Foodies Guide To F&B Industry

8 Jenis Pasta Paling Enak dan Populer di Indonesia

May 22, 20175 min readTips & Tricks

Pasta merupakan salah satu makanan Italia yang akrab banget di lidah orang Indonesia. Kalau selama ini kamu tau jenis Pasta paling enak cuma Macaroni, Spaghetti, atau Lasagna, berarti kamu harus baca artikel ini. Sebelum kita membahasnya lebih lanjut, kamu harus tahu kalau arti Pasta sebenarnya dalam bahasa Italia adalah adonan makanan. Ini berarti artinya sangat luas, bisa untuk adonan roti, cake, dan lain-lain. Kalau adonan yang khusus untuk Pasta sendiri dinamakan pastasciutta.

Adonan Pasta biasanya terbuat dari tepung gandum semolina, air, telur, serta garam. Di Italia sendiri tersedia 600 jenis Pasta dengan nama yang berbeda-beda. Namun kali ini kita akan membahas 8 jenis Pasta saja yang paling populer di Indonesia, lengkap dengan restoran di mana kamu bisa mendapatkannya. Penasaran ada Pasta apa saja? Ayo simak artikel di bawah ini.

1. Macaroni

jenis-pasta-paling-enak-02

Photo source: Nibble - Ryanomz

Macaroni bentuknya bermacam-macam, ada yang panjang, dikenal sebagai long macaroni. Ada juga yang pendek, dikenal sebagai elbow macaroni. Orang-orang Amerika kebanyakan menggunakan elbow macaroni. Sedangkan makaroni yang panjang sering dipakai di Inggris. Santapan yang terbuat dari jenis Pasta paling enak ini tidak lain adalah Mac n Cheese. Hidangan terkenal dari US ini menggabungkan makaroni yang empuk dan kenyal dengan keju yang rasanya creamy dan cheesy. Biasanya di dalamnya juga diberi filling beef atau taburan bacon, seperti yang ada di restoran Auntie's Kitchen.

Macaroni enak di Jakarta:

Auntie's Kitchen

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE1 No. 38, Kelapa Gading, Jakarta

2. Spaghetti

jenis-pasta-paling-enak-03

Photo source: @adesarins

Jenis Pasta paling enak yang satu ini pasti udah nggak asing lagi buat kamu. Sebelum di masak, bentuknya seperti lidi. Saat sudah dimasak, mirip sekali dengan mie. Namun, teksturnya lebih tebal dan saat digigit terasa lebih kenyal. Kabarnya, Spaghetti merupakan salah satu jenis Pasta paling tua di Italia. Kini ada juga Pasta yang bentuknya mirip dengan Spaghetti, yaitu Spaghettini. Perbedaannya terletak di ukurannya yang lebih kecil dan tipis. Kalau kamu penasaran dengan Spaghettini, coba mampir di AW Kitchen, mereka punya Nero Spaghettini yang dihidangkan dengan Asparagus dan Ikura alias Salmon Roe.

Spaghetti enak di Jakarta:

AW Kitchen

Plaza Senayan, Lantai 4, Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta. Telp. (021) 57906071.

3. Ravioli

jenis-pasta-paling-enak-04

Photo source: Nibble - filipusverdi

Beda lagi dengan Ravioli. Jenis Pasta paling enak ini sering disama-samakan seperti Pangsit khas Indonesia. Memang sih kalau dilihat sekilas mirip, di dalamnya sama-sama berisi sesuatu yang sangat lezat. Bentuk Ravioli sangat beragam, ada yang kotak, lingkaran, atau setengah lingkaran. Di dalam adonan tersebut, biasanya akan diisi dengan bahan-bahan lain, seperti daging, bayam, hingga keju ricotta. Ravioli with Sebass di Bienvenue Bistro recommended banget. Apalagi menu ini juga dihidangkan bersama Ikura yang menghadirkan sensasi pecah di mulut.

Ravioli di Jakarta:

Bienvenue Terrasse Bistro

Ruko The Metro, Blok 6 No. KU, Jl. Mandara Permai VII, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Telp. (021) 30051656.

