Foodies Guide To F&B Industry

Top 9 Restoran Teppanyaki di Jakarta

July 3, 20197 min readFoodie Trends

Teppanyaki dikenal sebagai salah satu bentuk teknik memasak daging yang dikenal di seluruh dunia. Melalui konsep teppanyaki, pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan Chef ketika sedang memasak dan bahkan, di beberapa restoran, Chef mampu mempertontonkan atraksi-atraksi sulap menggunakan alat-alat masak.

Di Indonesia, beberapa restoran Jepang juga menawarkan konsep teppanyaki ini. Kalian bisa memilih untuk mencoba konsep teppanyaki mulai dari restoran mid level hingga high end  

Penasaran di mana saja bisa restoran teppanyaki terbaik di Jakarta? Berikut top 9 restoran teppanyaki di Jakarta!

 

Benihana

cover-benihana

Dulu sempat membuka outlet-nya di Grand Indonesia, saat ini restoran teppanyaki dari Amerika Serikat ini membuka  outlet-nya tepat di seberang Grand Indonesia, yaitu Plaza Indonesia.

Memiliki outlet yang tidak terlalu besar, Benihana benar-benar menawarkan nuansa menyantap makanan yang lebih private. Di Benihana, kalian bisa benar-benar berinteraksi dengan santai bersama Chef ketika sedang memasak sekaligus menyaksikan Chef memamerkan keahliannya dalam menggunakan alat-alat memasak.

Memiliki 4 paket teppanyaki yang bisa dipesan dengan rentang harga Rp310.000 hingga Rp705.000, kalian harus mencoba paket Rocky’s Choice. Paket yang jenis makanannya dipilih langsung oleh owner dari Benihana ini benar-benar cocok untuk dinikmati saat makan siang ataupun makan malam.

Terlebih jika kita mengganti steak dengan wagyu. Wagyu-nya mampu dimasak dengan sempurna oleh Chef sehingga menghasilkan kelembutan yang tepat.

Selain menu paket, cobalah pesan nasi goreng wagyu dari Benihana. Citarasa nasi goreng khas Indonesia dipadukan dengan daging wagyu yang dimasak dengan sempurna mampu menghasilkan makanan yang tidak hanya mengenyangkan, namun juga memuaskan perut!

Lokasi:

Benihana

Plaza Indonesia, Lantai 3, Jl. MH. Thamrin, Thamrin

Ebeya Steakhouse

ebeya

Photo Source: enjoymylife-tobehappy.amebaownd.com

Berada di salah satu hotel bintang lima di bilangan Sudirman, Ebeya Steakhouse sering disebut sebagai restoran dengan konsep teppanyaki terbaik di Jakarta. Sudah lebih dari 17 tahun Ebeya Steakhouse melayani konsumen di Jakarta. 

Harga Teppanyaki set di restoran paling mahal di Jakarta ini dijual mulai dari Rp900.000. Cukup mahal, namun akan terbayar dengan pelayanan yang maksimal dari Ebeya Steakhouse. Mulai dari Server, Chef, hingga kualitas makanan di Ebeya Steakhouse memiliki nilai yang di atas rata-rata. Ambiance di dalam restorannya pun luar biasa. Setiap rupiah yang dikeluarkan di tempat ini benar-benar worth it!

Dalam satu set, ada sekitar 9 menu yang bisa disantap, mulai dari abalone, lobster, hirame, sampai japanese kobe beef yang lumer di mulut. Sedikit bocoran, jangan lupa pesan yubari king melon sebagai dessert ya.

Lokasi:

Ebeya Steakhouse

The Ritz Carlton, Pacific Place, Jl. Jend. Sudirman, SCBD

Koi Teppanyaki

koi

Photo Source: plaza-senayan.com

Jika Ebeya Steakhouse sering disebut sebagai salah satu restoran dengan konsep teppanyaki paling mahal di Jakarta, maka Koi Teppanyaki merupakan salah satu restoran dengan konsep teppanyaki paling murah di Jakarta. 

