Foodies Guide To F&B Industry

9 Tips All Out Makan di Restoran AYCE

July 22, 20194 min readTips & Tricks

Restoran ayce (all you can eat) belakangan mulai menjamur di Indonesia. Tidak hanya di kota besar, bahkan di kota-kota kecil pun restoran ayce semakin menancapkan tajinya di dunia kuliner.

Datang dengan perut kosong dan berekspektasi untuk makan hingga kenyang di restoran ayce, nyatanya, terkadang justru sedikit porsi makanan yang bisa disantap. Perut sudah terasa kenyang duluan sebelum makanan habis disantap.

Penasaran gimana caranya supaya ga nyesel sudah membayar lumayan mahal tapi cuma bisa makan sedikit? Berikut beberapa tips dan triknya!

Jangan Serakah

restoran ayce 2

Photo source: Pixabay

Sudah menjadi rahasia umum bahwa semua manusia tidak pernah merasa puas. Setiap hal yang dimiliki pasti akan terasa kurang. Tidak terkecuali dengan makanan. Meskipun telah mengambil porsi makanan yang sekirany cukup, pasti kalian akan tergoda untuk mengambil lebih.

Melihat tumpukan makanan di restoran ayce mau tidak mau, suka tidak suka, pasti akan membuat kalian ‘lapar mata’. Melihat orang lain mengambil makanan yang sampai menggunung pasti akan membuat kalian juga ingin melakukan hal tersebut.

Jangan Datang saat Perut Kosong

restoran ayce 3

Photo source: Pixabay

Banyak yang memiliki pandangan bahwa lebih baik mengosongkan perut sebelum makan di restoran ayce agar bisa makan lebih banyak. Padahal, hal itu merupakan pandangan yang salah.

Datang ke restoran dengan perut kelaparan hanya akan membuat ukuran lambung menjadi lebih kecil. Semakin kecilnya ukuran perut berarti makanan yang bisa masuk pun terbatas jumlahnya.

Lebih baik kalian tetap makan seperti biasa sebelum pergi, hanya saja kurangi porsi makanannya. Hal lain yang bisa kalian lakukan adalah makan makanan yang mengandung banyak serat, seperti oatmeal, beberapa jam sebelum pergi ke restoran ayce.

Pilih yang Sesuai Selera

restoran ayce 4

Photo source: Pixabay

Makin banyak bermunculan restoran ayce berarti makin banyak pula pilihan restoran yang bisa kalian datangi. Hampir seluruh jenis makanan kini memiliki restoran yang menyediakan paket all you can eat.

Dengan memilih menu makanan yang kita sukai, maka pasti akan semakin lahap pula kita makan. Tidak akan ada kata puas jika kita memakan makanan kesukaan kita. Tidak akan merasa rugi pula kita telah membayar biaya makan di restoran ayce yang memang dikenal agak mahal.

Jam Makan Siang

Restoran ayce 5 Response

Photo source: Pixabay

Banyak restoran yang menyediakan menu all you can eat dengan harga berbeda pada waktu makan siang dan makan malam. Biasanya, menu makan siang dijual dengan harga yang lebih murah.

Selain itu, dengan menikmati menu all you can eat pada siang hari, kalian masih bisa membakar kalori yang masuk ke tubuh dengan beraktivitas di siang dan sore hari. Hal ini tentu tidak dapat kalian lakukan di malam hari.

Makan yang Paling Mahal Dulu

restoran ayce 6 perfumecraft

Photo source: Response

Meskipun harga & kualitas makanan di restoran ayce tampaknya seragam, namun, jika mata kita jeli dan memiliki pengetahuan dasar mengenai makanan, tentu kita dapat menilai mana menu makanan yang paling mahal di restoran tersebut.

Dengan memakan makanan yang paling mahal terlebih dahulu, maka kita tidak akan terlalu menyesal nantinya apabila kita sudah merasa kenyang sebelum mencicipi semua makanan yang tersedia.

Hindari Side Dish

restoran ayce 7

Photo source: Pixabay

Salah satu trik dari restoran ayce untuk membuat pengunjung tidak banyak mengambil makanan adalah dengan memancing pengunjung melalui makanan pendamping.

Setidaknya, jika kalian ingin mengambil makanan pendamping, ambillah dalam porsi kecil. Jika kalian malah memenuhi perut hanya dengan makanan pendamping, kalian pasti akan merasa menyesal.

Porsi Kecil-kecil

restoran ayce 8

Photo source: Pexels

Meskipun kita memiliki salah satu makanan kesukaan diantara menu lain di restoran ayce, alangkah baiknya jika kita menikmatinya dengan porsi kecil.

Porsi kecil akan membuat kalian merasa telah memaksimalkan biaya yang dikeluarkan untuk promo buffet. Menyantap berbagai variasi menu ini juga dapat mencegah rasa bosan terhadap makanan dan membuat kita dapat makan lebih banyak.

Selian itu, dengan membawa makanan dengan porsi kecil akan membuat kalian tidak perlu merasa malu. Biasanya, orang yang datang dan langsung membawa makanan dengan porsi besar akan menjadi tontonan atau bahan pembicaraan orang lain.

No Soda Drink

restoran ayce soda

Photo source: Pexels

Ketika kita sedang makan, tentunya lambung akan mulai terisi. Proses yang terjadi secara alamiah ini tentunya tidak dianjurkan untuk diganggu dengan minuman bersoda.

Jika kita menyelingi kegiatan makan kita dengan minuman bersoda, hal tersebut akan membuat lambung kita berontak dan mengakibatkan perut kembung. Jika hal ini sampai terjadi, maka semakin sedikit pula peluang perut akan bisa diisi oleh makanan lagi.

Minim Minum

restoran ayce 9

Photo source: Response

Salah satu hal yang memang harus dilakukan ketika makan adalah minum. Dengan minum, maka tenggorokan akan tidak terasa seret. Namun, tentunya dengan minum juga akan membuat lambung terisi dengan cepat.

Akan lebih baik jika kalian hanya menikmati minum secukupnya hanya sekedar untuk membuat tenggorokan tidak terasa seret.

Sudah mulai mencari restoran ayce mana yang akan dikunjungi hari ini? Lihat rekomendasinya di sini

Related Articles

Connect with Nibble