Foodies Guide To F&B Industry

9 Makanan Jaman Dulu Yang Bisa Bikin Kamu Nostalgia

April 25, 20164 min readTips & Tricks

 

Photo source: Fotografi Kompas

Mengenang masa kita kecil dulu emang membahagiakan banget ya. Dunia anak kecil dulu beda banget sama sekarang, mulai dari mainan sampai jajanannya. Nah, ngomongin soal jajanan, topik ini kayaknya nggak akan ada habisnya buat dibahas karena makanan waktu kita kecil dulu emang pecah banget. Nah, buat yang mau bernostalgia, ini dia 9 jajanan yang pasti bikin kamu kangen serunya jaman dulu.

 

1. Kue Cubit Laba-Laba

Photo source: Resep Juara

Ini dia jajanan favorit sepanjang masa, kue cubit! Meski sekarang kue cubit dengan berbagai rasa dan warna lagi ngetrend banget, tapi pasti kamu nggak bakal bisa lupa sama sensasinya beli kue cubit di abang-abang yang selalu nongkrong di depan sekolah kamu. Sebenarnya adonannya sih biasa banget dibanding sama kue cubit jaman sekarang, tapi rasanya bener-bener nggak bisa dilupain. Apalagi kalau kue cubitnya dibentuk seperti sarang laba-laba. Atau kamu lebih suka kue cubit setengah matang?

 

2. Es Mambo

Photo source: Rumah Yogurt

Es mambo ini bisa dibilang jadi teman terbaik saat kita main siang-siang. Rasanya seger banget waktu panas-panas menyedot es mambo lewat lubang kecil di plastiknya hasil gigitan kita. Biarpun penampilan dan rasanya kalah telak sama es jaman sekarang, tapi nggak ada yang bisa ngegantiin kenangan makan es  mambo bareng temen-temen kecil kamu dulu. Eh, kamu paling suka es mambo rasa apa nih? Kalau kita sih doyannya es mambo kacang hijau. Enak!

 

3. Rambut Nenek

Photo source: @kulinerpontianak

Nah, kalau yang ini sih jadi makanan yang sanggup memuaskan para sweet tooth ke level tertinggi. Rambut nenek ini cotton candy jadul yang Indonesia banget. Jajanan yang satu ini punya banyak sebutan, mulai dari rambut nenek, kembang gula, harum manis, atau arbanat. Biasanya kalau kamu beli ini, bentuknya itu seperti sandwich di mana rambut nenek dijepit dengan setangkup kerupuk pink. Cara makannya juga macem-macem. Ada yang sukanya makan rambut nenek dan kerupuknya bersamaan, seperti lagi makan roti. Tapi kalau kita sih paling suka makan kerupuknya dulu, setelah abis baru lanjut menyantap rambut neneknya. Save the best for the last!

 

4. Lidi

Photo source: Tribun News Palembang

Lidi itu jajanan yang pasti nggak bakal kamu bisa lupakan. Sekali kamu makan lidi, pasti nggak bakal bisa berhenti karena rasanya emang nagihin banget. Bahkan sampe rela deh dimarahin orang tua karena makan lidi kebanyakan. Lidi ini ada yang rasanya pedas dan yang asin. Nah, cara makannya ada dua nih. Yang pertama, dimakan satu-satu. Dan cara yang kedua agak barbar, sobek plastik lidinya, dorong semua lidi ke atas dan jepit dengan jari, terus gigit deh semua lidi itu. Mantap!

 

5. Anak Mas

Photo source: Vemale

Ini dia mie remes kesayangan anak-anak jaman dulu, Anak Mas! Cara makannya itu, mienya diremes-remes dulu sekuat tenaga, terus ditaburin bumbunya. Setelah itu, kamu bisa ambil sedikit-sedikit pakai tangan atau, kalau mau cepet, bisa dituangkan ke mulut langsung dari bungkusnya. Ayo ngaku, siapa yang suka makan anak mas pakai cara yang kedua?

 

6. Permen Rokok

Photo source: Liputan 9

Tiap makan jajanan ini pasti kamu langsung merasa lebih keren dan dewasa kan? Yup, bungkusnya permen ini emang mirip dengan rokok, bikin semua anak yang makan ini berimajinasi sedang menghisap rokok. Permen rokok bener-bener populer tahun 90an dulu!

 

7. Aneka Permen

Photo source: Tokopedia

Kamu pasti inget dong kalau jaman kita kecil dulu ada banyak banget permen yang ngehits dan jadi primadona. Ada permen sugus, permen kaki, permen karet yosan, permen davos yang pedas, sampai permen susu White Rabbit. Kalau kamu paling suka yang mana nih?

 

8. Choki-Choki

Photo source: Tokopedia

Jajanan yang ini sih masih bisa kamu temuin di pasaran sampe sekarang dengan rasa yang lebih bervariasi. Choki-Choki ini ibaratnya Nutella atau Ovomaltine jaman dulu. Rasanya mewah banget. Meskipun cara makannya sedikit aneh, harus sobek bagian ujung plastik Choki-Choki dan dorong pasta coklatnya dari bawah, coklat ini nagihin banget!

 

9. Chiki Ball & Friends

Photo source: @babbasnack

Photo source: Tokopedia

Satu-satunya alasan kenapa kita sering beli chiki ini pasti karena ngumpulin tazos nya. Yup, siapa coba yang nggak tau tazos? Kepingan plastik yang gambarnya sangat beragam ini, ada Looney Tunes, Pokemon dan lain-lain, bisa dibentuk macem-macem kalau udah terkumpul banyak.

 

Wah jadi kangen mendadak sama masa kecil ya abis baca artikel ini. Dari 9 jajanan di atas, yang mana nih jajanan favorit kamu? Kalau kamu lebih suka makanan kekinian dibanding makanan jaman dulu, berarti kamu harus sering-sering ngecek Nibble. Belum tahu tentang Nibble? Klik di sini aja!

 

 

Related Articles

Connect with Nibble