Foodies Guide To F&B Industry

8 Menu Diet Keto yang Penuh Energi

July 26, 20194 min readHealthy Foodie

Menu diet keto beberapa tahun belakangan ini meningkat pamornya dan semakin banyak pilihannya dari waktu ke waktu. Pada intinya diet keto adalah kegiatan menurunkan konsumsi karbohidrat dan meningkatkan konsumsi lemak dengan jumlah konsumsi protein yang sedang nilainya.

Banyak manfaat yang ditemukan dalam metode diet yang satu ini. Diantaranya adalah mengontrol gula darah, menurunkan risiko penyakit jantung, dan menurunkan risiko terkena gangguan saraf. 

Namun, banyak juga yang mengeluhkan efek samping dari diet keto. Gangguan yang dialami diantaranya adalah tubuh terasa lemas, gelisah, dan susah untuk beristirahat. Kebanyakan gangguan ini dialami akibat pemilihan menu yang kurang tepat.

Penasaran apa saja menu diet keto yang baik dan tepat untuk tubuh manusia? Berikut ini beberapa diantaranya!

Milkshake Susu Lemak

milksahrk

Photo source: Pixabay

Siapa yang tidak suka dengan milkshake? Minuman susu ini umum ada di restoran dengan pilihan rasa yang beragam. Namun khusus untuk kalian pelaku diet keto, milkshake yang harus kalian konsumsi agak sedikit berbeda dengan milkshake pada umumnya.

Perbedaannya ada di penggunaan susu yang padat lemak. Selain itu tak perlu hadirnya gula dalam milkshake tersebut. Minuman ini cukup untuk membantu kalian memulai hari dengan energi.

Telur Rebus

telur

Photo source: Pixabay

Yang satu ini adalah menu paling mudah disiapkan untuk kalian yang bangu agak kesiangan di hari kerja. Secara rasa mungkin telur rebus akan sangat membosankan, mau tidak mau sudah menjadi risiko dari sebuah menu yang dibuat tanpa usaha.

Namun dua butir telur rebus akan terasa kurang powerful untuk makan siang, maka sebaiknya kalian tetap menambahkan camilan seperti kacang-kacangan atau satu buah apel.

Salad Sayur Daging

sayur

Photo source: Pixabay

Salad memang seharusnya identik dengan absennya daging. Namun pada menu diet keto kita lupakan aturan itu sementara. Sayuran hijau seperti kembang kol, daun pepaya, daun singkong dan asparagus bisa ditambahkan dengan potongan daging.

Untuk membuatnya lebih berwarna kalian bisa tambahkan paprika dan seledri pada salad ini. 

Salad Ikan

ikan

Photo source: Pixabay

Ingat dengan ancaman dari Ibu Susi Pudjiastuti yang akan “menenggelamkan” kalian yang tidak suka mengonsumsi ikan? Ternyata, jika kalian akan menjalani diet keto, ikan merupakan salah satu menu yang paling direkomendasikan.

Salad ikan salmon kaya akan vitamin B, potasium, dan selenium. Lebih dari itu, salmon, makarel, dan jenis ikan berlemak lainnya juga tinggi asam omega-3 yang dapat menurunkan kadar insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin pada penyandang obesitas serta diabetes.

Dada Ayam Panggang Mentega

dada ayam

Photo source: Pixabay

Menu diet keto lain yang baik untuk lunch adalah dada ayam panggang dengan butter. Kaya akan protein dan mudah dikonsumsi membuat menu ini menjadi salah satu menu yang umum dimakan oleh banyak pelaku diet keto.

Untuk kalian yang agak takut-takut dengan lemak jenuh yang ada pada mentega, bisa menggantinya dengan minyak zaitun. Untuk perasa, kalian bisa menggunakan garam dan bawang putih sebagai base. Ekstra rempah lainnya bisa menjadi pilihan jika dirasa kurang beraroma. 

Alpukat Yoghurt

yoghurt

Photo source: medicalnewstoday.com

Alpukat yang kaya lemak akan sangat cocok dimakan bersama yoghurt. Pada dasarnya ada banyak orang yang tidak terlalu suka dengan buah alpukat. Selain karena rasanya yang tawar, tekstur lembutnya juga sering kali agak aneh di mulut.

Yoghurt akan membantu mengatasi persoalan tersebut. Dengan aroma yang khas, yoghurt akan membuat rasa enek yang biasa tidak disukai dari alpukat sedikit hilang.

Coklat Hitam

coklat

Photo source: Pixabay

Cokelat hitam cocok dijadikan menu diet keto berkat kandungan flavanolnya yang dapat menurunkan risiko jantung dengan cara menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan pembuluh arteri. 

Tetapi, ternyata tidak semua jenis cokelat hitam bisa masuk daftar makanan diet keto, hanya yang kandungan kakaonya 70% ke atas saja. Hal ini dikarenakan dalam 28 gram cokelat hitam tanpa pemanis (100% kakao) hanya memuat 3 gram karbohidrat saja. Sedangkan jika kandungan kakaonya 70-85%, maka karbohidratnya bisa mencapai 10 gram. 

Aneka Menu Shirataki

shirataki

Photo source: healthline.com

Beberapa tahun belakangan tengah menanjak pamornya, shirataki merupakan jenis bahan makanan yang cocok untuk dijadikan menu diet keto. Salah satu olahan yang cocok untuk dinikmati dalam diet keto adalah mie shirataki.

Mie yang sudah banyak dijual secara online maupun di toko tertentu ini ternyata mengandung karbohidrat yang kadarnya kurang dari 1 gram. 

Faktanya, mie ini terbuat dari serat kental bernama glukomanan yang dapat menyerap hingga 50 kali berat tubuhnya dalam air. Serat ini nantinya membentuk semacam gel yang dapat memperlambat pergerakan makanan ke saluran pencernaan sehingga rasa lapar dan gula darah berkurang.

Itulah menu diet keto yang bisa menjadi sumber energi terpercaya. Banyak pelaku diet ini yang mengobinasikan berbagai bahan dasar rendah karbohidrat. Selama kuncinya 75% lemak, 20% protein dan 5% karbohidrat, kalian masih di jalur yang benar dalam berdiet ketogenik. Selamat makan!

Related Articles

Connect with Nibble