Foodies Guide To F&B Industry

8 Tempat Makan Mie Kangkung di Jakarta Yang Mulai Jarang Ada!

May 9, 20175 min readTips & Tricks

Semua orang Indonesia pasti suka sama yang namanya Mie. Tapi pernahkah kamu memakan Mie Kangkung di Jakarta? Menu asli Betawi yang dihasilkan dari pengaruh makanan Chinese ini sudah mulai jarang ditemukan di Jakarta. Padahal rasanya yang segar, dan nikmat saat disajikan hangat bisa memikat hati siapapun. Mie ini beda dari mie yang lain karena menggunakan kuah kecap dan kangkung di dalamnya, serta tambahan perasan jeruk limau untuk menghadirkan sensasi segar yang tak terlupakan. Mumpung cuaca di Jakarta lagi tak menentu, datanglah ke 7 restoran ini untuk menikmati semangkok Mie Kangkung di Jakarta yang asapnya mengepul dan bisa menghangatkan tubuh.

1. Kedai Ibu Djoko

mie-kangkung-di-jakarta-02

Photo source: @veliii1010

Ketika rasa lapar tidak bisa terelakkan lagi, kamu bisa menjelajahi Muara Karang untuk mencari makanan terbaik. Kalau ingin yang hangat-hangat, pesanlah Mie Kangkung di Kedai Ibu Djoko yang kelezatannya sudah tersohor. Restoran ini sudah berdiri sejak lama, saat ini harga semangkok Mie Kangkung bisa kamu dapatkan dengan Rp.35.000. Kuah kecap Mie Kangkung di Jakarta ini tidak terlalu manis, ada semburat rasa asin yang menggelitik di lidah. Penyajiannya lengkap dengan jeruk limau, daging ayam campur babi dan hati, serta kangkung yang fresh. Selesai makan, kamu juga wajib memesan Rujak yang salah satu isinya ada pepaya dan jambu segar serta terasa manis.

Lokasi:

Kedai Ibu Djoko

Jl. Blok R II Selatan No. 1, Muara Karang, Jakarta. Telp. (021) 68209998.

2. Mie Kangkung Jimmy

mie-kangkung-di-jakarta-03

Photo source: @candiestation

Berada di Cengkareng, Mie Kangkung Jimmy akan memanjakan kamu dengan cita rasa berkualitas dari semangkok Mie Kangkung di Jakarta. Kuah Mie Kangkung di sini agak sedikit kental, tekstur mienya lembut karena homemade. Topping ayamnya juga bikin puas karena porsinya nggak pelit. Hati-hati kekenyangan saat menikmatinya karena ada side dish juga berupa pangsit berukuran jumbo dan siomay ayam yang ikut mendampingi menu mie ini.

Lokasi:

Mie Kangkung Jimmy

Ruko Taman Surya 2, Blok D2 No. 12, Jl. Surya Bulevar. Telp. 0897-1462-500.

3. Mie Kangkung Fafa

mie-kangkung-di-jakarta-04

Photo source: @shecreatbelly

Restoran di daerah Gajah Mada ini terkenal juara banget Mie Kangkungnya. Meski daerah Gajah Mada padat sekali, kelezatannya tidak menghentikan langkah banyak orang untuk mencicipi menu andalan mereka. Mie Kangkung di Jakarta di tempat ini terdiri dari Bakmi yang juga bisa diganti dengan bihun, taoge, kangkung, teri, daging ayam cincang, dan bawang goreng. Jangan sampai lupa menambahkan sambal ijo atau sambal kacang serta perasan jeruk nipis agar rasanya makin dahsyat. Harganya cuma Rp.20.000 saja!  

Lokasi:

Mie Kangkung Fafa

Jl. Gajah Mada No.48, RT.2/RW.8, Krukut, Tamansari, Kota Jakarta Barat.

4. Gado Gado Aling

mie-kangkung-di-jakarta-05

Photo source: @nonatukangmakan

Tak hanya Gado-Gado, di Gado-gado Aling kamu juga bisa menikmati Mie Kangkung di Jakarta. Enak juga buat jadi menu sarapan. Kuahnya manis-manis gurih, taburan potongan dagingnya juga empuk-empuk. Dan pastinya ada kangkung segar penuh serat yang menyehatkan. Gado-Gado dan Rujaknya juga jempolan. Jenis buah yang digunakan segar semua, saus kacangnya mantap, bahkan ada taburan kacang yang bikin setiap suapanmu makin kriuk kriuk.

