Foodies Guide To F&B Industry

8 Tips Memulai Jenis Restoran Fast Casual

March 1, 20196 min readReviews

Untuk Anda yang berencana membuka jenis restoran baru atau mendekorasi ulang restoran Anda di tahun 2019, petimbangkanlah untuk merancang jenis restoran Anda bergaya fast casual. Restoran fast casual sangat potensial karena mengisi ruang antara restoran fine dining dan restoran street food kaki lima. Target market bisnis kuliner terdiri dari orang-orang yang punya selera dan kesukaan yang berbeda-beda. Untuk itulah, Anda perlu mempertimbangkan tren jenis restoran fast casual untuk bisa membuat para pelanggan happy, serta dapat memperluas target market Anda.

Apa Itu Jenis Restoran Fast Casual?

jenis-restoran-02

Jenis restoran fast casual menggabungkan pelayanan di mana Anda bisa duduk di restoran untuk menikmati nyamannya suasana restoran, tapi juga diiringi dengan cepatnya penyajian makanan ke meja Anda.

Meskipun makanan dapat dihidangkan dengan cepat, namun jenis restoran fast casual ini berbeda dengan restoran cepat saji. Restoran fast casual menawarkan pilihan yang lebih sehat dan bahan makanan yang digunakan merupakan produk segar. Pelanggan memang diharuskan untuk memesan makanan di counter, tetapi makanan akan diantar ke meja mereka. Interior restorannya pun sangat nyaman, sehingga dapat membuat para pelanggan bersantai dan menikmati makanan. Pilihan menu yang ditawarkan biasanya juga jauh lebih beragam daripada jenis restoran fast food.

Keuntungan Membuka Restoran Fast Casual

jenis-restoran-03

Hal-hal yang membedakan restoran fast casual dan restoran fast food sebenarnya memberikan banyak keuntungan untuk Anda? Apa saja itu? Mari simak penjelasan berikut ini:

  • Makanan dari restoran cepat saji biasanya sering digambarkan sebagai makanan yang tidak sehat. Ini artinya, makanan dari restoran fast casual akan dianggap lebih sehat dan lebih menarik bagi banyak orang.
  • Restoran fast casual juga dapat mematok harga menu yang lebih mahal daripada restoran cepat saji karena memiliki kualitas pelayanan yang lebih baik dan bahan makanan yang digunakan juga lebih segar.
  • Sebagian besar restoran fast food dikelola oleh franchise, sedangkan restoran fast casual dapat dikelola secara waralaba ataupun independen.
  • Sistem pembayaran di restoran fast casual yang mengharuskan para pelanggan untuk membayar makanan yang mereka pesan terlebih dahulu akan membuat mereka merasa “diburu-buru”. Itu artinya table turnover di restoran Anda akan lebih tinggi.
  • Restoran fast casual bisa menjadi pilihan yang tepat jika pelanggan ingin makan di sana dengan banyak orang. Ini dapat menjadi pilihan yang bagus karena biasanya tempat makan fine dining tidak dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut.

Tren di Restoran Fast Casual

Memang benar, jenis restoran fast casual tidak akan lekang oleh waktu, tapi ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar restoran Anda tetap menjadi yang terdepan dibandingkan restoran-restoran lainnya.  Caranya adalah dengan mengikuti tren yang lagi banyak diaplikasikan oleh restoran fast casual sejenis.

1. Menawarkan Makanan Sehat

jenis-restoran-04

Belakangan ini, makin banyak orang yang lebih memperhatikan lingkungan sekitar dan juga tubuh mereka sendiri. Itu artinya, makin banyak orang yang menjalani gaya hidup vegan. Anda bisa menawarkan berbagai makanan yang berbahan dasar sayuran di restoran Anda. Agar lebih menarik, tawarkanlah makanan plant-based yang rasanya, tampilan, dan teksturnya dibuat mirip seperti daging. Para vegan pasti sangat menyukai konsep ini.

2. Menawarkan Makanan Fermentasi dan Probiotik

jenis-restoran-05

Makanan yang sehat untuk pencernaan juga akan menjadi tren di jenis restoran fast casual pada tahun 2019 ini. Ini artinya, Anda bisa berkreasi menciptakan menu makanan fermentasi, seperti kimchi, miso, yogurt, atau mungkin kreasi berbahan dasar tempe. Makanan-makanan ini sangat bagus untuk kesehatan pelanggan.

