Foodies Guide To F&B Industry

9 Baso Aci Paling Enak di Jakarta

August 13, 20196 min readFoodie Trends

Baso adalah makanan Indonesia yang bikin nagih dan selalu menjadi favorit bagi semua kalangan. Kalau biasanya baso terdiri dari baso urat atau baso halus yang terbuat dari daging, kini tren baso aci sedang membuncah di berbagai penjuru nusantara.

Baso yang sangat viral di Jakarta ternyata berasal dari Garut. Makanan kampung yang sederhana ini mampu menorehkan impresi yang baik di hati pecinta kuliner. Bahan pembuat baso sebenarnya simple, yaitu tepung tapioka. Itulah yang membuat tekstur baso terasa kenyal.

Biarpun sederhana, baso aci bisa membuat siapapun ketagihan. Ini tidak lain berkat bahan pelengkap baso yang membuat menu ini semakin istimewa. Dalam semangkok baso, kita juga bisa menemukan kacang sukro, tetelan, tahu, terkadang juga ada ceker atau cuanki yang ikut menemani.

Di Jakarta sendiri, sudah banyak tempat yang bisa menjadi tujuan untuk menikmati baso aci. Tapi kalau kalian mencari yang paling enak, 9 tempat berikut ini recommende banget.

 

1. Baso Aci Ganteng

01 - @makansamakoko

Photo source: @makansamakoko

Tampaknya, tempat makan ini merupakan salah satu restoran pertama yang membuat nama baso aci naik daun. Tempat makan ini berasal dari Bandung sebelum menjadi tenar di Jakarta. Menu baso di sini memang istimewa. Kamu bisa memesan Baso Aci Ganteng Maksimal untuk membuktikan kualitas rasanya.

Pada menu ini, kamu akan dimanjakan dengan semangkok baso yang dilengkapi dengan cuankie kering, cuankie tahu, sukro cikur, tetelan sapi, dan ceker ayam. Kegurihan kuahnya sungguh nyata dan rasanya akan makin segar saat ditambah perasan jeruk nipis. Untuk pecinta sambal, jangan lupa buat menyulap kuah baso menjadi merah dengan sambal pedas yang akan membuat kamu keringetan.

Lokasi:

Baso Aci Ganteng

Jl. Tebet Barat Dalam II, Tebet, Jakarta. Telp. 0878-8866-5590.

2. Baso Aci Juara

02 - @synthiatjipto

Photo source: @synthiatjipto

Baso yang terbuat dari aci enak di Jakarta kini mudah di dapatkan di mana-mana berkat outlet Baso Aci Juara yang meluas ke pelosok kota, mulai dari kawasan perkantoran seperti Benhil, kawasan perumahan seperti Pluit dan Kelapa Gading, hingga pinggiran kota Jakarta seperti Depok dan BSD.

Harga baso yang ditawarkan bisa dibilang murah meriah. Hanya dengan Rp20.000 saja, kita bisa mencicipi Paket Juara 2 yang berisi baso isi, ceker, cuankie lidah, batagor mini, dan omay kering. Biar kuah polosnya makin berasa, jangan lupa untuk menambahkan perasan jeruk limau dan sambal.

Lokasi:

Baso Aci Juara

H.O.P (Hang Out Place), Jl. Pluit Putra Raya No. 21, Pluit, Jakarta.

3. Baso Aci Akang

03 - @kokobuncit

Photo source: @kokobuncit

Satu lagi baso enak yang tidak boleh kamu lewatkan di Jakarta, Baso Aci Akang. Cabangnya juga bisa ditemukan di mana-mana, seperti di Tangerang, Bekasi, Banten, bahkan sampai ke Surabaya.

Banyak yang suka dengan Basi Aci Paket Olab saat makan di tempat ini karena isinya lengkap, ada baso, batagor mini crispy, batagor kering, cuankie tahu mini, cuankie kembung, cuankie ayam, ceker, dan tetelah sapi. Menu selengkap ini dibanderol dengan harga yang sangat bersahabat, hanya Rp22.000 saja.

Lokasi:

Baso Aci Akang

Jl. Kelapa Kopyor Raya Q1 No.6, Kelapa Gading Timur.

4. Baso Aci Kalimanjaro

04 - @eatandcouple

Photo source: @eatandcouple

Untuk merasakan baso asli Garut, kamu bisa langsung mendatangi Baso Aci Kalimanjaro. Pilihan paket baso yang disediakan nggak ada yang mengecewakan. Kalau mau paket super komplit, kamu akan dibikin kenyang oleh baco aci, baso urat, cuankie ta-sio, cuankie putih, siomay tahu, sukro cikur, dan mie yamin. Semua bisa dicampier jadi satu dengan kuah pedasnya. Rasa kuahnya kental, segar, dan bikin nggak bisa berhenti ngunyah.