Bayangkan saja, di Koi Teppanyaki kita sudah bisa menikmati satu paket dengan harga Rp45.000. Menu paling mahal pun hanya dijual dengan harga sekitar Rp70.000. WOW! Namun, meskipun harganya murah, kualitas makanan yang disajikan tidak murahan, loh.

Di Koi Teppanyaki, selain menu-menu yang biasanya memang ada di restoran-restoran dengan konsep teppanyaki lainnya, kita juga bisa menikmati sajian noodle teppanyaki dan fried noodle. 

Sayangnya, restoran yang sudah memiliki 6 outlet di berbagai wilayah Jakarta ini membuka restorannya di foodcourt sehingga sedikit mengurangi kenyaman kita dalam menyantap makanan dan berinteraksi dengan Chef.

Lokasi:

Koi Teppanyaki

Mall Kelapa Gading 3, Lantai 3, Food Temptation, Jl. Kelapa Gading Boulevard, Kelapa Gading

Senju Omakase

senju omakase

Photo source: prestigeonline.com

Restoran Jepang yang berada di Plaza Indonesia ini meskipun tidak seluruhnya menggunakan konsep teppanyaki, namun memiliki konsep open kitchen teppanyaki, dimana kursi untuk menu teppanyaki berada di tengah restoran dan mengelilingi tempat masak dari Chef.

Begitu masuk ke dalam restoran, ornamen-ornamen khas Jepang, seperti tirai, vas, dan lukisan akan langsung menyambut kita sehingga akan membuat lupa sedang berada di sebuah restoran yang terletak di dalam sebuah mall

Bicara tentang menu teppanyaki di Senju Omakase, kalian bisa memilih menu set atau ala carte di sini mulai dari Rp30.000 hingga Rp1.500.000. Salah satu set yang paling spesial adalah Senju Omakase Special yang terdiri dari appetizer, foie gras, lobster, japanese mizayaki beef, fried rice, dan dessert. Selain itu, tersedia juga menu executive set lunch yang hanya tersedia saat jam makan siang.

Lokasi:

Senju Omakase

Plaza Indonesia, Lantai 3, Jl. MH. Thamrin

Fujin Japanese Teppanyaki & Sake

fujin

Photo source: lulabyspoon.com

Senopati sebagai salah satu pusat kuliner di selatan Jakarta juga memiliki sebuah restoran dengan konsep teppanyaki yang bisa dicoba. Mirip seperti Senju Omakase, di Fujin pun tidak semua tempat duduknya memiliki teppanyaki dan menggunakan konsep open kitchen teppanyaki.

Kesan eksklusif akan langsung terasa ketika masuk ke dalam restoran ini. Jika kalian sering melihat restoran-restoran eksklusif Jepang yang ada di drama ataupun anime, maka kalian akan merasakannya sendiri jika datang ke Fujin.

Salah satu menu teppanyaki yang harus dicoba adalah pork shougayaki. Menu ini dibuat dari grilled pork dengan sweet onion dan ginger sauce. Pork-nya terasa nikmat banget, juicy, empuk, dan bumbunya sangat meresap. Selain itu, chicken nanban juga menjadi salah satu menu wajib yang harus dipesan. Kematangan ayamnya dibuat pas sekali. Rasanya tidak biasa karena menggunakan dressing yang unik dan porsinya juga lumayan besar.

Lokasi:

Fujin Japanese Teppanyaki & Sake

Jl. Gunawarman No. 21, Senopati

Maison Tatsuya

maison tatsuya

Photo source: arenacorp.com

Restoran yang telah memiliki 4 outlet yang tersebar di 4 mall besar di sekitaran Jakarta ini juga memiliki menu teppanyaki yang bisa dinikmati. Maison Tatsuya dikenal sebagai restoran yang mengkombinasikan menu-menu makanan Jepang dan Korea.

Ada 6 paket teppanyaki yang disediakan oleh Maison Tatsuya dengan harga mulai dari Rp178.000 hingga Rp408.000. Memiliki nama paket teppanyaki yang unik, kalian harus mencoba paket Tatsuya. Sajian wagyu yang memang menjadi salah satu makanan andalan Maison Tatsuya ini dalam paket Tatsuya terasa sangat lembut dan juicy.