3. Makan di Tempat vs Bawa Pulang

jenis-restoran-06

Pastikan jenis restoran fast casual yang akan Anda buka juga menawarkan layanan delivery. Tapi kemungkinan besar, akan lebih banyak orang yang bersedia untuk makan langsung di restoran. Apalagi jika restoran Anda ditata dengan nyaman dan banyak spot-spot yang Instagramable.

4. Berikan Penawaran Spesial

jenis-restoran-07

Berhubung generasi millennial dan generasi Z akan menjadi generasi yang paling produktif dan aktif menggunakan uang untuk makan di restoran, sebaiknya mulai pikirkan untuk memberikan penawaran spesial. Orang-orang dari generasi tersebut sangat suka kupon, diskon, dan hal semacam ini. Itu artinya, menawarkan promo spesial ke pelanggan akan menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh para pemilik restoran. Orang-orang dari generasi ini akan lebih memilih restoran fast casual yang menawarkan promosi spesial.

5. Menyajikan Makanan dalam Mangkuk

jenis-restoran-08

Ada perasaan nyaman yang dirasakan para foodies saat menyantap makanan dalam mangkuk. Itu sebabnya menyajikan makanan di mangkuk akan menjadi tren di tahun 2019 ini. Meskipun konsep ini bukanlah sesuatu yang baru, tapi dengan menggunakan mangkuk, Anda menciptakan sajian makanan yang hangat dan memuaskan dengan cara yang unik. Menu-menu dalam mangkuk termasuk Ramen, Poke Bowl, dan Smoothie Bowl.

6. Ramah Lingkungan

jenis-restoran-09

Keputusan Starbucks untuk tidak menggunakan sedotan plastik di tahun 2018 berdampak besar pada restoran-restoran di dunia. Banyak yang mengikuti jejak Starbucks, bahkan ada restoran yang berkomitmen untuk tidak menggunakan styrofoam. Itu artinya Anda juga perlu mengurangi penggunaan piring atau gelas plastik sekali pakai juga. Berikan alternatif lain agar restoran Anda lebih ramah lingkungan, seperti menawarkan tumblr untuk minuman, atau menggunakan alat makan berbahan dasar bambu yang bisa terurai.

7. Menciptakan Menu yang Bisa Viral

jenis-restoran-010_1

Menyajikan makanan yang “Instagramable” bukan lagi konsep baru di tahun 2019 ini. Keberadaan video semakin viral dan digemari belakangan ini. Konten-konten seperti video Facebook, live Facebook atau Instagram, Instagram story dan video Snapchat bisa menjadi alat marketing Anda. Untuk itu, ciptakanlah makanan yang bisa mengeluarkan suara yang unik atau tampilannya bisa berubah warna dan bentuk agar lebih menarik jika diabadikan menjadi video. Anda bisa menciptakan menu coklat yang meleleh saat disiram, koktail yang bisa berubah warna, atau makanan dengan lelehan keju yang sangat banyak. Jika beruntung, makanan di restoran Anda akan sangat terkenal dan viral di dunia maya.

8. Transparansi

jenis-restoran-10

Transparansi bukanlah sesuatu yang dilakukan oleh jenis restoran jaman dulu. Namun, dunia sudah berubah. Pelanggan akan lebih suka jika ada transparansi dari setiap makanan yang mereka makan. Misalnya, Anda bisa menampilkan jumlah kalori yang terkandung dalam setiap makanan, memberikan informasi risiko alergi jika makanan ini mengandung sesuatu yang dapat memicu alergi, atau memberikan informasi kalau bahan makanan yang digunakan dalam makanan yang ditawarkan dibeli langsung dari petani dengan harga yang normal.

Terbukti bukan kalau restoran fast casual semakin menarik dan banyak diminati belakangan ini? Suasananya yang casual dan nyaman tidak akan membuat pelanggan terintimidasi. Bahan makanan yang lebih sehat dan segar juga akan membuat orang tertarik dan membedakan jenis restoran ini dengan restoran fast food. Mari aplikasikan beberapa tren di atas agar restoran Anda semakin ramai pengunjung.

Photo source: Unsplash

Related Articles

Connect with Nibble