Foodies Guide To F&B Industry

9 Restoran Timur Tengah Pas untuk Buka Puasa

May 9, 20196 min readFoodie Trends

Salah satu hidangan yang cukup unik untuk disantap selama bulan puasa adalah makanan khas Timur Tengah. Selain porsinya yang cenderung cukup untuk dinikmati ramai-ramai, kombinasi rempah-rempahnya memberi sensasi tersendiri pada lidah.

Nibbler tertarik untuk mencicipi makanan khas Timur Tengah? Jangan pilih sembarangan, for your own good berikut ini 9 restoran Timur Tengah yang kita rekomendasikan untuk para nibbler. Selain itu selama Ramadan kalian pasti bisa menemukan paket buka puasa yang bisa bikin pengalaman kuliner Timur Tengah kalian makin reasonable.

1. Abunawas

abunawas

Photo source: @anggie_anggie_

Salah satu restoran Timur Tengah yang sudah cukup lama eksis di Jakarta adalah Abunawas. Mereka punya makanan khas bernama mandi rice yang disajikan dengan daging kambing spesial. Kenapa spesial? Karena dagingnya dikukus bersama nasi dan ini membuat daging empuk lalu nasinya pun jadi terasa gurih. Mengingat porsinya yang besar, rasa lapar nibbler tentu akan lenyap seketika.

Salah satu appetizer yang cocok dijadikan takjil adalah samosa yang merupakan kentang yang dibumbui rempah-rempah dan dibungkus kulit tepung berbentuk segi tiga dan digoreng hingga garing.

Abunawas juga cocok untuk menjadi tempat buka bersama karena tersedia beberapa area lesehan yang dipisahkan dengan bilik-bilik, sehingga tak terganggu tamu yang lain.

Lokasi:

Abunawas

Jl. Kemang Utara Raya No. 15, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 71794691

2. Al Jazeerah Signature

al jazeerah

Photo source: @separuhakulemak

Buat nibbler yang ingin kuliner Timur Tengah di daerah Menteng, bisa langsung melipir ke Al Jazeerah Signature. Restoran ini tak hanya menyajikan makanan Timur Tengah tapi juga menghadirkan suasana yang identik dengan negeri dongeng seribu satu malam. Mulai dari interior, alunan musik, hingga suasananya, semua bernuansa Arab.

Salah satu makanan favorit di Al Jazeerah Signature adalah kabsah lamb yang merupakan perpaduan antara nasi kebuli dan nasi kabsah yang disajikan dengan topping kambing muda di atasnya. Cita rasa gurih yang dikombinasi dengan campuran rempah khasnya pas sekali untuk lidah Indonesia.

Lokasi:

Al Jazeerah Signature

Jl. Johar No. 8, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 31907590

3. D'Consulate Lounge

dconsulate

Photo source: @chopeid

Alternatif restoran Timur Tengah lain di daerah Menteng yang bisa nibbler kunjungi adalah D’Consulate Lounge. Selain menawarkan berbagai macam hidangan khas Timur Tengah, tempatnya juga cozy untuk menikmati shisha. Bahkan pada Ramadan kali ini, D’Consulate Lounge memberi diskon 50% bagi nibbler yang pesan sisha.

Untuk mengisi perut, nasi kebuli menjadi salah satu menu andalan di restoran ini. Rasanya autentik dan makin pas saat disandingkan dengan arab tea yang selain bisa melepas dahaga setelah berpuasa seharian tapi juga menghangatkan perut.

Lokasi:

D'Consulate Lounge

Jl. KH Wahid Hasyim No. 49 - 51, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 3151627

4. Awtar Shisha Lounge by Hadramawt Palace

awtar

Photo source: @jkt_foodhunter

Awtar Shisha Lounge tak hanya dikenal punya sederet makanan yang siap memanjakan lidah, tapi pelayanannya yang ramah serta atmosfer restoran yang elegan akan membuat nibbler merasa seperti di negara-negara Semenanjung Arab.

Makanannya pun disajikan dengan piring cantik bercorak khas Timur Tengah yang tak hanya menambah kesan arabnya, tapi juga jadi sasaran sesi foto para pecinta foodporn. Tak perlu diragukan kualitas dari mandi rice with lamb yang disajikan di sini, karena daging dombanya empuk dan bebas dari aroma prengus.

Lokasi:

Awtar Shisha Lounge by Hadramawt Palace

Jl. Kemang Raya No.24, Kemang, Jakarta, Telp (021) 7181633

5. Turkuaz

turkuaz

Photo source: @ellykhanam

Terletak di area Senopati, restoran yang mengusung konsep khas Turki ini memiliki area makan yang homey dan nyaman. Hebatnya lagi, semua masakan yang ada di Turkuaz berasal dari resep turun-temurun keluarga sang pemilik, yaitu Mr. Zorlu. Tidak heran kalau rasa masakanannya terasa seperti masakan rumahan khas Timur Tengah.

