Foodies Guide To F&B Industry

8 Jenis Mie di Indonesia yang Enaknya Kebangetan

August 25, 20175 min readTips & Tricks

Asal usul Mie di Indonesia memang tidak lepas dari pengaruh Tionghoa, yang merupakan tempat asal mie di dunia. Meski begitu, tidak semua jenis Mie di Indonesia memiliki rasa dan racikan yang seragam seperti negeri asalnya. Di setiap daerah, kamu akan menemukan mie khas yang keunikannya berbeda dari satu kota ke kota lain. Kali ini kita akan membahas 8 jenis Mie di Indonesia yang paling terkenal enak dan harus kamu cobain.

1. Soto Mie

mie-di-indonesia-02

Photo source: @shecreatbelly

Soto Mie merupakan hidangan khas Bogor yang terdiri dari kuah kaldu khas Soto, mie kuning, risol, kikil, babat, tomat, kol, dan kentang. Jenis Mie di Indonesia ini memang sangat unik, isinya rame banget dan rasanya saling melengkapi.

Untuk menikmati hidangan spesial ini di Jakarta, kamu tidak perlu jauh-jauh ke Bogor. Berkunjunglah ke daerah Mangga Besar karena di sana ada Henis yang punya Soto Mie legendaris. Kuah kaldunya begitu gurih, dagingnya empuk, sayurannya segar, dan yang pasti porsinya besar.

Soto Mie di Jakarta:

Henis

Jl. Mangga Besar No. 27, Mangga Besar, Jakarta 10120. Telp. (021) 6296501.

2. Mie Aceh

mie-di-indonesia-03

Photo source: @sovifooddiary

Sesuai namanya, Mie di Indonesia yang satu ini berasal dari Aceh. Keistimewaan Mie Aceh terletak pada kuahnya yang menggunakan kuah kari pedas dan kental. Rempah-rempahnya cukup kuat, tapi tetap enak. Mie yang digunakan pada sajian ini berwarna kuning cerah dengan bentuk yang tebal dan pipih. Mie Aceh bisa diolah dengan cara digoreng, diberi kuah, atau digoreng basah. Rasa ketiganya sama-sama bisa bikin kamu jatuh cinta.

Kalau ngomongin Mie Aceh di Jakarta, tidak akan lengkap tanpa menyebut Mie Aceh Seulawah. Salah satu outletnya yang paling populer terletak di Bendungan Hilir. Saat makan di sini, kamu harus memilih Mie Aceh Kepiting. Penyajian kepiting sebagai toppingnya nggak tanggung-tanggung, diberikan satu kepiting utuh di atas Mie Aceh kamu. Untuk rasa sudah pasti juara dan terasa rich sekali di lidah.

Mie Aceh di Jakarta:

Mie Aceh Seulawah

Jl. Bendungan Hilir Raya No. 8, Bendungan Hilir, Jakarta. Telp. (021) 5708660.

3. Mie Jawa

mie-di-indonesia-04

Photo source: @anakdewa

Mie Jawa atau lebih dikenal dengan sebutan Mie Tek Tek merupakan salah satu jenis Mie di Indonesia yang paling favorit. Mie yang berasal dari Yogyakarta ini mudah sekali ditemukan di deretan pedagang kaki lima di Jakarta yang juga menjual Nasi Goreng. Rasanya memang sangat nikmat, menu ini diolah dengan cara digodog atau digoreng, lalu dilengkapi dengan suwiran daging ayam, telur, dan bumbu-bumbu yang khas.

Selain bisa dinikmati di kaki lima, kamu bisa menyantap comfort food ini di salah satu restoran di Bintaro bernama Bakmi Jogja Mbak Titut. Kuahnya berasa banget dan rasanya autentik Jogja. Kamu juga wajib mencoba Bakmi Nyemek saat ke sini, rasanya cenderung manis dan disajikan dengan sedikit kuah.

Mie Jawa di Jakarta:

Bakmi Jogja Mbak Titut

Jl. Bintaro Raya No. 23, Bintaro, Jakarta. Telp. (021) 27516080.

4. Mie Celor

mie-di-indonesia-05

Photo source: Nibble - eattravel.id

Lain lagi dengan jenis Mie di Indonesia yang berasal dari Palembang di Sumatera Selatan. Buat yang suka masakan bersantan pasti suka karena Mie ini disajikan dengan kuah santan yang kental dengan campuran kaldu ebi yang gurih. Di dalamnya, selain Mie kuning yang tebal, ada pula irisan telur rebus, tauge, daun bawang, seledri, serta bawang goreng yang membuat rasanya makin maksimal.