4. Lasagna

jenis-pasta-paling-enak-05

Photo source: Nibble - monique

Lasagna identik dengan bentuknya yang berupa persegi panjang dan tipis. Jenis Pasta paling enak ini dimasak berlapis-lapis bersama dengan bechamel sauce yang super creamy dan bolognese sauce. Kalau kamu suka mampir ke Bottega Ristorante, jangan lewatkan Truffle Mushroom Lasagna yang tampilannya sangat menggoda. Rasanya pun mewah karena menggunakan truffle yang wangi dan lezat.

Lasagna enak di Jakarta:

Bottega Ristorante

Fairgrounds, SCBD Lot 14, Jl. Jenderal Sudirman, SCBD, Jakarta. Telp. (021) 51402266.

5. Penne

jenis-pasta-paling-enak-06

Photo source: Nibble - jktdelicacy

Sekilas bentuknya mirip dengan Macaroni, tapi ukuran Penne jauh lebih panjang dan bentuknya lurus. Sama seperti bentuknya yang panjang, istilah Penne ini berarti bulu atau pena dalam bahasa Italia. Jenis Pasta paling enak ini terasa dahsyat saat disantap bersama saus Pesto, seperti yang bisa kamu cicipi di Pizza Express. Menu di restoran ini diolah dengan cara dipanggang. Rasanya sangat creamy dan cheesy!

Penne enak di Jakarta:

PizzaExpress

Living World, Lantai Ground, Jl. Alam Sutera Boulevard, Serpong Utara, Tangerang. Telp. (021) 53128646.

6. Fusilli

jenis-pasta-paling-enak-07

Photo source: @sandayss

Bentuk Fusilli yang unik membuat orang tidak bisa melupakannya. Bentuknya spiral dan ukurannya seperti Macaroni yang imut dan kecil-kecil. Sama seperti jenis Pasta paling enak lainnya, Fusilli bisa dimasak dengan saus Carbonara atau Alfredo, serta dicampur beef dan sayuran lainnya. Mamma Rosy bisa jadi tempat yang sempurna untuk mencoba Fusilli terlezat di Jakarta.

Fusilli enak di Jakarta:

Mamma Rosy

Jl. Kemang Raya No. 58, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 71791592.

7. Angel Hair

jenis-pasta-paling-enak-08

Photo source: Nibble - eatandcapture

Ini dia jenis Pasta paling enak yang sedang populer di Jakarta. Angel Hair alias Cappeli d'angelo merupakan salah satu varian dari Pasta bernama Capellini. Angel Hair ini lebih tipis daripada Capellini biasa. Paling cocok jika disandingkan dengan saus yang berbahan ringan. Salah satu Angel Hair tercantik di Jakarta yang sangat enak bisa didapatkan di Sainé Daise Bistro. Tak hanya menarik, rasanya pun ciamik dengan topping tobiko dan ebi yang melimpah.

Angel Hair enak di Jakarta:

Sainé Daise Bistro

Ruko The Metro, Blok 6 KA, Jl. Mandara Permai VII, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Telp. (021) 30051662.

8. Gnocchi

jenis-pasta-paling-enak-09

Photo source: Nibble - atableforfatkids

Kalau biasanya jenis Pasta paling enak itu terbuat dari tepung gandum, lain halnya dengan Gnocchi. Pasta ini dibuat dari kentang sebagai bahan campuran tepung terigu. Ini enak banget dimakan dengan saus-saus yang rasanya creamy karena terasa menyatu dan sempurna dengan kentangnya. Kalau mencari Gnocchi enak di Jakarta, kamu bisa mampir ke Trattoria. Mereka akan memanjakan kamu dengan Gnoochi with Four Cheeses Sauce yang cheesynya bikin ketagihan.

Gnocchi enak di Jakarta:

Trattoria

The East, Lantai Ground, Jl. Lingkar Mega Kuningan, Kuningan, Jakarta. Telp. (021) 57938574.

Selain 8 jenis Pasta paling enak yang sudah kita bahas di atas, masih ada banyak banget Pasta Italia yang tersedia di Indonesia. Kalau kamu punya Pasta favorit yang belum ada di list ini, kasih tau kita yuk dengan mengulasnya di Nibble. Klik di sini untuk info lengkap tentang Nibble.

Cover photo source: Nibble - UrsAndNic

Related Articles

Connect with Nibble