Walau kuliner Turki dikategorikan sebagai makanan Timur Tengah, beberapa makanannya terpengaruh gaya kuliner Mediterania sehingga nibbler akan menemui beberapa bahan yang tidak familiar dalam makanan Tmur Tengah.

Salah satu hal yang menjadi ciri dari makanan Turki adalah aneka ragam kudapan manisnya mulai dari baklava sampai turkish delight, yang bisa nibbler nikmati di Turkuaz. Pada bulan Ramadan ini Turkuaz memiliki promo “Pay 3 Get 4” yang bisa menyenangkan suasana bukber nanti.

Lokasi:

Turkuaz

Jl. Gunawarman No. 32, Senopati, Jakarta. Telp. (021) 72795846

6. Alahap

alahap

Photo source: @angkytan

Jika kelompok bukber nibbler cukup besar, Alahap bisa jadi restoran pilihan karena salah satu menunya yang cukup kolosal, yaitu Nampan paket Silaturahmi. Paket ini dijamin akan membuat rombongan bukber nibbler kenyang sama rata.

Paket Silahturahmi terdiri dari 10 porsi nasi goreng gulai, 4 porsi daging kambing khas Alahap, 4 porsi ayam, 3 sambal matah, 3 sambal merah dan 3 sambal hijau. Melihat makanannya saja pasti kamu akan langsung merasa lapar karena sangat menggoda iman. Nilai lebihnya karena disajikan dalam satu nampan, nibbler pasti akan merasa seru saat makan.

Lokasi:

Alahap

Jl. Benda No. 20C, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 27870936.

7. FEZ Kinara Dining & Lounge

fez

Photo source: @fooddialogue.id

Buat nibbler yang tidak asing dengan nama Kinara mungkin lebih mengenalnya sebagai restoran India, tapi sekarang restoran ini telah memperlebar pilihan menunya dengan ragam kuliner Timur Tengah.

Dalam rangka bulan Ramadan, FEZ Kinara menyediakan paket buka bersama dengan harga mulai dari Rp 150.000 including takjil dan minum pembuka. Selain berbagai kuliner India yang telah mengharumkan nama Kinara di anatara para penikmat kuliner, makanan Timur Tengah seperti chicken mandi dan sabakia bisa nibbler santap dalam paket-paket yang tersedia.

Lokasi:

FEZ Kinara Dining & Lounge

Jl. Kemang Raya No. 78 B, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 7192677

8. Joody Kebab

joody

Photo source: @gagaldiett

Warga Kelapa Gading kini tidak perlu jauh-jauh keluar area lagi untuk menikmati masakan Timur Tengah. Ada Joody Kebab yang bisa menjadi alternatif lokasi buka puasa bertema Arab.

Fokus pada menu-menu kebab, daging kebab di Joody Kebab ternyata dipanggang menggunakan arang, bukan electric grill yang biasa dipakai kedai-kedai kebab. Hal ini membuat rasa rempah-rempah pada dagingnnya dipermanis dengan aroma asap yang membuatnya semakin yummy.

Mix Grill Beef & Chicken di Joody Kebab sangat recommended. Dengan harga yang cukup terjangkau (Rp 270.000 untuk dua orang), selain aneka ragam kebab nibbler juga bisa memilih nasi biryani, chicken kebab, grilled beef yang dimasak dengan bumbu rempah Arabian, serta pita bread yang lezat.

Lokasi:

Joody Kebab

Jl. Kelapa Nias Raya, Blok QE 1, 5A, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 4534920

9. Shisha Cafe

sisha

Photo source: @bubueataway

Kemang punya beberapa restoran Timur Tengah yang populer, salah satunya adalah Shisha Cafe yang sudah berdiri sejak 13 tahun yang lalu. Jadi nibbler tak perlu meragukan kualitas makanan yang ditawarkannya.

Setiap bulan puasa, restoran ini hadir dengan berbagai promo yang sayang untuk dilewatkan. Dan kali ini, Shisha Cafe pun menawarkan paket buffet komplit untuk berbuka puasa yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp225.000 per orang.

Makanan yang di tawarkan mulai dari mandi rice hingga lamb shawarma sandwich, semuanya  akan bikin perut kamu happy. Serunya lagi, selama bulan Ramadhan tahun ini, mereka punya deretan live entertainment setiap weekend yang akan membuat kamu makin betah.

Lokasi:

Shisha Cafe

Jl. Kemang Raya No. 10, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 7193587.

Banyak sekali bukan pilihan restoran Timur Tengah yang bisa dijadikan destinasi buka puasa? Dan jangan lupa ya ceritakan seperti apa pengalaman nibbler sekalian di kolom komentar setelah mengunjungi restoran-restoran Timur Tengah rekomendasi kami ini.

Related Articles

Connect with Nibble