Foodies Guide To F&B Industry

9 Kuliner Pasar Glodok yang Melegenda

August 8, 20196 min readFoodie Trends

Hal pertama yang kamu pikirkan saat mendengar tentang Pasar Glodok mungkin adalah barang elektronik. Wilayah ini memang dikenal sebagai pusat barang elektronik.

Tapi jika ditelusuri lebih jauh lagi, Glodok dan daerah sekitarnya merupakan wilayah Pecinan yang sangat legendaris di Jakarta. Hal ini terlihat dari bangunan-bangunan klenteng yang sangat mudah ditemukan di area ini, dan juga makanannya. Yup, wilayah Glodok terkenal dengan kuliner bergaya Chinese yang melegenda.

Banyak restoran di Pasar Glodok yang sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu. Mau tahu lebih jauh? Yuk simak perjalanan kami menelusuri Pasar Glodok.

1. Bakso Akiaw 99

01 - @mgdalenaf

Photo source: @mgdalenaf

Hidangan utama di tempat makan ini memang juara. Ada bakso daging khas Medan yang rasanya gurih banget. Bakso ini disajikan dengan bihun, mie, atau kwetiau yang bisa dipilih sesuai dengan selera kita.

Yang bikin beda adalah adanya potongan daging sapi berbumbu di dalam semangkok bakso pesanan kita. Tekstur dagingnya empuk dan memberikan sensasi manis yang segar. Kelezatan kuah kaldunya melampaui deskripsi enak, gurihnya pas, tidak berlebihan, dan bikin ketagihan.

Lokasi:

Bakso Akiaw 99

Jl. Mangga Besar Raya, Mangga Besar, Jakarta. Telp. (021) 6291419.

2. Bubur Ayam Mangga Besar 1

02 - @andreptamaa

Photo source: @andreptamaa

Berbahagialah kalian yang suka kulineran di Pasar Glodok. Hampir semua jenis makanan bisa kita temukan di daerah ini, termasuk bubur ayam yang biasanya sulit dicari selain pada pagi hari. Di Bubur Ayam Mangga Besar 1, kita bisa menikmati sajian bubur di siang bolong atau saat tengah malam.

Saran kita, saat kalian ke sini, pesanlah bubur polos. Lalu nikmati bubur tersebut dengan lauk ayam rebus yang bisa dipesan secara terpisah. Kalian bisa memesan ayam kampung rebus sebanyak ½ ekor atau bahkan 1 ekor.

Rasanya tidak mengecewakan. Daging ayamnya sangat empuk, tidak ada tulang sehingga mudah melahapnya, dan makin enak saat dicocol ke kecap asin. Tapi saat kulineran di sini, siapkan stok kesabaran yang banyak karena antreannya cukup panjang dan memakan waktu.

Lokasi:

Bubur Ayam Mangga Besar 1

Jl. Mangga Besar I No. 46A, Mangga Besar, Jakarta. Telp. (021) 6280474

3. Kwetiaw Sapi Mangga Besar 78

03 - @kwetiaw78

Photo source: @kwetiaw78

Siapa coba yang tidak kenal dengan Kwetiaw Sapi Mangga Besar 78? Tempat makan ini selalu jadi incaran penggemar kwetiau saat kulineran di Pasar Glodok. Meski kini sudah banyak cabangnya, tidaklah lengkap jika tak menikmati kesederhanaan warung kwetiau ini langsung di tempat aslinya.

Di sini, kamu akan dibuat terlena dengan Kwetiau Siram Telur yang tak ada duanya. Penampilannya cukup berbeda dibandingkan kwetiau biasa. Jika diperhatikan, tekstur kuah kwetiau yang digunakan lebih kental. Mungkin karena kuahnya berupa saus telur.

Meski begitu, rasanya cukup ringan dan tidak bikin eneg. Saat ditilik lagi lebih dalam, isi kwetiau ini akan membuat perut kita puas karena isinya sangat banyak dan berlimpah. Jadi tak masalah mengeluarkan Rp55.000 untuk menikmati menu spesial ini.

Jika tak suka Kwetiau Siram, ada Kwetiau Goreng Sapi yang tak kalah nikmat. Isian daging sapi, urat, dan babatnya tidak pelit. Begitu sempurna saat disantap bersama kwetiau goreng yang harum dan terasa asin.

Lokasi:

Kwetiaw Sapi Mangga Besar 78

Jl. Mangga Besar Raya No. 78 D, Mangga Besar, Jakarta. Telp. (021) 6295340.

4. Top Yammie

04 - @rachmat196920040

Photo source: @rachmat196920040

Usia Top Yammie memang sudah cukup tua, tapi rasa makanan di restoran ini tak pernah lekang oleh waktu. Jika tidak percaya, sempatkanlah untuk mencicipi Babi Hong di sini. Sajian daging babi pada menu ini dimasak dengan cara direbus dan digoreng, lalu diberi bumbu dengan rasa asin manis.

Kamu juga harus mencoba menu andalan mereka, yang tidak lain adalah Yammie. Pilihan Yammie yang bisa kamu temukan juga beragam, ada Yammie spesial, Yammie Regular, atau Yammie Polos. Rasa semua Yammie di sini selalu enak, light, tapi tasty.

