhanafiyuwono

Jenis Dimsum di Jakarta nggak cuma ada yang rasanya gurih-gurih aja. Kamu juga bisa makan Dimsum yang terasa manis seperti Sesame Balls. Di Indonesia, Dimsum jenis ini dikenal dengan sebutan Onde Onde. Kalau versi tradisionalnya, Sesame Balls biasanya diisi dengan kacang merah. Tapi kini makin banyak restoran yang berinovasi dengan kreasi Sesame Balls ini. Jika mau coba yang berbeda, kamu bisa mampir ke The Duck King. Mereka punya Sesame Balls yang ukurannya super besar dan rasanya benar-benar lezat.

 

Sesame Balls di Jakarta:

The Duck King

Pondok Indah Mall 2, Lantai 3, Jl. Metro Pondok Indah, Pondok Indah, Jakarta. Telp. (021) 75920612

 

6. Xiao Long Bao

dimsum-di-jakarta-07

Photo source: @hungrynyc

Ketika bicara tentang Dumpling paling gurih, Xiao Long Bao harus jadi pilihan utama. Di dalamnya ada daging, seafood, bahkan kuah kaldu yang rasanya flavorful banget. Dimsum di Jakarta yang juga disebut Soup Dumpling ini punya kulit yang sangat tipis, jadi hati-hati ya saat mengangkatnya. Kalau suka jenis Dimsum yang ini, pastikan kamu mencoba Xiao Long Bao buatan Paradise Dynasty yang terdiri dari 8 warna yang berbeda. Isinya juga beda-beda, ada foie gras, black truffles, pork, crab roe, garlic, cheese, ginseng, and Szechuan XLB.

 

Xiao Long Bao di Jakarta:

Paradise Dynasty

Plaza Senayan, Lantai 5, Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta. Telp. (021) 57900146.

 

7. Kuotie

dimsum-di-jakarta-08

Photo source: @stallonation

Kuotie adalah jenis Dumpling yang dimasak dengan cara digoreng. Kamu akan dimanjakan dengan filling daging dan sayuran. Biasanya ukurannya itu lebih panjang dari Siomay dan Hakau. Bentuknya sering disama-samakan dengan Dumpling ala Jepang bernama Gyoza. Salah satu tempat makan Dimsum di Jakarta yang terkenal dengan Kuotie super enak adalah Kuotie Shantung 77. Restoran di daerah Mangga Besar ini legendaris banget. Kuotienya enak, garing, dan bikin nagih.

 

Kuotie di Jakarta:

Kuotie Shantung 77

Jl. Mangga Besar 1 No. 20, Kota, Jakarta. Telp. 0819-0814-7789.

 

8. Bakpao

dimsum-di-jakarta-09

Photo source: @henjiwong

Tekstur Bakpao itu seperti roti, empuk sekali. Dimsum di Jakarta ini dimasak dengan cara dikukus. Isinya bisa bermacam-macam, ada yang Pork, daging cincang, dan yang lagi hits banget adalah Bakpao berisi Salted Egg Yolk. Kalau mau nyicipin rasa yang satu itu, kamu bisa ke Jia Dining. Mereka punya Bakpao yang bentuknya lucu sekali. Saat Bakpao ini ditusuk dengan sumpit, fillingnya mengalir keluar. Rasanya pun enak dan meleleh di mulut.

 

Bakpao di Jakarta:

Jia

Shangri-La Hotel, Lantai 1, Jl. Jend. Sudirman, Sudirman, Jakarta. Telp. (021) 29229999.

 

Banyak banget kan jenis Dimsum di Jakarta yang wajib dicoba? Jenis apa yang paling kamu suka? Bagikan yuk ulasannya di Nibble. Klik di sini untuk info lengkap tentang Nibble.

 

Cover photo source: @songofmarch

Write some comments

Related posts