Lokasi:

Gado Gado Aling

Muara Karang Blok J5 Selatan No.11 (Dekat Lapangan), Jakarta Utara. Telp. (021) 6606242.

5. QQ Kopitiam

mie-kangkung-di-jakarta-06

Photo source: @jktfoodead

Kalau ke QQ Kopitiam, kurang lengkap rasanya tanpa memesan Mie Kangkung Terasi yang rasanya super enak. Kalau sudah ada kata terasinya, yang terbayang di pikiranmu pasti rasa super pedas kan? Bener banget, kepedasan Mie Kangkung di Jakarta ini sangat juara. Isinya nggak cuma kangkung saja, ada cumi, bakso, ikan, dan udang sebagai pelengkapnya. Mie ini disajikan dalam mangkok hot plate tertutup. Saat tutupnya dibuka, bersiap dengan kepulan asap serta gempuran aroma yang akan membuatmu langsung ngiler.

Lokasi:

QQ Kopitiam

Pacific Place Mall, Lantai 4, Jl. Jenderal Sudirman, SCBD, Jakarta. telp. (021) 57973672.

6. Mie Kangkung Si Jangkung

mie-kangkung-di-jakarta-07

Photo source: @stanzazone

Mie Kangkung di Mie Kangkung Si Jangkung juga tidak kalah enak. Tekstur mienya sangat pas, kangkung dan togenya fresh, irisan ayam serta potongan udangnya pun banyak. Kuah Mie Kangkung di Jakarta ini paling jago bikin ketagihan, karena rasanya manis, gurih, dan cukup kental. Bumbunya sampai meresap ke mie dan porsinya ngenyangin. Siomaynya juga luar biasa. Meski harganya cukup mahal, Rp.8.000 per buah, tapi rasanya worth it banget. Ini bukan Siomay Bandung biasa yang kebanyakan tepung kanji, rasa ikannya sangat terasa saat dimakan, perpaduan saus kacang dan Siomaynya juga sangat berkesan.

Lokasi:

Mie Kangkung Si Jangkung

Grand Indonesia Mall, Lantai 3, Sky Bridge, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta. Telp. 0811-9161-58

7. Mie Benteng

mie-kangkung-di-jakarta-08

Photo source: @bakmiholics

Nyari Mie Kangkung di Jakarta yang non halal? Mie Benteng bisa jadi pilihan terbaikmu. Kamu pasti udah tahu kalau Mie Benteng tersohor berkat Bakmi Babi mereka yang legendaris. Bayangkan saja aneka topping babi serta ayam tersebut bisa disajikan dalam Mie Kangkung pesananmu. Rasanya sudah pasti bisa bikin kamu makin semangat melahapnya. Apalagi mengingat harganya yang cuma sekitar Rp.22.000, nggak ada alasan untuk tidak kembali mencobanya!

Lokasi:

Mie Benteng

Jl. Kopyor Raya, Blok Q1 No. 22, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 96296271.

8 Lo Mie Soto Mie Sukabumi

mie-kangkung-di-jakarta-09

Photo source: @myfunfoodiary

Terlihat dari namanya, restoran di Kelapa Gading ini memang spesialisnya Soto Mie Sukabumi. Lo Mie Soto Mienya memang enak dan unik, tapi Mie Kangkung di Jakarta yang ada di tempat ini juga patut dicoba. Ramuan bumbu Mie Kangkungnya menghasilkan cita rasa yang khas. Kuah Lo Mie kental dipadukan dengan daging babi manis, kangkung segar, bawang goreng super wangi, serta tambahan jeruk limau dan cabe pedas sangatlah menggiurkan!

Lokasi:

Lo Mie Soto Mie Sukabumi

Jl. Boulevard Raya Blok QJ 7 No. 7, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 4584130.

Sudah menentukan pilihan tempat untuk menyantap Mie Kangkung di Jakarta? Kalau butuh rekomendasi lebih banyak lagi, temukan saja di Nibble. Buat yang belum tahu tentang Nibble, bisa klik di sini!

Cover photo source: @filipusverdi

Related Articles

Connect with Nibble