Lokasi:

Top Yammie

Jl. Labu No. 3 - 6, Mangga Besar, Jakarta. Telp. (021) 6592852.

5. Tio Ciu 78

05 - jktfooddestination

Photo source: @jktfooddestination

Tio Ciu merupakan hidden gem di Pasar Glodok. Tempatnya boleh mungil, tapi peminatnya selalu ramai setiap saat. Agar tidak terjebak dalam antrean, kamu bisa singgah di tempat makan ini di luar jam makan.

Hidangan yang ditawarkan sangat beragam, khas masakan Chinese. Banyak foodies yang tergila-gila dengan Ayam Goreng Kering di sini. Harganya memang cukup mahal, sekitar Rp85.000. Namun, itu sebanding dengan rasanya. Ayam pada menu ini diselimuti oleh tepung, lalu digoreng kering. Teksturnya cukup garing dengan rasa asin yang pas di lidah.

Lokasi:

Tio Ciu 78

Jl. Mangga Besar Raya No. 78C, Mangga Besar, Jakarta. Telp. (021) 6263762.

6. Kopi Es Tak Kie

06 - @thefoodxplorer

Photo source: @thefoodxplorer

Jakarta boleh kena demam es kopi susu yang merajalela di seantero kota. Namun, sebelum minuman ini jadi trending di mana-mana, sudah ada es kopi dari Kopi Es Tak Kie yang kenikmatannya sudah dikenal sejak tahun 1927.

Penampilan minuman es kopi ini sebenarnya sangat sederhana, tapi sensasi dan keharuman yang tercium saat kita menenggaknya sungguh sangat tak terlupakan.  Tak hanya menyajikan ragam kopi saja, tempat makan ini juga punya beberapa menu pilihan untuk mengisi perut, seperti nasi campur, pangsit, bakso, dan bakcang.

Lokasi:

Kopi Es Tak Kie

Jl. Pintu Besar Selatan 3 No. 4-6, Kota, Jakarta. Telp. (021) 216928296.

7. Wong Fu Kie

07 - @brunch.and.coffee

Photo source: @brunch.and.coffee

Tak perlu tempat yang luas dan desain mewah untuk mengafirmasi sebuah restoran layak dikunjungi. Datanglah ke Wong Fu Kie di Pasar Glodok. Tempatnya yang sederhana ternyata berhasil menjadi tempat untuk mengolah sejumlah makanan yang sering dapat pujian dari para pengunjungnya.

Wong Fu Kie dikenal memiliki sajian Hakka yang autentik. Restorannya tersembunyi, bergaya vintage, dan sudah diwariskan dari generasi ke generasi sejak 1952. Lindung Ca Fumak menjadi makanan paling diincar di sini. Rasa belut crispynya memang juara, cocok banget saat disandingkan dengan kuah dan fumaknya. Jika masih belum puas, pesanlah I Fu Mie yang porsinya banyak dan bikin kenyang.

Lokasi:

Wong Fu Kie

Jl. Perniagaan Timur 3 No. 22, Kota, Jakarta. Telp. (021) 6906374

8. Kari Lam

08 - @foodventurer_

Photo source: @foodventurer_

Tidak semua restoran Chinese di Pasar Glodok itu non halal. Kalau mau cari makanan yang tidak mengandung babi, datanglah ke Kari Lam yang sudah berdiri sejak 20 tahun yang lalu.

Sesuai dengan namanya, Kari Lam akan memanjakan kamu dengan sajian kari khas Medan. Tak seperti kari yang biasa kita temukan, kuah kari di sini terasa ringan, tapi tetap enak karena kaya rempah dan beraroma sedap. Kalian bisa memesan daging sapi atau ayam untuk menjadi isian kari. Tak heran mengapa namanya sangat melegenda di kalangan pecinta kuliner.

Lokasi:

Kari Lam

Jl. Pintu Besar Selatan 2 No. 7, Kota, Jakarta. Telp. 0811-9696-989.

9. Angke

09 - @eatfolks

Photo source: @eatfolks

Kalau ngomongin restoran Chinese legendaris di Pasar Glodok, tidak akan lengkap tanpa menyebut Angke. Restoran ini sudah membuka pintunya sejak 50 tahun yang lalu. Meski sudah setengah abad, namanya tetap ada di hati para penggemarnya. Masakan Chinese buatan Angke memang sangat cocok di lidah siapapun. Tak heran, mereka punya lebih dari seratus menu untuk dipilih.

Meski menu-menu lamanya tak tergantikan, Angke juga menghadirkan menu baru yang cocok di lidah generasi millenial. Salah satunya adalah steamed pork meatball. Menu ini terdiri dari 8 buah bakso yang cocok dimakan dengan dipping sauce apapun.

Lokasi:

Angke

Jl. KH. Zaenal Arifin, Gajah Mada, Jakarta. Telp. (021) 6343030.

Membicarakan tempat kuliner di Pasar Glodok memang tidak ada habisnya. Masih begitu banyak restoran legendaris yang belum disebut di pembahasan kali ini. Tapi jangan khawatir, kalau kalian punya restoran andalan di Pasar Glodok yang tak kalah enak, langsung saja berikan ulasannya di Nibble.

Cover photo: Pixabay

Related Articles

Connect with Nibble