Lokasi:

Baso Aci Kalimanjaro

Jl. Lingkar Duren Sawit Blok 3 No.1, Klender, Jakarta Timur.

5. Baso Aci Mas Jay

05 - @masjay_id

Photo source: @masjay_id

Baso Aci Mas Jay asal Bandung juga menginvasi Kemang, tepatnya di Jl. Benda. Tempat makan yang satu ini menawarkan sesuatu yang berbeda dari tempat lainnya. Kuah yang digunakan untuk basonya adalah kuah penuh rempah dan bumbu yang rasanya mantap di lidah.

Jangan cuma memesan baso saja saat bertandang ke sini. Kamu wajib mencoba cemilan andalan mereka, seperti cireng goreng dan baso goreng yang renyah dan kenyal. Menu ini bisa disantap dengan bumbu jawara yang pedas dan gurih, bumbu rujak honje, atau kuah rempah yang pedas membara.

Lokasi:

Baso Aci Mas Jay

Jl. Benda No.46, Kemang, Jakarta Selatan.

6. Baso Aci Cuanki Kang Hanafi

06 - @agakenyang

Photo source: @agakenyang

Melihat fotonya saja bisa bikin kamu lapar mendadak, bukan? Kuahnya yang merah dan terlihat pedas memang menggoda. Apalagi pilihan paket menunya juga cukup beragam. Mulai dari yang murah banget sekitar Rp12.000, hingga yang paket komplit seharaga Rp18.000.

Khusus untuk paket komplit, kamu bisa merasakan baso, tiktuk, cuanki lidah, tahu cuanki, ceker, dan tulang dalam satu mangkuk. Tak hanya itu,  tempat makan ini juga terkenal dengan paket cuankinya yang menggoyang lidah dan murah meriah.

Lokasi:

Baso Aci Cuanki Kang Hanafi

Jl. Bangun Cipta Sarana No. 3A, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. 0878-2000-2348.

7. Baso Aci Cantik

07 - @basoaci_cantik

Photo source: @basoaci_cantik

Baso yang satu ini cukup inovatif. Selain menyajikan baso di outletnya, mereka juga menyiapkan baso dalam kemasan yang bisa dimasak sendiri di rumah. Rasa yang di dalam kemasan tentu sama enaknya dengan baso yang ada di outletnya.

Apalagi mereka menyediakan dua pilihan kuah yang bisa dipilih. Yang pertama ada kuah rempah van java dan ada juga kuah kaldu janda muda yang gurihnya kebangetan.

Lokasi:

Baso Aci Cantik

Jl. Kebon Jeruk XVIII No 36, Hayam Wuruk, Jakarta.

8. Baso Aci Neng Geulis

08 - @kulinerkotajakarta

Photo source: @kulinerkotajakarta

Baso yang namanya sudah melejit di Bandung ini akhirnya buka cabang di Jakarta, tepatnya di daerah Cengkareng. Kalau ke sini, kamu harus pesan Bacineng Cinta yang isinya super lengkap. Di dalamnya ada batagor, sukro, siomay, ceker, baso, baso daging, dan tetelan daging yang penuh lemak. Dijamin lupa diet saat menyantap menu yang satu ini.

Lokasi:

Baso Aci Neng Geulis

Jl. Ukir 2 nomor 56A, Cengkareng, Jakarta Barat.

9. Baso Aci 69

09 - @hungrygomedan

Photo source: @hungrygomedan

Khusus untuk kalian yang mendambakan kenikmatan baso kapan pun, tanpa dibatasi oleh waktu, kalian bisa memesan Baso Aci 69 dalam kemasan yang diproduksi langsung di Garut. Berhubung baso ini ada di dalam kemasan, daya tahannya cukup lama, sekitar satu bulan, dan pastinya bisa kita masak kapanpun sesuai dengan keinginan kita.

Biarpun dalam kemasan, rasanya nggak kalah nendang. Bumbu cabainya bisa ditakar sehingga bisa disesuaikan dengan selera kita. Jangan lupa untuk menambahkan perasan jeruk nipis saat dihidangkan untuk memaksimalkan cita rasanya.

Lokasi:

Baso Aci 69

Instagram: @basoaci_69

Banyak sekali ya pilihan baso aci di Jakarta? Yang lagi lapar, yuk langsung aja berburu kuliner ini yang makin enak disantap dengan kuah pedas nan gurih.

Cover Photo: Gita Alisa

Related Articles

Connect with Nibble