Yang menarik, setelah menikmati menu teppanyaki di Maison Tatsuya, restoran yang satu ini memberikan free desert, mulai dari waffle, es krim, brownies coklat, hingga pudding yang bisa dinikmati hingga perut kalian nyerah!

Lokasi:

Maison Tatsuya

Kota Kasablanka, Lantai Ground, Food Society, Jl. Casablanca Raya, Tebet

Kahyangan Shabu-Shabu

kahyangan

Photo source: pullmanjakartaindonesia.com

Jika memilih untuk menikmati teppanyaki di restoran yang satu ini, kalian dijamin akan merasa benar-benar berada di kahyangan, karena Kahyangan Shabu-Shabu berada di lantai 28. Unik rasanya menikmati sajian teppanyaki di ketinggian.

Kahyangan menyajikan menu-menu dengan bahan baku premium, sehingga sudah pasti memiliki rasa di atas restoran lainnya. Di Kahyangan Shabu-Shabu, kalian bisa menemukan australian wagyu dengan grade tertinggi, yaitu M9. Selain itu, juga tersedia live lobster yang diimpor dari Kanada atau sea bass dari Cile.

Memiliki interior yang simpel namun modern dan elegan, ada 2 paket teppanyaki yang bisa dipilih di Kahyangan Shabu-Shabu, yaitu deluxe set dan premium set.

Lokasi:

Kahyangan Shabu-Shabu

Wisma Nusantara, Lantai 28, Jl. M.H. Thamrin 59, Thamrin

Nippon-Kan

nippon-kan

Photo source: sultanjakarta.com

Sebuah permata yang berada di tengah lautan luas. Mungkin itulah ungkapan yang cocok untuk menggambarkan restoran yang satu ini. Padahal berada di salah satu hotel yang sudah berdiri lama di Jakarta, nyatanya, tidak banyak yang mengetahui keberadaan Nippon-Kan.

Suasana restoran Nippon-Kan sangat unik, di mana kita akan merasa seperti kembali ke masa lalu dan berada di restoran tradisional Jepang. Pemandangan berupa taman mini dan beberapa pohon bambu semakin menguatkan kesan akan restoran khas Jepang. Nippon-Kan juga membagi meja di restorannya ke beberapa ruangan yang dibatasi dengan dinding yang dapat digeser. Jepang banget deh pokoknya!

Memiliki 4 menu teppanyaki yang bisa dinikmati, menu teppanyaki yang disediakan Nippon-Kan memang sedikit pricey, namun kualitas dagingnya sangat terjamin dan tidak pernah berubah sejak dulu hingga sekarang. Chef Nippon-Kan benar-benar bisa mengolah daging dan hidangan lainnya dalam menu teppanyaki dengan sangat baik dan tepat.

Lokasi:

Nippon-Kan

The Sultan Hotel Jakarta, Jl. Gatot Subroto, Senayan

Shima

shima

Photo source: eatvacation.com

Satu lagi restoran Jepang yang berada di salah satu hotel bersejarah di Jakarta. Mirip dengan Nippon-Kan, di Shima kalian juga akan merasakan suasana berada di restoran tradisional Jepang.

Shima menyajikan daging-daging berkualitas sangat tinggi, salah satunya yaitu daging Kobe dengan grade A5. Salah satu menu yang harus dipesan di Shima adalah salmon teppanyaki soup. Rasa salmon dalam sajian sup yang satu ini benar-benar terasa.

Menyantap menu teppanyaki di Shima bisa melalui 2 paket yang ditawarkan atau memesan secara ala carte. Paket teppanyaki yang bisa kalian pesan adalah Shima Course dengan harga Rp585.000 dan Yoshino dengan harga Rp555.000. 

Lokasi:

Shima

Hotel Aryaduta Jakarta, Jl. Prapatan No. 44 - 48, Gambir

Gimana? Sudah menyiapkan beberapa pertanyaan yang biasanya selama ini dipendam untuk ditanyakan langsung ke Chef ketika memasak?

Photo cover: Benihana Toronto

Related Articles

Connect with Nibble