Nggak usah bingung cari hidangan ini di Jakarta, kamu bisa ke Musi Sari di Serpong. Siap-siap dimanjakan dengan Mie Celor yang terasa pas. Pempek di sini juga tidak amis dan enak banget.

Mie Celor di Jakarta:

Musi Sari

Ruko Jalur Sutera 29D, Jl. Jalur Sutera, Serpong Utara, Tangerang.

5. Mie Kocok

mie-di-indonesia-06

Photo source: @sesamestreetfood

Kamu pasti sudah familiar dengan Mie Kocok Bandung. Jenis Mie di Indonesia ini dinamakan Mie Kocok karena saat dibuat, mie kuning gepengnya dikocok-kocok sambil dicelupkan ke air panas. Tekstur mienya lembut sekali, dan kamu bisa memakannya dengan kuah kaldu, tauge, dan potongan kikil di dalamnya.

Salah satu kelezatan Mie Kocok di Jakarta bisa dicicipi di Mie Kocok Bandung yang berlokasi di Cipete Raya. Cita rasanya sangat berkualitas, tekstur kikilnya empuk, taugenya renyah, dan kuahnya bikin nagih.

Mie Kocok di Jakarta:

Mie Kocok Bandung

Jl. Cipete Raya No. 7, Fatmawati, Jakarta. Telp. (021) 7511692.

6. Mie Tiaw

mie-di-indonesia-07

Photo source: @irvandoezil

Sekilas namanya mirip seperti Kwetiau, bentuknya pun juga tidak berbeda. Jenis Mie di Indonesia ini asli dari Pontianak. Tidak perlu heran kenapa Mie Tiaw bisa sama seperti Kwetiau, Kota Pontianak memang dipengaruhi dengan kebudayaan Tionghoa yang kental. Biasanya didalam Mie Tiaw, kamu akan dipuaskan dengan campuran daging, babat, tauge, dan sayuran.

Pilihan Mie Tiaw di Jakarta yang enak jatuh kepada Seroja Baru. Mereka punya Kwetiau Siran yang enaknya tidak ada tandingannya. Didalamnya ada daging sapi, sayuram, yang disiram vinegar, dan makin mantap dengan tambahan sambal dan bawang putih goreng.

Mie Tiaw di Jakarta:

Seroja Baru

Jl. Pesanggrahan No. 10, Puri Indah, Jakarta. Telp. (021) 58357807.

7. Mie Ongklok

mie-di-indonesia-08

Photo source: @masaklagi

Kalau kebetulan lewat kota Wonosobo, mampirlah sebentar untuk mencoba Mie Ongklok khas kota ini. Jenis mie di Indonesia ini dibuat dengan racikan yang beda dari Mie lainnya. Selain ada kol dan daun kucai, terdapat siraman kuah juga yang dikentalkan dengan tepung kanji. Biasanya menu ini makin enak saat dimakan dengan Sate Sapi, Tempe, atau Keripik Tahu.

8. Mie Kering

mie-di-indonesia-09

Photo source: @lelly_bigle

Orang Makassar juga punya sajian Mie di Indonesia yang tak ada duanya, yaitu Mie Kering. Bentuknya seperti Ifu Mie, hanya saja Mie Kering khas Makassar ini ukurannya lebih tipis dan kecil. Mie Kering ini kemudian disiram dengan tumisan sayuran, daging, serta kuah kental yangdibuat dari kombinasi kaldu dengan tepung kanji.

Di Jakarta, Kedai Pelangi merupakan tempat paling terkenal untuk menikmati Mie Kering khas Makassar. Nama menunya adalah Mie Titi. Isi kuahnya sangat lengkap, mulai dari sayuran, jamur, udang, hingga daging.

Mie Kering di Jakarta

Kedai Pelangi

Jl. H. Agus Salim No. 18B, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 3151999.

Kalau kamu sudah pernah mencoba jenis Mie di Indonesia yang mana saja? Jika kamu tahu dimana tempat terbaik mencicipinya, tambahkan ulasannya di Nibble yuk. Klik di sini untuk info lengkap tentang Nibble.

Cover photo source: Nibble - franzeskayuli

Related Articles

Connect with Nibble